Membuat Visa India, Awas Penipuan!




Negara yang baru-baru ini saya kunjungin adalah India. Kenapa India? karena penasaran sama indahnya gedung-gedung tua dan peninggalan sejarah negara ini plus pingin liat alamnya kashmir yang katanya gak kalah dari New Zealand dan Swiss. Pertama yang saya cari adalah bagaimana bikin visa ke India, ternyata gak sulit. Tapi.. rawan penipuan. Kok bisa?



Iya, saya juga baru tau setelah mencoba sendiri. Menurut info yang saya baca, membuat visa ke India secara online gak kena biaya alias gratis. Tapi baru saja saya register di web site kedutaan India untuk pembuatan visa, saya sudah di telpon oleh orang India yang berkedudukan du UK. Dia minta saya melengkapi data dan bayar biaya pembuatan visa. Telpon-nya pakai nomer internasional UK. Saya pun bingung, saya baca lagi info-info dari internet plus nanya temen yang kebetulan kerja di kedutaan India. Ternyata memang, banyak website palsu dan mencoba menipu para turis yang mau buat visa ke India.

Bahkan kalau kita pakai mesin pencari dengan kalimat "pembuatan visa india", website pertama yang keluar adalah website yang mau nipu kita. Waduh ngeri ya... sebenarnya enggak ngeri juga, asal kita tahu web kedutaan india untuk pembuatan visa.

Supaya gak ketipu, ini alamat untuk membuat visa India https://indianvisaonline.gov.in/evisa/Registration


Setelah masuk, kamu bisa isi form yang telah di sediakan. Gak aneh-aneh sih, semua pertanyaan menyangkut data pribadi, alamat, no paspor, negara yang pernah kita kunjungi, lalu mau ke India masuk lewat mana dan keluar lewat mana. Salah satu pertanyaan adalah alamat di India, kamu bisa isi alamat hotel kamu menginap di India dan nomer teleponnya. Gak semua hotel tapi cukup satu hotel yang mewakili, yaitu hotel pertama yang akan kamu tempati.

Setelah semua diisi, kamu wajib scan paspor yang ada data pribadi dan scan foto ukuran 5 cm x 5 cm dengan latar belajang warna putih atau warna cerah. Jangan warna gelap ya....  Lalu di upload ke kolom yang tersedia. Kalau semua yakin sudah benar kamu tinggal klik apply.


Nanti akan dapat email dari kedutaan India yang menyatakan kalau dokumen visa sudah di terima dan sedang diproses. Gak lama prosesnya, dua hari ada pemberitahuan kalau visa el India saya dah jadi dan bisa di download di situsnya kedutaan India. di email kamu akan dikasih linknya, dan tinggal memasukkan nomer pembuatan visa. Jangan lupa di print ya, untuk ditunjukkan di imigrasi India.

Saat ini banyak negara tidak lagi nge-print visanya di paspor kita. Mereka cukup memberitahu secara elektronik. Sudah canggih ya. Tapi kita tetap  harus bawa print-an visa supaya lebih mudah pengecekannya.

Visa India saya dapat setahun alias 356 hari, tapi maksimal tinggal di India gak boleh lebih dari 3 bulan. Selama proses pembuatan juga gak dikenakan biaya alias gratis. Kalau ada telpon yang minta uang pembayaran visa, abaikan saja. Mungkin dia berusaha menipu kamu..

So.. semoga sukses bikin visanya :)

Happy Travelling

Sarie :)

liburansari

4 komentar:

  1. Mantap kak! Sangat membantu!
    Semangat berkaryanya ya kak! Saya suka sama tulisan kakak. Informatif dan sangat membantu. Feel pas baca dapet bangettt!
    Kapan kapan explore ke Kepulauan Karimunjawa dong kak... Dijamin gak bakal nyesel deh!
    Hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya sudah mampir ke blog saya. Kalau mau ke karimun jawa suka susah dapat kapal cepat. padahal kangen juga mau balik ke sana lagi. :)

      Hapus
  2. ini info yang sangat bermanfaat.. makasih kak sari!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok siaaap... terima kasih sudah mampir ya

      Hapus

Instagram