Naik Ferry dari Dumai ke Melaka, Malaysia


Banyak cara menuju ke Melaka, Malaysia. Bisa lewat jalur darat, pesawat atau naik kapal penyeberangan dari kota Dumai di Riau. Saya sudah pernah mencoba jalur laut, yaitu dari Dumai ke Melaka naik kapal.




Untuk menggunakan jalur penyeberangan kapal ferry, dari Pekanbaru kita harus ke Dumai terlebih dulu. Perjalanan dari Pekanbaru ke Dumai sekitar 4 jam. Tergantung situasi lalu lintas. Setelah sampai Dumai menuju ke pelabuhan Ferry. Biasanya tiket yang dibeli terlebih dulu, ditukar dengan tiket boarding di indomall ekspres. Berdasarkan informasi terakhir, tiket ferry Dumai-Melaka seharga 610 ribu rupiah PP untuk dewasa, dan anak-anak 550 ribu rupiah PP. Sedangkan untuk tiket sekali jalan Dumai-Melaka harganya 310 ribu rupiah, dan anak-anak 280 ribu rupiah.

Sebelum masuk ke ferry, kita harus melalui imigrasi dulu. Yah.. selayaknya mau ke luar negeri, tiket dan paspor diperiksa dan di cap imigrasi. Lalu masuk ke Kapal. Perjalanan Dumai-Melaka membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam. Lumayan juga ya... Waktu selama 2 setengah jam ini bisa digunakan untuk nonton film atau hiburan di ferry. Atau berada di luar kapal sambil lihat laut. hehehe.. asal jangan nyebur aja ya :P


Dari Dumai, kami berangkat sudah sore, sehingga sampai di Melaka sudah gelap. Dari kejauhan lampu-lampu kota Melaka terlihat sangat cantik. :)


Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan perjalanan ke kota lain, seperti Kuala Lumpur atau ke Singapura, kamu menuju ke terminal bus di Melaka. Di sana memilih bus sesuai dengan tujuan.

Selain lewat jalur laut, ke Melaka juga bisa lewat darat, yaitu melalui Kuala Lumpur, ibukota Malaysia. Bisa juga lewat Singapura atau terbang melalui Johor Baru.

Perjalanan menggunakan bus dari Kuala Lumpur ke Melaka sekitar 5-6 jam. Sedangkan bila ingin melalui Singapura sekitar 3 setengah jam. Pesan tiket bus bisa melalui sistem online atau kamu langsung datang tempat bus Singapura-Melaka. Tiketnya sekitar 25 dolar singapura.

Nah.. selamat mencoba :)

happy travelling

sari :)


Posting Komentar