Birunya laut Karimun Jawa...


Tanggal 24 Desember 2011 adalah yang kedua kalinya saya berkunjung ke Karimun Jawa. Salah satu pulau di wilayah jawa tengah. Namun untuk menyebrang ke pulau ini butuh waktu sekitar  jam dari Jepara dengan menggunakan kapal feri. Tapi kalau menggunakan kapal cepat dari Semarang, yaitu KM Kartini hanya butuh waktu sekitar 3,5-4 jam. Lebih cepat kan?

Pasti penasarankan kenapa saya bisa dua kali ke Karimun Jawa? Banyak alasannya. Salah satunya karena Karimun Jawa menawarkan keindahan yang luar biasa.. (menurut saya loh). Apalagi kalau kita sewa perahu sendiri dan menjelajah pulau pulau di sekitar Karimun jawa. Wah.. serasa pulau pulau kosong dengan hamparan pasir putih menjadi milik kita.








Apalagi bila ditambah dengan diving atau snorkling... wah... pasti tambah puas dan berjanji untuk kembali lagi. walaupun hanya snorkling, kita bisa melihat keindahan karang karang bawah laut dan ikan warna warni yang berseliweran. Bila diving, tentunya banyak biota laut yang bisa ditemui. Salah satunya Nemo atau kura kura.


Namun, bila ke Karimun jawa hendaknya jangan bulan Desember akhir atau Januari awal. Saat itu, sedang musim angin barat dan arus air sangat kencang. Bahkan, terkadang badai datang. Ketika saya pergi ke Karimun jawa, seharusnya saya pulang tanggal 25 Desember, namun karena ombak sangat besar kapal feri pun tak berani melintasi laut menuju Jepara. Akhirnya saya harus tinggal satu malam lagi di Karimun Jawa.





 Selain tempatnya yang sangat indah, wisata ke Karimun Jawa ini tidak terlalu mahal. Menyebrang dengan kapal cepat dari semarang biayanya sekitar 130 ribu rupiah termasuk asuransi. Nah kalau dari Jepara kita bisa naik fery Muria. Biayanya untuk kelas ekonomi hanya 30 ribu rupiah, VIP sekitar 60 ribu rupiah. Memang jarak tempuhnya lebih lama, yaitu 6 jam. Namun dengan fery, guncangan di laut tak terlalu besar.

Selain itu, di Karimun Jawa kita bisa menginap di rumah peduduk yang menewakan kamar kamarnya. satu kamar dengan fasilitas kipas angin, hanya sekitar 60 ribu rupiah. Bila menggunakan AC sekitar 200 ribu rupiah. Murahkan??? tapi kalau mau menginap di hotel atau bungalow, juga ada. Satu kamar sekitar 500 ribu rupiah. Nah mau pilih yang mana???





Sewa perahu di Karimun jawa ini hampir sama dengan tempat lain, sekitar 4 hingga 5 ratus ribu rupiah perhari. Bila kita mau irit, bisa juga datang bersama rombongan dan membagi beban biaya bersama. Sementara untuk sewa alat snorkling sekitar 35 ribu rupiah, belum termasuk pemandu yang dibayar 100 ribu perhari. Kalau ingin menyelam atau diving, bisa sewa alatnya beserta tabung sekitar 250 ribu rupiah.  Nah, biasanya bila tidak punya sertifikat, bila ingin menyelam harus didampingi instruktur. mereka harus kita sewakan alat dan dibayar sekitar 150 ribu perhari...






Satu lagi yang menarik di Karimun jawa. Di sini ada satu warung makan yang sangat terkenal dan murah. Biasanya saya makan di sini sekitar 10 ribu rupiah. Makan dengan sayur, ikan dan tempe goreng serta teh hangat manis. Murahkan??

Penduduknyapun ramah dan tulus. Inilah yang paling melekat di hati saya.... :)


Posting Komentar