Bagaimana ke Ora Beach dan Sawai...?



Petualangan tak terlupakan

Menikmati keindahan Ora Beach dan Sawai di Seram Utara ini memang gak mudah. Perjalanan yang harus di tempuh cukup panjang dan melelahkan. Saya dari Jakarta harus menempuh perjalanan sekitar 15 jam. Tapi sesampainya di sekitar desa Sawai dan Ora beach, kelelahan seperti hilang .....








1.Jakarta menuju Ambon, saya ambil penerbangan tengah malam, agar sampai ambon di pagi hari. Ini selain menghemat biaya penginapan, juga memperpanjang waktu liburan. Maskapai yang melayani penerbangan tengah malam ke ambon antara lain, Garuda dan Batik air ( lion air grup)





2. Sampai di bandara Pattimura Ambon sekitar jam enam pagi. Lalu melanjukan ke pelabuhan Tulehe. Pelabuhan ini di luar kota Ambon. dari Bandara menempuh jarak sekitar 1 jam. Sewa mobil atau taksi dari bandara ke pelabuhan sekitar dua ratus ribu rupiah. Bila ingin naik ojek, sekitar 50 ribu rupiah. Angkutan umum ada, biasanya sudah menunggu di depan bandara. 

3. Menyebrang ke Seram menggunakan kapal cepat dari pelabuhan Tulehe dengan waktu tempuh sekitar 1,5 - 2 jam. Tarifnya sekitar 100 ribu untuk kelas reguler dan bisnis 150 ribu. Dari pelabuhan Tulehe ke pelabuhan Amahai di seram selatan. Kemudian lanjut menuju ibukota Maluku tengah, Masohi. Biasanya dari pelabuhan amahai ke Masohi tarif ojeknya dua puluh ribu rupiah, perjalanan sekitar 20 menit. Bila ingin sewa mobil, tentu lebih mahal.



4. Untuk melanjutkan perjalanan desa sawai atau desa saleman, kita harus menyewa mobil, sejenis avanza atau xenia. Tarifnya sekitar enam ratus ribu rupiah, untuk waktu tempuh sekitar 4 hingga 5 jam. Namun, ada alternatif angkutan umum menuju desa sawai. Yaitu ikut angkutan umum di depan terminal ke desa saleman. Mobil ini bukan angkot seperti di Jakarta.Tapi mobil sejenis xenia dan avanza. Biasanya mobil ini menunggu penumpang dari depan terminal Masohi. Biayanya lebih terjangkau, yaitu 75 ribu rupiah satu orang. ada catatannya, jangan sampai anda ketauan mau wisata ke Ora Beach atau desa Sawai. Karena tarifnya pasti dinaikkan. Perjalanan dari Masohi ke desa Saleman paling lama hanya tiga jam. itupun karena melewati perbukitan dan jalan rusak yang menghambat perjalanan

.






5. Sampai desa Saleman, kita masih harus sewa perahu katinting atau long boat ke Ora beach atau desa Sawai. Bila ke desa Sawai biayanya sekitar 200 ribu rupiah dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. selama perjalanan ke Desa Sawai, kita akan melalui Ora beach. 

6. Dari Masohi bisa juga langsung ke desa Sawai. Tujuannya langsung menuju ke penginapan pak Ali dan tak melalui jalur laut. Jarak tempuhnya lebih lama , sekitar 4-5 jam. bahkan bisa sampai 6 jam. biayanya pun lebih mahal.

7. Jalur pulang, tak jauh berbeda dengan jalur berangkat. Hanya saja, saya melalui desa Saka, yaitu tetangga desa Saleman. Dari desa sawai naik perahu ke desa Saka. meskipun jarak tempuhnya di laut sedikit lebih lama, ternyata jalur darat melalui desa Saka ke Masohi lebih cepat. Jalannya tidak rusak. Waktu tempuh dari desa saka menuju Masohi kurang dari 2 jam. Kemudian dilanjutkan dengan kapal cepat ke pelabuhan Tulehe dan menuju Ambon.

8. Kapal cepat dari pelabuhan Tulehe ke Amahai beroperasi setiap hari. Jadwal keberangkatan kapal cepat dari Tulehe ke Amaha,  pagi jam 9 dan sore jam 3. Sebaliknya dari pelabuhan Amahai ke Tulehe pagi jam 8 dan jam 2 siang.

selamat berpetualang

sarie :)


Posting Komentar