Kluwek, salah satu makanan mematikan yang jadi bumbu dapur.


Travelling ke Surabaya, Malang dan sekitarnya kayaknya gak lengkap kalau gak mencoba Rawon. Yup, makanan ini sangat populer di sana. Hampir semua rumah makan biasanya menyediakan rawon. Rawon ini seperti sup daging namun kuahnya berwarna hitam. Rasanya segar dan gurih, karena kaldu daging.

Kuah rawon berwarna hitam berasal dari kluwek. Sehingga memasak rawon wajib menggunakan kluwek, salah satu bumbu dapur yang ternyata beracun. Pingin coba?






Indonesia memang unik ya, begitu pula masakannya. Tapi bukan hanya unik, makanan beracun pun bisa dijadikan bumbu dapur, seperti kluwek. Di daerah Jawa Timur, Jawa Barat atau bahkan Makassar, kluwek ini dijadikan bumbu untuk masakan. Kalau d Jawa Timur, kluwek digunakan untuk asak rawon. Sementara di Makassar digunakan untuk masak sup konro, atau juga digunakan untuk masak Brongkos.

Kluwek berasal dari pohon kluwek. Pohon ini besar dan rata-rata memiliki tinggi 40 meterdengan diameter batang 2 setengah meter. Besarkan..... saya sendiri belum pernah sih melihat pohon kluwek. Biasanya pohon ini tumbuh sendiri dan tak ada yang sengaja menanam. Mungkin pohon ini tumbuh dari buah kluwek yang jatuh, kemudian bijinya tumbuh.

Pohon kluwek ini asalnya dari Indonesia. Sehingga bila menemukan kluwek di luar negeri, kemungkinan besar impor dari Indonesia.

Buah dalam biji kluwek yang digunakan untuk bumbu dapur. Buah dalam biji ini berwarna hitam. namun hati-hati, biji kluwek beracun bila dikonsumsi mentah, karena mengandung asam sianida konsentrasi tinggi. Efek samping makan biji kluwek mentah adalah pusing (mabuk dan muntah). Namun jangan takut,biji kluwek ini aman dikonsumsi jika sudah di rebus dan direndam lebih dulu.

Biji kluwek yang kita temukan di pasar sebagai bumbu dapur ini juga sudah melalui proses pengolahan sehingga menjadi tidak beracun. jadi jangan khawatir.. hehehe..

Bagaimana memilih biji kluwek yang bagus?
Batoknya tidak berjamur. Karena cangkang nya keras, coba diocok-kocok, bila berat dan koplak biasnaya dagingnya bagus dan berwana hitam. Untuk menggunakannya bisa di pecah dengan ulekan atau palu, kemudian ambil daging buahnya untuk dicampur sebagai bumbu.

Nah, salah satu masakan yang menggunakan kluwek adalah rawon, bagaimana masaknya?


Bahan :

1. daging rawon, (saya presto dulu, setelam empuk di iris kecil. Air merebus bisa digunakan sebagai kaldu)








































Bumbu dihaluskan :
1. bawang merah
2. bawang putih
3. kemiri
4. ketumbar
5. jinten
6. jahe
7. kluwek





Bumbu lain
1. daun jeruk
2. daun salam
3. lengkuas di geprek
4. sereh di geprek

Cara memasak
1. Siapkan daging yang sudah di rebus dan dipotong
2. tumis bumbu halus bersama daun jeruk, salam, lengkuas dan sereh



3. Setelah matang, masukan air dan daging (air dikira-kira)
4. Masak sampai mendidih
5. Jangan lupa beri garam.
Bila mau bisa tambah penyedap masakan




Penyajian

Bisa ditambah tauge kecil lalu di siram rawon. plus taburi bawang goreng. Sangat enak dimakan hangat bersama telur asin.

selamat mencoba :)
sarie















Posting Komentar