Tempat-Tempat Indah di Mt.Cook New Zealand



Pagi itu dingin sekali di desa Mt.Cook, cuaca sudah drop hingga minus di awal musim dingin. Dari ruangan berpenghangat di penginapan, saya memantau kondisi sekitar dari balik jendela kaca yang besar. Sebagian pegunungan di Mt.Cook sudah tertutup salju dan awan tebal menggantung. Harap-harap cemas dengan kondisi ini. 




mt.cook

Cuaca di sekitar Mt.Cook memang sulit diprediksi, terutama menjelang musim dingin yaitu Juni hingga berakhirnya musim dingin pada Agustus. Salju tebal lebih cepat menutupi daerah sekitar Mt.Cook, maka tak heran bila beberapa lokasi dan danau seperti Muller Hut, Hooker Valley, Hooker Valley Lake sulit atau bahkan tak bisa dikunjungi saat musim dingin. 

sungai dari mueller lake yang bermuara ke tasman river


Bukan hanya saat musim dingin, di musim panas cuaca di sekitar Mt.Cook bisa berubah-ubah setiap waktu. Jadi gak ada salahnya bila kita mengecek cuaca terlebih dulu. Bila cuaca buruk sudah dipastikan helikopter yang biasa membawa wisatawan ke atas gunung salju di Mt.Cook tak bisa beroperasi.

Ketika kami berkunjung ke desa Mt.Cook awal musim dingin, cuaca memang mendung dan gelap. Di beberapa tempat salju mulai turun. Pagi harinya ketika ingin ke Danau gletser di Hooker Valley, petugas hotel menyarankan kami memakai jaket lebih tebal dan sepatu yang hangat. Dengan awan yang terlihat gelap, hujan bisa turun tiba-tiba. Namun ternyata siang hari cuaca cerah.

ready for hooker valley


Yang menyedihkan adalah cerita seorang teman saya yang ke Mt.Cook saat bulan Agustus di akhir musim dingin. Ia dan teman-temannya gak bisa kemana-mana karena cuaca sangat buruk dan salju tebal menutupi ruas jalan di Hooker Valley. Jalan-pun tak terlihat karena tertutup salju. Akhirnya hanya bisa menikmati pemandangan di sekitar penginapan.

Meskipun cuaca kadang tak bersahabat, masih banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Tak heran, sebab pemandangan di sini memang indah. Gunung Mt.Cook adalah salah satu gunung yang masuk dalam jajaran pegunungan Alpen Selatan dan gunung tertinggi di New Zealand (3.724 m). Setiap tahun puncak gunung ini selalu di selimuti salju. Di kaki gunung ini ada beberapa danau yang airnya merupakan lelehan salju abadi atau gletser. Salah satunya danau Hooker Valley.

lake glacier hooker valley


Untuk menuju danau ini, kita harus hiking atau berjalan kaki sekitar 3 jam, tergantung kecepatan kita jalan. Rutenya gak terlalu sulit dan banyak datar, bahkan anak-anak saja menurut saya bisa ke danau ini.





Di awal perjalanan kita akan melalui danau gletser Mueller atau Lake Mueller. Danau ini airnya berasal dari lelehan salju abadi dan mengalir ke sungai Tasman. Pemandangan di Mueller Lake ini saja sudah luar biasa. Kita bisa mengabadikan danau ini dari shelter di atas bukit.

mueller lake glacier


Setelah melalui Mueller Lake, kita akan melalui jembatan besi pertama. Jembatan panjang ini sangat kokoh, namun tentu saja harus melaluinya dengan hati-hati. 
track di hooker valley


Dalam perjalanan ke Hooker Valley Lake, kita akan bertemu 3 jembatan serupa. Di bawahnya ada sungai yang airnya cukup deras dengan batu-batuan. Jadi kalau sudah bertemu dengan jembatan ketiga harus tambah semangat, karena sedikit lagi sampai.. 

jembatan di hooker valley

Begitu bertemu danau Hooker ini, waah.. rasa capek dan lelah terbayarkan. Bagus banget danaunya. Airnya berwarna biru dari lelehan salju di gunung Mt. Cook. Lalu kita masih menjumpai gumpalan es yang besar maupun kecil di sekitar danau. Airnya pun dingiiiin banget. Kami sempat makan siang dan sholat di danau ini. Lalu duduk-duduk minum kopi sambil menikmati indahnya danau Hooker. 

lake glacier hooker valley


Tempat wisata lain yang gak kalah cantik adalah Mueller Hut. Track ke Mueller Hut lebih sulit dibandingkan ke Hooker valley, namun pemandangan yang ditawarkan bagus banget. Kita bisa melihat desa Mt.Cook dari Mueller Hut. Di Mueller Hut kita juga sudah bisa bertemu salju. Namun sayang ketika ingin ke sana jalurnya tertutup salju.



Danau lain yang gak kalah cantik adalah Tasman Glacier. Untuk mencapai danau ini kita harus naik ke atas bukit sekitar 30 menit. Memang gak terlalu lama, tapi nanjaknya cukup curam dan bikin nafas ngos-ngosan. hehehe....

tasman glacier lake, mendung

Di danau ini masih ada bongkahan es yang cukup besar. Biasanya danau ini dijadikan tempat wisata. Pengunjung bisa naik kapal di danau ini dan mengelilingi bongkahan es yang besarnya lebih besar dari kapal atau boat yang kita naiki. Sayangnya ketika ke sini langit mendung dan menjelang malam. Jadi fotonya juga suram

Di tengah perjalanan ke Tasman Glacier kita akan melewati danau biru atau Blue Lake. 

blue lake


Sebenarnya masih banyak tempat yang indah di Mt.Cook ini. Bila ingin puas berkeliling, kamu harus tingga minimal 3 hari di sini. hehehe.. 







Happy Travelling

Sari :)



Liburansari dotcom

Instagram