Cara mudah naik Subway di Seoul, Korea


Menjelajahi kota Seoul menurut saya yang paling mudah adalah menggunakan Subway alias kereta bawah tanah. Subway ini menjangkau daerah-daerah di tengah kota hingga pinggiran Seoul. Apalagi subway di Seoul ini sudah terintegrasi dengan angkutan umum lain, seperti bus kota dan bus tujuan luar kota. Bahkan, beberapa subway di Seoul juga terintegrasi dengan pusat perbelanjaan seperti di Yongsan. Sehingga kamu gak usah repot-repot untuk keluar masuk stasiun. :)

Bila melihat peta subway Seoul pertama kali mungkin terlihat ruwet dan membingungkan. Padahal kalau mau dipelajari, naik subway di Seoul ini mudah loh. Lebih mudah dibandingkan dengan di Jepang. Katanya sih subway di Jepang itu salah satu jalur subway paling membingungkan di dunia.

Naaah... ini petanya, keliatan ribetkan?


Bagaimana menaklukan subway di Seoul?

Kamu harus tau, bahwa subway Seoul ini punya 9 jalur alias 9 line, dan ada beberapa jalur subway lain. Diantaranya ada AREX, Incheon line 1, Gyeongul Line dan lainnya. Kamu bisa lihat digambar di bawah ini.



Dalam peta ini, setiap line menggunakan warna berbeda-beda. Kamu harus jeli dengan ini. Line satu sampai sembilan adalah jalur subway yang berada dalam kota Seoul dan sekitarnya. Sedangkan diluar jalur satu, seperti AREX, Incheon Line, Shinbundang Line, adalah jalur kereta api biasa yang menuju ke luar kota, namun masih dekat dengan Seoul.



Misalnya kamu mau ke Nami island. Pulau ini berada di luar kota Seoul, namun masih bisa dijangkau dengan kereta. Kalau kamu berada di dalam kota Seoul, kamu harus ganti jalur dari line yang dengan huruf ke line kereta luar kota seperti Gyeongnchun line.

Untuk memudahkan bepergian dari satu stasiun ke stasiun lain, kamu harus punya peta subway Seoul.   Ada dua alternatif, yaitu membawa peta kemanapun kamu pergi, atau mengunduh aplikasi subway di Seoul.

Ketika pertama kali ke Seoul, saya belum tau ada aplikasi subway, jadi saya lihat peta dulu sebelum ke tempat tujuan. Misalnya saya dari stasiun Gyeongbokgung di line 3 berwarna orange mau ke stasiun Gangnam di line 2 berwarna hijau. Maka saya harus cari stasiun di line 3 berwarna orange yang jalurnya berpotongan dengan line 2 warna hijau dan terdekat dengan stasiun Gangnam di line 2. Ternyata yang terdekat adalah stasiun Seoul National University. Nah, saya harus ganti kereta di stasiun Seoul National University, kemudian ganti kereta ke line 2, menuju Gangnam.

Bagaimana paham? :)


Untuk ganti subway di line 3 ke line 2, biasanya kamu ganti tempat juga. Nah, perhatikan tanda-tanda di stasiun. Line 2 berwarna hijau, jadi perhatikan warna hijau, harus menunggu di mana. Di stasiun subway Seoul ini semua tanda-tanda line sangat terlihat jelas.

Cara ini bisa kamu gunakan bila ingin ke tempat lain di Seoul. 

Namun, sebenarnya ada cara mudah untuk keliling Seoul dengan subway, yaitu menggunakan aplikasi yang diunduh di ponsel pintar kamu. Aplikasi ini bisa dicari di App store atau ponsel Android. Ada bermacam-macam aplikasi subway Seoul ini, namun menurut saya aplikasi Seoul Subway yang saya unduh di bawah ini paling mudah. 




Ini adalah aplikasi Seoul Subway yang saya unduh. Selain subway Seoul, ternyata aplikasi ini juga memiliki aplikasi kereta bawah tanah negara lain, seperti Paris Metro, Berlin Subway dan juga New York Subway.


Bagaimana menggunakan aplikasi subway Seoul? Caranya mudah, kamu tinggal klik stasiun kamu sekarang dan kemudian akan keluar sistem pencarian. Kamu isi stasiun yang akan kamu tuju, kemudian search. Nanti akan keluar jalur mana saja yang harus kamu lewati dan berhennti di mana, serta kira-kira berapa jam waktu yang akan ditempuh.




Nah, keliatan jelaskan? kamu dari Ekspress Bus Terminal mau ke Myeongdong, harus melewati 3 stasiun, kemudian berganti subway di Chungmuro dan berpindah ke line 4. Untuk sampai Myeongdong kamu harus melewati 4 stasiun. 

Bagaimana dengan internet? Di Korea, terutama Seoul, umumnya di setiap subway ada wifi gratis. Enakan? hehehehe... :)

Saya selama di Korea hanya mengandalkan wifi gratis, sebab hampir setiap tempat ada. Terutama di subway dan tempat-tempat wisata. Selain itu juga di toko-toko. gak pakai password lagi :P hehehe

Balik ke subway, menurut saya wajib sih kamu download aplikasi ini, Sebab kalau mengandalkan peta manual, keliatan banget kalau kita wisatawan. Hehehe... :P. Kalau punya aplikasi subway, kamu dengan pedenya naik subway keliling Seoul. Oh ya, jangan salah loh, orang Seoul sendiri umumnya menggunakan aplikasi subway ini sebagai panduan mereka. 

Kalau ingin aplikasi yang ada jam keberangkatan dan tiba di stasiun, kamu bisa unduh yang ini. Caranya juga gak jauh beda dengan aplikasi subway Seoul. 


Subway atau kereta bawah tanah, semuanya sama, ada di bawah tanah. Jadi untuk menembus sampai bawah gak semua stasiun menyediakan tangga jalan alias eskalator atau lift. Lift umumnya ada untuk warga yang berkebutuhan khusus atau menggunakan kursi roda. Karena harus naik dan turun tangga serta jalan kaki lumayan jauh untuk pindah dari satu line ke line lain, saya sarankan kamu menggunakan sepatu atau sendal yang nyaman.




Orang Korea umumnya jarang menggunakan sepatu hak tinggi di subway. Mereka biasanya menggunakan sepatu kets. Mungkin hanya sebagian orang-orang kantoran saja yang menggunakan hak tinggi. 



Pada jam tertentu, biasanya di luar jam kantor, subway kosong. Hehehe.. sama juga kaya di commuter line di Jakarta. Tapi semua orang umumnya diam dan memainkan ponsel mereka sendiri. :P



Enaknnya lagi, untuk kereta ke luar kota Seoul, kita bisa bawa sepeda. Bukan sepeda lipat seperti di Jakarta, tapi sepeda utuh yang besar itu. Mereka menyediakan khusus satu tempat untuk sepeda. Enak ya :)


Selama naik subway jangan khawatir lapar, di semua stasiun pasti ada toko yang menjual makanan. Mulai dari 7 evelen sampai toko-toko seperti foto di bawah ini. Toko ini menjual Kimbab murah seharga 1.000 won dan rasanya enaaaak banget. wah.. sayang sekali, gak lewat stasiun ini lagi.


Gimana? sudah siap menjelajah Seoul dan sekitarnya dengan subway?

Happy travelling ya

sarie :)



Posting Komentar