Mudahnya ke Ternate dan Jailolo



dermaga penyebrangan
Biasanya untuk mencapai wilayah indonesia timur butuh perjuangan cukup panjang dan lama. Misalnya saja ketika saya ke Ora beach, di Maluku Tengah , membutuhkan waktu hingga 15 jam. Atau ketika berkunjung ke Togean, sulawesi tengah waktu tempuhnya satu hari lebih. Bahkan sempat menginap di Ampana :).

Namun ke Ternate ini tidak butuh waktu lama dan panjang. Terbang dari Jakarta ke Ternate membutuhan waktu sekitar 3 jam lebih untuk mendarat di bandara Sultan Baabullah, Ternate. Bandara ini cukup besar dan memadai.



terbang di atas pulau ternate
















Umumnya semua maskapai terbang ke Ternate, sehingga mencari tiketnya tidak sulit. Harga tiket ke Ternate lebih murah dibandingkan ke wilayah lain di Indonesia timur. Ketika itu saya berangkat akhir tahun, dengan harga tiket sekitar 900 an ribu rupiah. Bandingkan dengan ke Menado yang bisa mencapai dua setengah juta rupiah.


ruang tunggu bandara sultan baabullah yang kosong

Bila anda ingin melanjukan perjalanan ke Jailolo, dari bandara Sultan Baabullah bisa menggunakan ojek atau sewa mobil (taksi) ke pelabuhan dufa-dufa .  Ada juga angkot ke kota Ternate yang melewati pelabuhan ini, namun tidak sampai masuk kedalam. Untuk ke pelabuhan masih cukup jauh, sehingga disarankan sewa ojek atau kendaraan.

Biaya sewa ojek Bandara Sultan Baabullah ke pelabuhan sekitar 25 - 50 ribu rupiah, tergantung pendekatan ke tukang ojek. Bila ingin dapat harga murah, sebaiknya mencari ojek di luar bandara. Ketika sampai langsung berjalan keluar dan hiraukan tawaran ojek di bandara., sebab biasanya mereka pasang tarif mahal. Kalau di luar bandara ojek bisa sekitar 25 ribu rupiah.

Namun untuk rombongan disarankan sewa mobil. harga sewa sekitar 200 ribu rupiah, untuk jenis mobil avanza atau xenia.

perjalanan dari bandara ke dermaga dufa dufa gak lama kok, sekitar hampir satu jam.

dermaga dufa-dufu, kapal sudah menunggu

bisa juga naik kapal ini, tapi agak lama

Perjalanan dari pelabuhan dufa-dufa ke Jailola sekitar satu jam. Biasanya ongkosnya 50 ribu sekali jalan. namun pada saat saya mau menyebrang cuaca buruk dan penumpang sedikit, sehingga kami dikenakan tarif  lebih mahal untuk menutup biaya bensin. awanya 100 ribu rupiah perorang, namun karena penumpang protes, tarifnya turun jadi 70 ribu rupiah. hehehe...

Oh ya, bila cuaca buruk tak ada penyebrangan ke Jailolo. Biasanya syahbandar akan memantau perkembangan cuaca setiap saat.

Dari ternate bukan hanya bisa menyebrang ke Jailolo tapi juga ke pulau sekitar seperti pulau Tidore, pulai Maitara, pulau Pira, atau bahkan ke provinsi Maluku Tengah.

kapal ferry melayani penyebrangan ke menado atau ke ambon





Yuk coba ke Ternate :)













Posting Komentar