Menyelam di Ujung Kulon, Banten



Belakangan ini, saya jadi sering bolak-balik ke Ujung Kulon. Ternyata perairan di sekitar Ujung Kulon masih menjanjikan dan lebih bagus dibandingkan menyelam di Pahawang, Lampung. Kedua tempat ini relatif dekat dengan Jakarta, sehingga bisa datang untuk menyelam saat akhir pekan . 
Ujung Kulon terletak di ujung paling barat pulau Jawa. Taman Nasional yang dikenal dengan badak bercula satu ini terletak di Banten. Untuk sampai ke Ujung Kulon, kami naik kapal dari desa Sumur. Perjalanan dari Jakarta ke desa Sumur sekitar 7 hingga 8n jam. Hehehehe.. yah.. sama dengan perjalanan Jakarta-Yogya. Jadi sebenarnya gak deket-deket banget ya... wkwkwkw


Dari desa Sumur ke spot menyelam atau snorkeling terdekat di Ujung Kulon adalah pantai alang-alang, perjalanan sekitar 3 jam. Nah.. bisa tidur dulu deh di kapal.

Ujung Kulon memiliki beberapa spot yang masih lumayan bagus untuk snorkeling atau menyelam. Perairan di Ujung Kulon ini banyak ikannya, jadi tak jarang kita akan temui kapal-kapal nelayan yang hilir mudik di sekitar wilayah ini.




Selain di sekitar pantai Alang-alang, menyelam dekat pulau Peucang dan pulau Panaitan juga tak mengecewakan. Kebanyakan terumbu karang adalah hard coral alias karang keras.



Untuk soft coral atau yang lunak baru mulai tumbuh. Ada juga yang berwarna-warni atau coklat muda.







Pantai di sekitar Ujung Kulon ini juga tak semua berpasir. Mendekati bibir pantai justru banyak batu-batu besar. Sebagian membentuk celah dan sebagian berbentuk seperti gundukan batu-batu dan membentuk pairt-parit. Berhati-hatilah bila snorkeling mendekati bibir pantai, sebab ombaknya cukup besar, kita bisa terbawa arus dan menghantam bebatuan ini.






Banyak hewan laut yang bisa ditemui di sekitar Ujung Kulon. Ikan badut atau nemo bisa dijumpai di sini, dan jenisnya juga bermacam-macam. Bukan hanya yang berwarna orange dan putih, tapi juga ada yang berwarna hitam putih dan kuning. Bahkan anemon di sebelah pulau Peucang jumlahnya banyak banget... seperti rumput di tengah lautan.









Selain ikan Nemo, masih banyak ikan lain. Mulai dari ikan Kakaktua, Lobster, Ikan amplas, Ikan JT, bahkan teman yang ikut bersama sempat melihat hiu dan penyu. Arusnya yang cukup deras membuat makanan di sekitar perairan ini juga melimpah. Itu mengapa ikannya banyak. 



mengamati nemo dan sarang gurita di dalam batu

Nah.. bila ingin rehat sejenak dan menyelam bebas atau snorkeling, kamu bisa ke Ujung Kulon. 

Happy Travelling
Sari :)








Liburansari dotcom

Instagram