A sampai Z Persiapan Keliling New Zealand Pakai Campervan (part 1)



Salah satu impian saya adalah traveling pakai campervan. Kamu tau campervan dong? Pasti seru deh, bisa berhenti di mana aja, bisa tidur dalam mobil, masak di mobil, ngeliat sunset dan sunrise sepanjang perjalanan. Wah.. gak kebayang asyiknya. Alhamdulilaah ya, Maret 2019 lalu saya nyobain muterin pulau selatannya Selandia Baru naik campervan sama temen-temen. Bener gak sih se-seru dan se-asyik yang kita bayangkan?

Kami memulai perjalanan dari kota Christchurch di pulau selatan New Zealand dan kembali lagi ke Chrischurch, dengan lama perjalanan sekitar 10 hari. Rute yang kami tempuh adalah Chrischurch-Danau Tekapo-Mt. Cook-Danau Wanaka (naik ke roys peak)-Queenstown - Dunedin-Ootagon dan lewat pesisir pantai lalu kembali ke Chrischurch.


Sewa Campervan



Sebelum berangkat ke NZ, saya sudah pesen campervan melalui websitenya. Memang ada banyak website yang menyewakan campervan. Mulai dari website yang dimiliki oleh merek campervan sendiri, seperti britz, maui dll. Atau website yang menyewakan campervan berbagai merek. Saya pakai motorhomesrepublik , kenapa? karena lagi memberikan diskon lumayan banyak. hehehe...

Karena kami ber-enam, maka pesen motorhomes, ada semua fasilitas yang dibutuhin, mulai dari dapur, toilet, shower, air panas, dan tempat untuk tidur dengan kapasitas 6 orang. Ternyata body campernya besar.. hehehe.



Berapa biayanya? Untuk bulan Maret perhari sewa motorhomes dengan fasilitas yang sudah saya tulis di atas harganya 232 dolar NZ. Kalau di kurs ke rupiah sekitar 2,32 juta rupiah perhari. Itu termasuk diskon yang mereka berikan. Tapi kamu juga harus beli asuransi kerusakan selama perjalanan atau kamu harus bayar 5 ribu dolar nz bila ada kerusakan. Asuransinya sekitar 28 dolar nz perhari, dikali sebanyak hari kamu sewa.

Karena kami berenam, jadi biayanya kami sharing untuk 6 orang, jadi gak terlalu berat.

Untuk di motorhomerepublik ini, setelah kamu pesan dan data terferivikasi, kamu diminta bayar DP 10 persen. Sisanya harus dilunasin dalam waktu 38 hari plus biaya asuransi.

Pembayarannya pakai kartu kredit. Jadi siapkan aja kartu kredit dengan limit besar, bila kamu harus melakukan pembayaran dalam jumlah besar. Kalau saya karena limitnya kecil, saya setor dulu uang di kartu kredit. Lalu pihak motorhomes akan memotong uang yang ada di kartu kredit kita.

Mengambil Campervan

Untuk ambil campervan atau motorhome kamu bisa melakukan di dua tempat, pertama di bandara atau di tempatnya langsung yang lokasinya masih dalam bandara. Kami waktu itu ambilnya di lokasinya langsung, karena sampai kota Chrischurch malam hari. Besoknya baru ambil ke kantor pusatnya, jangan lupa semua barang di bawa ya.



Apa aja yang perlu disiapkan?

Paling penting adalah SIM dan PASPOR. SIM yang berlaku adalah SIM A Indonesia, tapi harus diterjemahkan ke bahasa inggris oleh penerjemah tersumpah. Biayanya murah kok, sekitar 100 an ribu, tergantung tarif tiap penerjemahnya.

Sampai kantornya, kita diminta untuk tanda tangan dokumen-dokumen dan diberi petunjuk bagaimana berkendaraan di NZ.  Setelah selesai, ditunjukkan campervan kita dan bagaimana mengemudikan. Juga dikasih petunjuk bagaimana menyalakan listrik, air panas, buang kotoran manusia, buang air kotor sampai nyalahin kompor dan menyetel tempat tidur.

Ternyata, pakai campervan itu gak semudah yang kita bayangkan. Banyak pernak-pernik yang harus kita lakukan setiap hari. Mulai dari membuang air kotor, membuat kotoran manusia yang kita keluarkan, mengisi air dll.

Untuk campervan kapasita 6 orang, tempat tidur yang disiapkan di kursi belakang bisa untuk 2 orang, kursi tengah bisa untuk 2 orang dan di atas  bisa untuk 2 orang. Awalnya saya mikir enak gak ya tidur di atas, pasti sempit deh. Tapi ternyata di atas justru lebih luang dan gak sempit. Jarak tempat tidur ke atap juga gak pendek, jadi lebih nyaman. Cuma kamu harus naik turun dengan tangga bila ingin tidur. Kebetulan saya kebagian tidur di atas.. hehehe

Sebelum campervan di serah terimakan, petugas akan mengecek kondisi mobil sebelum kita pakai. Jadi kalau ada kerusakan bisa ketauan.

Bila semua sudah siap, maka kita tinggal siap-siap masukin semua barang ke dalam campervan. Harus diatur yang rapi ya, karena bagasinya gak besar.



Sudah siap berangkat? lets go buddy... :)

happy travelling

sarie





liburansari

4 komentar:

  1. Menunggu lanjutan di Part selanjutnya.. hehe

    BalasHapus
  2. hahaha... siaaaap... akan dilanjutkan tulisannya. terima kasih

    BalasHapus
  3. Seru juga nih klo ada fasilitas begini. Gak perlu repot bawa caril n tenda yah. Anak2 saya suka nanya tuh liat rumah mobil, nah ini malah buat berlibur.

    Nice story mba. Ditunggu lanjutannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iiya, naik campervan bisa tidur, masak, mandi di dalamnya. enak banget buat keliling nz. makasih sudah mampir... segera di update ya

      Hapus

Instagram