Milford Sound, Surga Tersembunyi di New Zealand






Rasanya tak lengkap bila menjelajah south island New Zealand tanpa mampir ke Milford Sound. Tempat ini jadi tujuan utama para turis yang datang ke New Zealand, yaitu sekitar satu juta orang setiap tahun. Gak heran sih, karena tempat ini benar-benar menakjubkan, indahnya luar biasa dan masih alami banget. banyak orang bilang tempat ini Magnificent!




fiordland national park


Milford Sound ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Fiordland, letaknya paling selatan dari pulau selatan New Zealand. Untuk ke Milford Sound kamu bisa mulai dari Queenstown atau kota kecil Te Anau. Biasanya sih pengunjung mulai dari Queenstown, mengingat kota ini lebih banyak tempat meginap dan alternatif transportasi bagi para turis.


Dari Queenstown atau Te Anau kamu bisa nyetir sendiri ke Milford Sound. Atau kalau kamu males nyetir, kamu bisa ikutan tur dengan naik bus ke Milford Sound. Biasanya bus berangkat pagi sekitar pukul 7 lalu sampai Queenstown malam sekitar pukul 19 atau 20 malam. Namun gak di semua tempat kita bisa berhenti. Karena menjaga agar sampai Queenstown atau Ta Anau tepat waktu.

pemandangan kiri-kanan jalan yang aduhai... milford sound road

Bila mulai nyetir dari Queenstown dibutuhkan waktu 4 hingga 5 jam untuk sampai Milford Sound. Sementara dari Te Anau sekitar 2 jam sampai 3 jam, tergantung kecepatan nyetir dan lama berhentinya di jalan.

Maklum, sepanjang perjalanan dari Te Anau ke Milford Sound kamu bakalan nemuin tempat-tempat yang indah. Misalnya saja danau cermin atau mirror lake. Danau ini disebut sebagai mirror karena memang bisa memantulkan bayangan dengan jelas. Bila airnya tenang, Gunung-gunung salju yang menjulang tinggi akan terlihat di dalam danau.

mirror lake, sayang banyak angin. airnya keruh


Tempat ini banyak dikunjungi dan lokasinya juga sudah ditata dengan apik oleh pemerintah New Zealand. Ada jembatan kayu yang membawa pendatang untuk sampai ke danau.

jembatan kayu sepanjang mirror lake


Selain mirror lake, sepanjang jalan menuju Milford Sound juga sangat cantik. Padang rumput yang berlatar belakang gunung salju, sungai besar hingga terowongan hommer alias hommer tunnel yang menghubungkan antara Te Anau ke Milford Sound.

ini dia terowongan hommer... dah tua umurnya


Homner tunnel ini adalah jalan darat satu-satunya yang menuju ke Milford Sound. Bila terowongan ini tertutup salju, siap-siap saja jalan ditutup dan kamu gak bisa melanjutkan perjalanan ke Milford Sound. Di musim dingin, para pengunjung yang ingin melalui terowongan ini harus sabar. Sebab petugas harus membersihkan salju yang ada di dalam terowongan untuk menghindari kecelakaan.

antre sama campervan

siap masuk terowongan yang membelah bukit. 


antre.. antre... masuk hommer tunnel

nunggu antrean dengan pemandangan kaya gini, siapa takut?


Terowongan ini juga hanya punya satu jalur, jadi harus antre antara sisi utara dan selatan.

Selain jalan darat, sebenarnya kamu masih bisa pakai kapal laut atau helikopter untuk sampai Milford Sound. Namun biayanya memang mahal. hehe..

Setelah melewati lembah dan hutan yang dikepung dengan gunung-gunung tinggi dan kita akan masuk ke Milford Sound. Milford Sound ini seperti teluk besar yang dikeliling pegunungan tinggi. Tingginya pegunungan ini mulai dari 500 meter hingga 2 ribu meter. Pegunungan ini saperti berbaris dan dengan gagahnya menjaga Milford Sound.

awal musim dingin, gunung-gunung dan jalan mulai tertutup salju


Milford Sound ini letaknya sekitar 16 kilometer ke arah laut Tasman. Sehingga air di Milford Sound ini campuran antara air tawar dari es yang mencair dan air laut. Di musim panas, kamu bisa menyelam di sekitar Milford Sound. Menurut salah seorang petugas, jenis hewan dan tumbuhan di sini unik, karena airnya adalah campuran antara air laut dan air tawar dari es yang mencair.

salah satu air terjun yang besar, airnya juga datang dari salju yang mencair


Untuk menjelajahi Milford Sound, kamu bisa menggunakan kayak atau ikut kapal pesiar. Enaknya ikut kapal pesiar, kita bisa menjelajah bukit-bukit besar ini hingga ke laut Tasman.

Di dermaga ada beberapa pilihan operator kapal pesiar yang menjelajahi Milford Sound. Semuanya menurut saya bagus, harga tiketnya saja yang bersaing. Bila kamu sudah punya jadwal tetap untuk ke sini, lebih baik membeli secara online karena harganya lebih murah. Sekitar 45 dolar NZ. Namun bila membeli tiket dilokasi sekitar 60 dolar NZ ke atas. Ini untuk tour sekitar satu jam dan mendapat kopi atau teh panas.

deretan kapal pesiar siap berangkat



selesai tur kapal pesiar, balik pulang


Ikutan tur ini menurutku  gak rugi, kita bisa mellihat indahnya tempat ini. Sepanjang tebing ada banyak air terjun. Mulai yang airnya sedikit hingga airnya banyak. Bahkan kapal mendekati air terjun agar pengunjung bisa merasakan langsung airnya yang dingin. jadi hati-hati dengan kamera dll bila sudah mendekati air terjun. Sinar matahari yang menyinari air terjun membentuk pelangi yang indah.

motret air tejun dari kapal pesiar


air terjunnya banyak



banyak nemuin pelangi di air terjun. cantik


Dari jauh kita bisa melihat deretan gunung-gunung yang saling bersilangan satu sama lain. Puncak gunung sebagian tertutup oleh salju abadi. Tampak sangat gagah.

rangkaian pegunungan di Milford Sound


pelayaran akan berujung di laut Tasman dan memutari sisi lain pegunungan di Milford Sound. Selama perjalanan, kita bisa menemukan habitat singa laut atau pingun yang bermain-main di atas batu. Mereka sama sekali gak terganggu dengan kehadiran kapal-kapal pesiar. Kita pun dibolehkan untuk mengambil foto hewan ini, asal jangan diganggu dan gak boleh memberi makanan. Waktu saya ke sana, ketemu anjing laut. Mereka banyakan lagi bobo atau berjemur ya... beda tipis sih, sama-sama lagi baring-baring.

singa laut berjemur

singa laut... cute 


Kalau kamu punya banyak waktu di New Zealand, sebaiknya tinggal lebih lama di sini. Sekitar Milford Sound banyak aktivitas yang bisa dilakukan, misalnya hiking atau kano. Pemandangannya saat pagi dan sore juga keren banget.

kapal pesiar di Milford Sound. cahayanya wow... matahari sore menjelang sunset


Sayang saya gak bisa lama-lama, jadi hanya menikmati sunset diperjalanan. Di sekitar Milford Sound ada penginapan, tapi gak banyak. Saya hanya menemukan satu atau dua homestay saat menuju Milford Sound. Kalau kamu naik campervan lebih enak, bisa menginap dekat Milford Sound dan menikmati keindahan surga ini.

ngobrol sama turis asal AS

gunung-gunung sekitar Milford Sound






Kata orang, belum ke New Zealand kalau belum ke Milford Sound. Hmm.. penasarankan?

Happy Travelling

Sarie :)







Liburansari dotcom

Instagram