Apakah ke Raja Ampat harus mahal?




Sejak hari pertama ke Raja Ampat  yang paling banyak ditanya teman adalah soal budget alias biaya. Benerkah ke Raja Ampat semahal yang dibayangkan?



Sama dengan perjalanan ke tempat lain, semua bisa kita bikin mahal dan bisa dibuat murah. Tergantung niat jalan-jalan nya mau seperti apa. Kalau mau tinggal di resort pasti mahal. Tapi kalau mau tinggal di homestay, biayanya masih terjangkau. Begitu pula ke Raja Ampat. Awalnya sempat was-was mau ke tempat ini, takut uang kurang dll. Akhirnya, gak pernah jadi ke Raja Ampat. Akhirnya baru libur lebaran tahun 2015 bisa ke Raja Ampat. Pertimbangannya, tempat jauh dan tiket mahal sayang kalau hanya tiga atau lima hari. Kedua, dah punya tabungan cukuplah buat jaga-jaga bila biaya membengkak.


Tiket ke Raja Ampat

Banyak jalan menuju Roma. Banyak cara juga ke Sorong. Sorong adalah kota pertama di Papua Barat yang harus disinggahi sebelum menuju Waisai, ibukota Raja Ampat. Dari Jakarta ke Sorong bisa naik pesawat. Harga tiket bervariasi, mulai dari 3 jutaan sampai 4 jutaan untuk PP. Nah bisa juga cari tiket promo yang biasanya diberikan maskapai. Kalau sedang beruntung, tiket Jakarta -Sorong PP bisa di bawah 3 juta. Ke Sorong bukan hanya rute Jakarta-Makassar-Sorong. Coba cari jalur lain seperti Jakarta-Ambon-Sorong. Rute ini terkadang bisa lebih murah dibanding Jakarta-Makassar-Sorong.

Bila ingin lebih murah, bisa naik kapal Pelni yang berlayar dari pelabuhan tanjung priok ke sorong. Waktunya bisa sekitar 4 hingga 5 hari dengan harga sekitar 700 ribuan. Kalau punya waktu banyak mungkin bisa dicoba. :p

Sorong ke Waisai

Dari Sorong ke Waisai, ibukota Raja Ampat menggunakan kapal cepat. Jadwal kapal di hari tertentu dua kali jam 9 pagi dan 14 siang. Bila tak berniat menginap di Sorong sebaiknya cari penerbangan yang sampai di Sorong pagi atau siang sebelum jam 14.00 WIT. Dari Bandara Sorong bisa sewa mobil ke pelabuhan biayanya sekitar 100 ribu atau naik angkot. Nah naik angkot ini agak lama, pertimbangkan waktu juga.




Sampai Pelabuhan Sorong, langsung beli tiket kapal cepat. Harga Kelas ekonomi 130 ribu. Penjualan tiket kapal cepat ini tak bisa pesan, harus langsung datang ke pelabuhan. Kapal cepat dari Sorong ke Waisai sekitar 2 Jam.

Dari mana ke Waisai?



Waisai adalah ibukota kepulauan Raja Ampat. Di kota ini hampir semua ada, seperti kota kecil lainnya. Ada ATM, makanan, minuman dll. Nah sekarang anda memutuskan, akan tinggal di Waisai atau di pulau-pulau di Raja Ampat. Kota Waisai yang berada di pulau Waigeo ini ada penginapan dengan harga terjangkau. Mulai dari 200 ribuan perkamar sampai yang mahal. tapi, menginap di pulau ini kurang private dan kayak gak di Raja Ampat. Tapi kalau ingin menghemat biaya, bisa tinggal di Waisai dan setiap hari menyewa perahu untuk berkeliling kepulauan raja ampat.



