Mendaki Indahnya Roys Peak di Wanaka New Zealand, PR Belum Selesai


Sejak pertama kali melihat foto Roys Peak langsung naksir, keren banget. Pertama ke New Zealand cuma pingin satu, hiking ke Roys Peak di Wanaka. tapi gak kesampaian karena waktunya mepet. Kedua kali ke NZ, alhamdulillah bisa nyoba naik Roys Peak. Walaupun belum sampai puncak.. tapi indahnya gak terbayangkan. Ini artinya PR belum selesai....





Inilah foto Roys Peak, meskipun gak diambil dari puncak bukitnya tapi indahnya bikin takjub. Gimana kalau sampai puncak...


Kedua kali ke NZ bulan maret bareng temen-temen, mulai dari temen liputan dari jaman awal jadi reporter ekonomi, temen kantor plus temen-nya temen. Total ber-enam. Tapi yang mau mendaki Roys Peak di siang hari bolong ketika matahari sedang manis-manisnya cuma berdua, saya dan dek Pandan.

Jadilah sekitar jam 1 an siang kita nanjak Roys Peak. Teman-teman yang baik hati nganterin kita dari Wanaka lake ke parkiran Roys Peak pakai campervan. Perjalananya gak lama, sekitar 10-15 menit. Dan Gunungnya ternyata gersang saudara-saudara alias gak ada pohon tinggi. Tapi niat sudah bulat, kami mencoba untuk mendaki dengan bekal seadanya (minum plus sisa kebab yang dibeli di dekat danau Wanaka).


Ternyata kita gak sendiri, ada cowok-cowok bule asal amerika yang juga nanjak Roys Peak. Tapi mereka dengan cepat melewati kita. hehehe... Tracknya gampang dan keliatan jelas, tapi nanjaaak teruus. Gunung Cikuray yang pernah saya daki kalah deh. Cikurai enak, masih bisa berteduh ada pohon dan dingin. Track Roys Peak ini naik terus dan terik, mungkin karena kita salah waktu. Harusnya dan idelanya adalah subuh, jadi sampai puncak pas matahari terbit.

Dengan terseok-seok dan nafas ngos-ngosan, saya bertekad terus sampai puncak. Kalau liat ke atas kayaknya hampir putus asa, mana puncaknya. Tapi kalau liat bawah dan kiri-kanan.. Subhanallah indahnya... bagus banget euy. Gak kebayang jalur pendakiannya bagus banget.


Di bawah kiri dan kanan adalah pemandangan danau Wanaka dan kota Wanaka. Di kejauhan terhampar bukit-bukit yang membentuk siluet indah. Seandainya musim dingin, puncak bukit di kejauhan akan tertutup salju... Duh tambah indah deh. Bulan Maret di New Zealand ini masih masuk akhir musim panas, Jadi masih paanaass....




Beberapa kali atau puluhan kali ya kami berhenti... karena capek banget. Hehehe.. begitu berhenti hilang lelah karena pemandangannya bagus banget.



Sekitar 3 jam an sudah kita jalan dan kayaknya puncak masih jauuh banget, sedangkan kita janji sama temen buat balik sekitar jam 5 an karena harus lanjut ke Queenstown. Akhirnya kita mutusin berhenti dan balik turun. Padahal sebenarnya dikit lagi sampai .. tapi gak apa-apa, pemandangan dari sini aja dah keren banget. layer bukit-bukit sudah terlihat jelas. 




 Setelah puas foto-foto, kita turun dan menikmati indahnya danau Wanaka.




Dalam perjalanan pulang ternyata banyak domba berkeliaran di sekitar gunung ini. Ternyata, sebagian jalur track ini adalah lahan milik penduduk. Tapi kayaknya mereka dah terbiasa dengan adanya pendaki. 





 Total perjalanan naik hingga turun sekitar 5 jam atau sekitar 14 km. Sedangkan Total pendakian Roys Peak sekitar 16 km. Nah.. tinggal 2 km lagi ya. Mungkin bila masih ada waktu, dikasih umur panjang dan ada rezeki bisa ke sini lagi, harus siapin fisik lebih kuat dan nanjaknya pun harus dini hari, supaya gak panas dan sampai puncak pas matahari terbenam.. Duh bayanginnya aja indah banget...



happy travelling,

Sarie :)




liburansari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram