Perjalanan dari Ende ke Labuan Bajo, Flores, NTT



Niat awalnya dari Ende mau mampir ke Wae Rebo, tapi terbatasnya waktu membuat perjalanan lintas Flores ini berubah haluan. Kami langsung ke Labuan Bajo. Sebab dalam Trip kali ini, saya dan suami pingin lebih banyak menikmati laut dan keindahan di dalamnya.

Perjalanan dari Ende ke Labuan Bajo ini kami dapat tiket pesawat lumayan murah. hehehe, akhirnya kami memutuskan naik pesawat. Selain waktu tempuhnya lebih cepat dan gak menguras energi, biaya nya juga gak jauh beda dengan naik kendaraan umum. :). Belum lagi bonus pemandangan dari atas pesawat :)




Sepulang dari danau Kelimutu, kami langsung tancap gas ke kota Ende, naik motor sewaan. Perjalanan sempat terhenti sekitar satu jam karena ada perbaikan jalan :(. Akhirnya sekitar jam 2 kurang kami sampai Ende. Sambil makan siang  kami mencari angkutan umum yang bisa ke Ende. Setelah beberapa travel kami telpon, semuanya menawarkan harga hampir sama. Ende ke Labuan Bajo sekitar 200 ribuan rupiah dengan waktu tempuh sekitar 10 jam.


Dah bisa ngebayangin deh gimana perjalanan lewat jalur darat. Kontur pulau Flores inikan bergunung-gunung, sudah pasti akan banyak tanjakan, turunan dan belokan.. hehehe.. jadi siap-siap antimo aja supaya gak muntah. :P

Bila berangkat jam 2 siang, sampai Labuan Bajo kira-kira jam 12 malam.

Namun, tiba-tiba suami inisiatif buat liat harga tiket pesawat Ende-Labuan Bajo di biro perjalanan dekat tempat kami makan. Untuk sore tinggal Garuda, harganya 800 ribuan sekali jalan. Namun untuk penerbangan besok pagi Lion masih ada seat dan harga tiketnya 360 ribu rupiah. Itu dah termasuk fee buat biro perjalanan.

Akhirnya kami putuskan beli tiket pesawat buat besok pagi. Selain lebih murah, kami juga bisa hemat tenaga dan keliling kota Ende. Kota ini memiliki jejak sejarah yang sangat penting untuk kemerdekaan Indonesia. :)

Sekitar pukul 6 pagi kami sudah ada di bandara Ende, karena jam 7 pagi kami harus terbang ke Labuan Bajo. Kami sempat bangun kesiangan, untung saja bandaranya dekat dari hotel. hanya 5 menitan. hehehe :P

Perjalanan dengan pesawat dari Ende ke Labuan Bajo gak kalah menariknya dengan perjalanan darat. Kami naik pesawat ATR yang menggunakan baling-baling, sehingga tidak bisa terbang terlalu tinggi. Justru inilah yang membuat pemandangan di bawah terlihat jelas dari atas. Kontur pulau Flores, gunung Sangiang dan pulau-pulau di sekitar Pulau Komodo sangat indah dari atas.


Perjalanan Ende-Labuan Bajo memakan waktu kurang dari satu jam. Jam 8 kurang kami sudah sampai di Labuan Bajo dan siap-siap untuk mencari perahu. Hehehe...


Nah, tertarik buat menikmati keindahan Flores dari Udara?

Selamat mencoba :)
sarie












Posting Komentar