 Sewa kapal tergantung jauh dan dekat lokasi yang ingin di jelajahi. Sewa kapal ke Painemo dan lanjut ke pulau lain sehari sekitar 7 juta dari Waisai. kalau pulau dengan tujuan dekat sekitar 3 hingga 4 juta sehari. Biaya kapal ini bisa sharing dengan turis lain dengan tujuan sama. Biasanya di Pelabuhan akan menemukan turis-turis lokal yang juga akan menyewa kapal untuk menjelajah Kepulauan Raja Ampat. Biasanya satu kapal bisa muat hingga 8 orang. Tergantung besar dan kecilnya.





Menginap di Pulau

Nah, bila anda tak ingin tinggal di Waisai dan ingin menuju pulau yang lebih private, di sini menawarkan banyak tempat menginap. Menuju pulau ini harus menggunakan kapal atau perahu kayu. jarak tempuhnya tergantung jauh dan dekat pulau. Biasanya penginapan yang kita tuju akan menjemput di pelabuhan Waisai. harganya juga tergantung jarak. Sewa perahu dari Waisai ke pulau Gam 500 ribu. Namun karena satu perahu atau kapal ada beberapa orang, biayanya di sharing ke jumlah penumpang. Bila jumlah penumpang lima, satu orang membayar seratus ribu.

Kepulauan Raja Ampat menyediakan resort, homestay hingga rumah penduduk. Menginap di resort biasanya lebih mahal. Harganya bisa mencapai 2 jutaan perorang plus makan tiga kali. Tarifnya pun menggunakan dolar atau euro.



Homestay menjadi andalan para backpacker. harganya lebih murah dan terjangkau yaitu sekitar 500 ribu hingga 300 ribu perorang. Biaya ini sudah termasuk makan tiga kali, minum dan kopi serta teh. Homestay ini gak jauh beda dengan rumah penduduk. Di sejumlah pulau penduduk menyewakan kamar-kamarnya dengan harga hampir sama.

kordiris homestay


Saya sendiri menginap dikordiris homestay di pulau Gam. Pulau ini dekat dengan spot-spot diving dan snorkeling, sehingga tak perlu mengeluarkan uang lebih banyak. Kordiris homestay ini dekat dengan Kri island, Kabui, Gam bay, Mansuar island, Arborek. Bila ingin ke Painemo sekitar satu jam. Ke Wayag lebih jauh lagi. Jadi bila ingin menikmati Raja Ampat, ssya sarankan menginaplah di salah satu pulau ini.

kordiris homestay


Diving dan Snorkeling

tak lengkap ke Raja Ampat bisa tak diving atau snorkeling. Biaya diving di kordiris homestay 450 ribu sekali dive. plus sewa peralatan 100 ribu, total 550 ribu sekali dive. snorkeling lebih murah, bila ingin berkeliling cukup sewa perahu  ke beberapa spot diving. Untuk sewa peralatan snorkeling sekitar 50 ribu rupiah satu hari.

beberapa spot diving dan snorkeling di Raja Ampat


Perhitungan Biaya ke Raja Ampat

Biaya wajib dari Jakarta hingga Waisai PP

Tiket jakarta-Sorong PP                                               Rp 3 - 4 juta
sewa taksi (avanza dll) (bisa sharing cost) PP             Rp 200 ribu
kapal cepat sorong-waisai PP @130 ribu                    Rp 260 ribu


total                                                                            Rp 3,46 - 4,46 juta perorang

Biaya total ini belum termasuk menginap, sewa kapal untuk keliling pulau dan makan minum (bila menginap di Waisai). bila menginap di pulau makan minum ditanggung oleh penginapan. Oh ya sekali makan di Waisai mulai dari 15 ribu. Pagi hari sebelum naik kapal cepat saya beli nasi kuning dengan lauk ikan dan bihun 15 ribu. Makan pecel ayam sekitar 25 ribu hingga 50 ribu. makan ikan bakar, mulai 50-90 ribu perekor.

Nah rencanakan perjalanan anda sendiri ke Raja Ampat. Ingin seperti apa... selamat berlibur ke surga nya dunia.... :)

sarie

Link Raja Ampat :

Menuju Pianemo, Raja Ampat

Menginap di Raja Ampat

Raja Ampat, surganya Indonesia timur







Posting Komentar