Alor, Destinasi Wajib di Indonesia Timur



Pulau Alor, salah satu destinasi wisata yang dah pingin didatangin sejak lama. Pulau yang ada di Indonesia Timur ini atau tepatnya di provinsi NTT ini gak pernah salah dalam memuaskan para pelancong seperti saya. Air lautnya jernih, Ikannya banyak, terumbu karangnya sehat, pantainya indah...




Pulau Alor gak melulu soal nyelam, snorkeling dan berenang. Di Alor ini ada banyak aktivitas yang kamu bisa jalani. Misalnya saja keliling pantai yang indah-indah atau wisata budaya di desa Takpala, salah satu desa di Alor yang masih memelihara budaya setempat. Mulai dari bangunan rumah, upacara adat, pakaian tradisional hingga kehidupan sehari-hari.

Pantai sikka


desa takpala

Tapi gak lengkap kalau ke Alor gak ke laut, hehehe.. Sebab pulau ini dikelilingi laut yang indah dan jernih. Biasanya kita sewa kapal untuk hop to hop island alias berkunjung dari satu pulau ke pulau lain.


Pulau-pulau  disekitar Alor yang keren banget buat snorkeling diantaranya adalah pulau Ternate, pulau Pura, pantai Banjaran, Pulau Keppa.


pulau keppa


Serunya lagi, setelah lelah snorkeling, kita bisa makan siang di mana aja, di tepi pantai dengan pemandangan laut yang jernih dan awan yang biru. Makan tambah semangat deh.. hehe


Bagaimana ke Alor? gampang kok tapi jauh.. hehehe. Beli tiket dari Jakarta ke Alor ada kok, tapi biasanya akan transit dulu di Surabaya atau Denpasar, kemudian lanjut ke Kupang. Dari Kupang lanjut dengan pesawat kecil ke Alor.

Di alor biaya hidup juga gak terlalu mahal, kamu bisa menghemat budget wisata dengan sharing cost bersama teman lain. Cuma mungkin tiketnya sekarang jadi mahal, sekitar 5 juta-an PP. Penginapan beragam, kamu mau yang mana.. mau di pulau Keppa atau di Ibukota Alornya. 

Untuk buah tangan, kamu bisa beli tenunan khas Alor. Kalau beli di pasar tradisional, harganya lebih urah. Tapi pasar tradisonal gak buka setiap hari. kayaknya kalau hari minggu mereka buka. Atau bisa juga langsung datang ke desa ternate ke perajin kain tenun. 



Kapan waktu paling pas buat ke Alor? bulan Mei hingga Juli, saat cuaca cerah , curah hujannya gak banyak dan arus laut gak terlalu kenceng. Tapi saat bulan-bulan ini biasanya banyak wisatawan, baik asing maupun domestik. 


Kalau ke Alor, jangan lupa mampir ke pulau Sikka. Di sana kamu bisa lihat dugong alias duyung.


Tapi tetap waspada, dugong di Sikka ini kayaknya kurang bersahabat.

happy Travelling

sarie

liburansari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram