Naik balon udara di Cappadocia, wisata wajib di Turki



Satu hal yang saya pingin banget ketika ke Turki adalah naik balon udara di Cappadocia. Apalagi kalau liat foto-fotonya bikin mupeng banget. Berada di atas ketinggian sampai menikmati matahari terbit di garis cakrawala dihiasi balon-balon udara dan landscape kota Goreme yang indah banget. Wuaah... kebayangkan.. :)



Libur ke Turki pertengahan tahun 2017,  saya bertekad  untuk naik balon udara. Tiket balon udara sudah saya pesan online dari Jakarta, sehingga sampai Cappadocia saya tinggal ke tempat meeting poin yang sudah di tentukan.

Oh ya, pesan balon udara secara online dari Jakarta juga bisa menghemat budget loh. Bila kita langsung memesan di tempat bisa kena biaya sekitar dua juta hingga dua setengah juta. Tergantung penawaran. Nah saya pesan dari Jakarta di Sultan Balloon dengan harga 90 euro. Kalau di kurs sekitar 1,35 juta rupiah. Saran saya, lebih baik memesan secara online. 

Untuk menghemat waktu, dari bandara Sabiha Gokcen Istanbul kami naik pesawat ke Cappadocia dan turun di bandara terdekat, Kayseri Erkali Airport. Dekat Cappadocia ini ada dua bandara, yaitu Kayseri dan Nevsehir. Namun karena saya naik pegasus air, mendaratnya di bandara Kayseri. Saya sengaja ambil penerbangan malam dari Istanbul, yaitu jam 12 an malam waktu setempat, supaya sampai Cappadocia masih dinihari, yaitu sekitar jam 2.30.  Lumayan bisa hemat biaya hotel... hehehe

Sampai bandara Kayseri, rencananya saya naik shuttle bus yang juga sudah saya pesan dari Jakarta. Biayanya sekitar 10 euro. Tapi ternyata sampai bandara saya gak menemukan orang yang jemput, akhirnya saya ditawarkan naik shuttle bus lain dengan biaya yang sama dan diantar sampai tujuan. Maklum naik taksi dari bandara Keyseri ke pusat kota bisa mencapai 180 lira, ya sekitar 800 an ribu rupiah lah.. mahal kan? hehehe

Naik balon udara di Cappadocia ini saya menggunakan jasa sultan balloon. Saya janjian dengan mereka untuk ke kantor sultan balloon. Sampai Sultan balloon masih pagi, sektar jam 3 an lewat. Udara dingin banget, untung mereka menawarkan coklat panas :). Lalu jam 4.30 pagi saya ikut mereka untuk menjemput tamu lain, kemudian dengan mobil van kami menuju tempat balon terbang.

Udara pagi di Cappadocia dingin, meksipun di musim panas. Jadi saya sarankan bawalah jaket agar lebih nyaman.

Sebelum terbang selama satu jam, kami diberi sarapan berupa roti bagel khas Turki dan minuman panas. Ternyata rotinya enak banget. hehehe. Sambil sarapan, para staf sultan balloon menyiapkan balon yang akan diterbangkan. Setelah siap, kami naik ke atas keranjang. Jumlah penumpang balon saat itu 16 orang plus satu orang adalah pilot yang menerbangkan balon udara.



Balon udara ini persis seperti yang saya lihat di film-film kartun atau film hollywood, yaitu diterbangkan dengan api, yang berasal dari gas. Kalau jalan dulu mungkin pembakaran api ini menggunakan kayu bakar. Tapi di jaman canggih seperti ini pembakaran menggunakan gas. Selain lebih aman, juga lebih bersih hasil pembakarannya. 






Sensasi naik balon udara ini sungguh gak tergambarkan, beda dengan naik pesawat. Sang pilot harus bisa membaca arah angin, agar balon udara tak menabrak gunung atau balon udara lain.


Begitu sampai ketinggian, kita bisa melihat pemandangan Cappadocia yang indah. Melewati taman nasional Goreme dengan deretan bukit-bukitnya yang unik, serta rose valley yang berwana merah di sinari matahari pagi.






Karena masih pagi, matahari juga baru muncul, sehingga kami bisa melihat batas cakrawala yang berubah dari gelap ke terang, dari jingga ke biru. Cantik banget deh.

Selama satu jam kami berputar di atas dan mengikuti arah angin yang bertiup. Balon kami juga sempat melintasi kota Goreme. Kebanyakan penginapan berada di kota ini dengan gua-gua menjulang tinggi membentuk kerucut. 



Akhirnya kami mendarat dekat dengan kota Goreme, kalau lihat fotonya berada di belakang kota Goreme. 

Usai terbang, kami mengadakan pesta dengan menuangkan wine yang dicampur jus anggur. Hehehehe... kalau saya minum jus anggurnya saja.


Mobil karavan yang membawa kami ke lokasi pemberangkatan juga sudah tiba dan akan kembali mengantar kami ke penginapan. Wah seru deh.... pengalaman yang sangat berkesan.

Selama musim panas, balon udara bisa terbang setiap saat, karena biasanya cuacanya bagus dan anginnya bersahabat. Namun saat musim dingin alias winter, kamu siap-siap untuk agak lama berada di Cappadocia. Sebab saat musim dingin tak setiap hari balon udara beroperasi. Bila angin kencang dan kondisi cuaca tak baik, penerbangan balon udara dibatalkan.

Mau coba ikutan balon udara?

Happy Travelling

Sarie :)




























Liburansari dotcom

Instagram