Kawah Putih, Ciwidey, Tempat wisata wajib di Bandung Selatan

Bandung Selatan memiliki banyak tempat wisata yang indah-indah. Kebanyakan adalah wisata alam di pegunungan. Salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Kawah Putih. Kawah yang berada di gunung Patuha ini lebih dikenal dengan nama kawah putih dibandingkan kawah Patuha. Sebab para pengunjung yang datang ke tempat ini hanya mengingat hawahnya yang berwarna putih dan hijau muda.

Keunikan dan keindahan kawah putih ini menurut saya lebih bagus dibandingkan dengan kawah gunung Tangkuban Perahu. Warna putih yang berasal dari belerang, menimbulkan suasana berbeda. Bila berdiri di tengah kawah ini seperti berada di tempat lain..bukan di bumi. hehehehehe...
 

Suasana yang mistis inilah yang kerap dijadikan objek foto menarik oleh para Fotografer. Mereka banyak yang datang ke kawah ini untuk mencari foto yang indah. Buka hanya penggemar foto landscape, kawah putih juga sering dijadikan lokasi untuk foto modal atau foto prawedding. Kamu pernah coba? :) 

Tak heran bila tempat ini selalu penuh saat musim liburan tiba. Pengunjungnya bukan hanya dari Bandung dan Jakarta saja, banyak juga yang datang dari daerah lain. Bahkan banyak pula turis Malaysia dan Singapura yang senang berkunjung ke kawah putih ini.

Namun kamu harus tetap hati-hati, sebab kawah ini masih aktif dan mengandung kadar belerang tinggi. Bawalah masker untuk menutup hidung bila kadar belerang sedang tinggi. Sebelum kamu turun ke kawah putih ini, biasanya banyak yang menjual masker.  
 

Kawah putih ini ditemukan oleh orang Belanda peranakan Jerman bernama Doktor Franz WIlhelm Junghuhn di tahun 1837. Ketika ia melakukan perjalanan ke Bandung Selatan, tepatnya di daerah gunung Patuha, ia heran karena tempat ini sangat sepi.

Warga setempat menyebut bahwa tempat iru angker dan disebut sebagai tempat bersemayamnya arwah para leluhur. Kemudiam, karena penasaran orang Belanda ini menjelajahi hutan dan menemukan danau kawah yang indah dan berwarna putih.




Sekitar kawah putih ini dikelilingi oleh hutan-hutan gunung Patuha. Hutan ini juga memiliki keunikan, kamu bisa berkeliling untuk menikmati udara segar.


Untuk mengunjungi kawah putih kamu harus ke daerah Bandung Selatan, atau tepatnya daerah Ciwidey. Kawah ini berada di atas gunung, jadi untuk naik ke atas kamu harus naik kendaraan. Namun kalau gak bawa mobil sendiri, pengelola kawah putih juga menyiapkan angkutan umum seperti angkot kecil.Untuk kendaraan pribadi tarif masuknya hingga ke kawah putih sebesar 150 ribu rupiah. Tarif motor sebesar 35 ribu rupiah dan tiket masuk perorang 15 ribu rupiah.

Jalan menanjak ke arah kawah putih tak membuat bosan, karena banyak pohon-pohon pinus dan lainnya. Terkadang kabutu juga menyelimuti  tempat ini, sehingga harus hati-hati. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk sampai kawah putih sekitar 10 hingga 15 menit.


Kawah putih ini dekat dengan Situ Patenggang Ciwidey. Dari Bandung ke kawah putih membutuhkan waktu sekitar 2 setengah jam.Karena lokasinya lumayan dekat dari Jakarta dan Bandung, kamu bisa ke sini saat weekend.

Happy Travelling :)

sarie





Posting Komentar