Arborek, tempat wajib untuk dikunjungi di Raja Ampat, Papua


Buat kamu yang suka menyelam atau snorkeling, dan mau ke Raja Ampat atau sudah pernah ke Raja Ampat dan mau balik lagi, kamu wajib datang ke Desa Arborek. Kenapa desa Arborek dan bukan Wayag atau Painemo, sebagai ikonnya raja Ampat? Yup karena under waternya Arborek ini luar biasa.


Beberapa tulisan saya soal traveling ke Raja Ampat sebenarnya pernah bahas soal Arborek, tapi di tulisan kali ini saya akan kasih gambaran lebih banyak betapa indahnya underwater di bawah dermaga Arborek.

Desa Arborek ini berada di pertengahan jalan menuju ke Pianemo. Biasanya kalau kamu mau liat spot ikan pari kamu akan mampir di desa Arborek. Desa Arborek adalah salah satu desa wisata di kepulauan Raja Ampat. Di desa ini kamu bisa menginap dan bisa berkunjung ke rumah-rumah penduduk yang membuat kerajinan anyaman khas Raja Ampat.

Namun yang paling menarik dari desa Arborek adalah ribuan ikan yang ada di bawah dermaga desa Arborek. Ikan-ikan yang berkumpul ini atau biasa di sebut scholling fish keren banget. Scholling fish ini berkumpul tepat dibawah dermaga. Mereke berputar-putar dan mengelilingi kayu penyangga dermaga.






Scholling fish ini bisa kamu jumpai meskipun hanya snorkeling. Karena memang gak jauh dari permukaan air laut. Saya snorkeling dan coba free dive di sini, tapi kaget banget begitu melihat ikan banyaaaak banget. Tapi setelah agak menjauh dan melihat mereka bergerak di bawah demaga... waah... amazing banget.



Bahkan kalau kamu beruntung, bisa bertemu dengan lion fish. Lion fish ini berenang diantara rombongan ikan-ikan ini. Karena jaraknya terlalu dengan dengan ikan-ikan, sangat sulit bila mengambil foto saat scuba diving. Tabungnya yang besar bisa mengganggu kumpulan ikan ini. Makanya disarankan, untuk mendekat dan mengambil foto ikan ini dengan menyelam bebas.




Foto Lion fish ini yang mengambil bukan saya, tapi suami :). Dia lebih jago menyelam bebasnya dibandingkan saya. heheheh :P

Beruntungnya, saat menyelam sempat ambil foto diantara kumpulang scholling fish.






 Untuk snorkeling atau diving di sekitar dermaga Arborek ini kamu mesti waspada, sebab arusnya kencang banget. Harus siap-siap melipir ke daratan kalau kamu terbawa arus. Dan saat di bawah dermaga, jangan pegang kayu penyangga dermaga, karena banyak karang api di sana. Perih banget kalau kena.. hehehe

Jadi tetap hati-hati sambil menikmati indahnya scholling fish di dermaga Arborek.

Happy Travelling

sarie :)


Posting Komentar