A sampai Z Persiapan Keliling New Zealand Pakai Campervan (part 2)



Di tulisan pertama saya sudah jelaskan bagaimana menyewa campervan dan mengambilnya. Nah, lanjutannya saya akan ceritakan apa saja yang kita harus lakukan setelah mengambil campervan.




Berbelanja Kebutuhan Pokok

Cus... campervan sudah di tangan. Eh tapi tunggu dulu, sebelum kita meluncur ke tempat tujuan, kita harus mempersiapkan makanan dan kebutuhan selama perjalanan. Karena kita masak, mandi, tidur di campervan kita harus beli semua kebutuhan itu di supermarket. Di kota besar seperti chrischurch atau  Auckland  ada bermacam-macam supermarket. Menurut pengalaman saya, kalau mau beli grosiran, supermarket pak'n save menawarkan harga lebih murah dibandingkan tempat lain. Apalagi supermarket ini suka menawarkan beli satu dapat satu.. hehehe, sayangnya, supermarket ini hanya ada di kota besar seperti Chrischurch dan Auckland.

Tapi jangan khawatir, di kota-kota kecil seperti twizzle atau Te Aneu ada juga supermarket kok. Jadi kalau persediaan makanan atau tissu habis, bisa beli diperjalanan.

Persiapkan Lokasi Menginap

Nah.. ini penting sekali. Karena kita mau bawa campervan kita harus tau mau menginap di mana. Usahakan agar HP atau apapun terhubung dengan internet, untuk memudahkan di mana kita akan menginap.

campersite berbayar dekat mt.cook


Membawa campervan ada dua alternatif untuk menginap, yaitu di campsite berbayar dan campsite free alias gratisan. Apa itu campsite berbayar? campsite ini dikelola oleh swasta dan ada juga yang oleh pemerintah tapi gak banyak. Kalau menginap di campsite berbayar, kita di sediakan fasilitas parkir, kamar mandi dan dapur umum. Untuk parkir biasanya ada dua jenis, parkir yang ada listriknya dan pengisian air serta parkir yang kosongan alias gak ada listriknya.

yuhuuu.. ayo memasak

ready for lunch plus dinner hehehe


Kalau pakai listrik, akan kena biaya lebih mahal. biasanya sekitar 25 an dolar NZ, setiap campsite berbayar beda-beda tarifnya. Cuma rata-rata segitu harganya. Kalau parkirnya gak pakai listrik, tarifnya sekitar 15-20 dolar NZ.

Loh Listrik Buat Apa? 

Saya jelaskan dikit soal campervan. Kalau kamu sewa campervan yang memiliki fasilitas kompor, lampu, pemanas dll, semua itu menggunakan energi. Ada dua sumbernya, gas dan listrik. Di belakang campervan ada kotak yang berisi tabung gas. Kalau campervan sedang jalan, tabung gas dimatikan. Kalau berhenti dan mau masak dll, tabung gas bisa dibuka untuk menyalakan kompor, pemanas air untuk mandi.

sebelum campervan dibawa, harus di cek semuanya


Nah listrik ini untuk mengalirkan listrik ke dalam campervan untuk menyalakan lampu dan stok kontak dalam campervan bisa dipakai. Jadi kita bisa ngecharge baterei atau untuk memasak nasi menggunakan rice cooker dalam campervan.

Kalau gak pakai listrik, masih bisa masak dan mandi pakai air panas, karena keduanya menggunakan gas. Namun lampu gak bisa menyala, jadi harus siapkan juga penerangan portable yang gak harus pakai listrik, kayak senter dll.

Di Mana Ada Campsite?

Biasanya di sejumlah tempat yang populer dan dikunjungi turis pasti ada campsite. Ketika saya start dari chrischurch ke arah danau Tekapo, ternyata di sekitaran danau ada campsite berbayar dan ada pula yang tidak berbayar alias gratis. Perhatikan tanda-tanda, ada beberapa area yang dilarang untuk parkir campervan. Sebaiknya kamu hindari.

Di sekitaran Mt.cook tidak ada campsite gratis, semua berbayar. Campsite terdekat dikelola oleh pemerintah. Ada kamar mandi dan dapur, namun gak ada air panas dan gak ada kompor. Bayarnya pun atas prinsip kejujuran, alias kita masukan sendiri uang sewa ke dalam kotak. Karena memang gak ada penunggunya.

campsite di mt.cook dikelola pemerintah nz


Campsite terdekat yang berbayar di Mt.cook dekat lapangan terbang helikopter, atau kalau mau grartisan kamu nginepnya di twizle. Ada hutan kecil dan danau.  Tempatnya enak, tapi memang gak banyak yang parkir di sana. Jangan khawatir.. new zealand ini aman kok..

nginep di campsite gratis di twizle, dikeliling hutan cemara dan danau kecil. suka tapi sepi


Untuk campsite lain, kamu bisa browsing sesuai dengan rute kamu.

Membuang Kotoran dan Air Kotor 

Nah... layaknya rumah, kotoran yang ada di dalam rumah harus kita bersihin setiap hari. campervan juga begitu. Setiap hari kamu harus buang air kotor dari mandi dan cuci piring, dan kotoran buang air besar. hehehe... iya loh.. kalau gak penuh deh.

mbak umi, pakarnya buang air kotor.. hehehe

kolaborasi... cakeep


Tapi jangan khawatir, kalau untuk kotoran manusia ditampung dalam tangki yang didalamnya di masukin semacam bahan kimia berbentuk padat warna biru. Bahan kimia ini akan mengurai kotoran jadi air dan gak bau. Seriusan... gak sebau yang kita bayangkan kok. Nah semua kotoran ini di buang di tempat yang namanya dump stastio. Ini PR lain yang harus kamu kerjakan, cari di mana dump station untuk buang kotoran, sekaligus buat isi air bersih.

our tim... lope you pull


Kalau kamu pergi bareng-bareng temen, jadwal buang kotoran dan isi air bisa gantian ya. Tapi kalau perginya satu keluarga, ya gantian deh sama suami atau istri hahaha...

Biasanya dump stastion ini ada di dekat campsite. Untuk campsite berbayar biasanya nyediain dump station ini.

Sabar Cari Parkir di Kota Besar

PR berikutnya, kalau kita mampir ke kota-kota besar seperti chrischurch atau Dunedin siap-siap muter-muter kita untuk cari parkir khusus campervan. Memang agak susah, tapi ada kok. Jadi harus sabaar... tahan nafas... hehehe

parkiran di kota dunedin

Gimana, udah siap pakai pakai campervan? Seru kok dan asyik.. tapi ya harus ekstra energi juga buat buang kotoran setiap hari, cari campsite, masak dll...

Happy Travelling

Sarie :)









liburansari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram