Led Zeppelin-pun Terkesima oleh Indahnya Kashmir




Kashmir dalam Bahasa setempat di sebut juga sebagai “surga”. Menurut saya tak berlebihan bila Kashmir disebut sebagai “surga di bumi”. Wilayah yang terdiri dari lembah-lembah ini memang sangat cantik. Saat musim panas, lembah-lembahnya berwarna hijau dihiasi oleh sungai yang mengalir serta dikelilingi pegunungan himalaya barat, dengan puncaknya yang tertutup salju.



Saking indahnya, banyak orang menamakan Kashmir sebagai Negara swiss dari timur. Bahkan kaisar Mughal keempat, Jehangir (1596-1627) menyebut “ jika ada surga di bumi, di sinilah tempatnya. Ya di sini tempatnya”.



Kashmir masuk dalam wilayah India paling utara. Pintu masuk Kashmir adalah kota Srinagar. Dari New Delhi ada penerbangan langsung ke kota ini. Sebelum mendarat di Srinagar, kita akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan Himalaya yang puncaknya tertutup salju. Jangan lupa untuk memesan kursi di samping jendala saat terbang ke Srinagar atau kembali ke New Delhi. Bahkan salah satu masakapai penerbangan domestik di India akan mengenakan biaya lebih mahal bagi penumpang yang ingin duduk di dekat jendela dalam penerbangan delhi-srinagar.



Sampai Srinagar, anda akan di manjakan dengan pemandangan danau yang tak kalah indah yaitu danau Dal dan Nigeen. Danau ini dikelilingi oleh pegunungan yang cantik. Sejak masa pendudukan inggris di India, danau Dal ini dijadikan tempat peristirahatan saat musim panas. Meskipun dilarang, mereka tetap membangun rumah-rumah perahu mewah di danau Dal. Rumah perahu ini tetap bertahan hingga sekarang dan ada sekitar 300 rumah perahu di danau ini.






Untuk menikmati danau Dal, anda bisa berkeliling danau dengan menggunakan Shikara, perahu khas Kashmir . Danau Dal adalah sumber mata pencarian warga Srinagar. Sejak dulu, warga setempat melakukan aktivitas pasar terapung yang ada di danau ini. Di pagi hari, warga kashmir melakukan transaksi dan jual beli sayuran dan barang kebutuhan lain, sementara siang hari toko-toko di pasar terapung ini  menjual aneka souvenir, pakaian, hingga perhiasan. 



Kashmir memiliki dua ibukota, yaitu Jammu dan Srinagar. Saat musim dingin, ibukota Kashmir pindah ke Jammu dan saat musim panas, ibukota Kashmir adalah Srinagar. Sebab saat musim dingin, kota Srinagar bisa sangat dingin, yaitu mencapai minus 11 derajat. Bahkan permukaan air danau Dal bisa membeku.




Selain Srinagar, Kashmir memiliki banyak tempat yang sangat indah. Tiga tempat yang sangat terkenal saat berkunjung ke Kashmir adalah Gulmarg, Sonmarg dan Pahalgam.Untuk tiga tempat tadi, saya akan membahasnya dalam tulisan yang lain. 


Namun sayang, keindahan Kashmir ini belum banyak dinikmati orang. Masih banyak turis yang bertanya-tanya dan khawatir dengan konflik di Kashmir. Padahal, ketika saya ke sana bulan Juni  2019 lalu, Kashmir aman. Walaupun memang banyak terlihat polisi berjaga-jaga di sejumlah area.



Dan ada ungkapan yang mengatakan, bila sekali anda datang ke Kashmir, akan kembali lagi. Seperti yang diungkapkan oleh grup band legendaris Led Zeppelin dalam lagunya, “Kashmir”

“My Shangri-la beneath the summer moon, I will return again
Sure as the dust that floats high in June, when movin’ through Kashmir….”


Happy Travelling

sarie :)

liburansari

6 komentar:

Instagram