Musim gugur, saat terbaik berkunjung ke Korea


Musim gugur menurut saya adalah musim yang terbaik untuk berkunjung ke Korea Selatan. Saat pohon maple mengeluarkan daun berwarna merah dan kuning, nuansa Korea Selatan jadi berbeda. Semua kota dan tempat wisata terlihat cantik dengan daun warna-warni. Pohon-pohon di jalan berwarna-warni.



Musim semi saat sakura berbunga juga bagus, namun katanya, sakura di Korea hanya bertahan 2 minggu dan tak sebanyak di Jepang. Jepang adalah gudangnya bunga sakura. 

Akhir November (19-27) saya ke Korea Selatan. Saya sengaja ngincer saat musim gugur, walaupun dah hampir habis, buat berkunjung ke negeri gingseng ini. 

Korea Selatan hampir sama dengan Jepang. Negeri ini memiliki 4 musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. 

Musim gugur di Korea mulai bulan September hingga akhir November 2016. Namun pohon maple ini biasanya berwarna kemerahan di bulan Oktober pertengahan hingga November awal. Meskipun di akhir November masih ada, sebagian sudah rontok karena menjelang musim dingin.



Kecantikan musim gugur sudah bisa saya rasakan sejak dalam perjalanan di kereta dari bandara Incheon menuju Seoul. Sepanjang jalan, pohon-pohon berubah warna menjadi merah dan kuning. Namun sebagian pohon sudah tak berdaun . Awalnya sedikit sedih. Wah telat ya dapat musim gugurnya... tapi ketika menuju guest house di daerah Hongdae, saya melewati jajaran pohon maple berwarna merah dan kuning. Aaaahhh.. senangnya. Langsung deh foto-foto. Padahal itu hanya di jalanan perumahan biasa. Hehehehe  *noraknya keluar :p

Sejumlah tempat wisata di Seoul juga berubah jadi cantik, misalnya istana Deoksugung. Sejak awal masuk ke halaman istana hingga kebelakang,  pohon pohon maple ini sangat cantik. Di bagian belakang istana ada seperti hutan kecil yang berisi pohon maple. 




Wah.. langsung keluar hape dan kamera buat jeprat jepret. hehehehe...

Tempat lain di Seoul yang gak kalah keren saat musim gugur adalah Namsan tower alias N seoul tower. Tower atau menara telekomunikasi milik pemerintah Korea ini ada diatas bukit, yang warnanya berubah merah dan kuning saat musim gugur. Kebayangkan cantiknya? hehehhe. Dan masih banyak tempat lain di Seoul yang indah saat musim gugur. 




Bila ingin mendapat pemandangan yang terbaik di Korea Selatan saat musim gugur, pergilah ke gunung Naejangsan, alias 3 jam lebih perjalanan dari Seoul. Sepanjang jalan menuju gunung ini dipenuhi pohon maple yang berwarna merah dan kuning. Cantik banget deh.

Waktu terbaik ke gunung Naejangsan adalah tanggal 1 hingga 5 november. Saat tanggal-tanggal ini Naejangsang dipenuhi wisatawan, bukan hanya dari luar negeri. Wisatawan asal Korea juga banyak datang ke Naejangsan. Maklum, hampir semua orang di negara ini suka banget hiking alias mendaki gunung. Tujuan mereka satu, ingin melihat keindahan pohon maple di gunung Naejangsan. 

Bila mampir ke Taman nasional Najangsan, jangan lupa kunjungi kuil-kuil disekitar gunung ini dan datangi juga Taman pohon maple dekat danau sebelum masuk ke Naejangsan. Dijamin gak mau pulang. hehehe...




Bila gak ingin jauh-jauh dari Seoul saat musim gugur, kamu bisa mendatangi hutan-hutan kecil atau taman kota di sekitaran kota Seoul. Taman-taman dan hutan juga terlihat cantik. Salah satunya adalah Seoul Forest atau di tepi sungai Han alias Hangang.    

Tapi, saat musim gugur, cuaca di Korea Selatan sedang dingin. Untuk bulan Oktober hingga awal November, munkin suhunya bisa sekitar 10-15 derajat celcius. Jadi jangan  lupa bawa jaket dingin ya. Nah kalau di akhir November, ketika saya datang, suhu udara sedang drop, yaitu dibawah 5 derajat celcius. Bahkan saat pagi hari, jam 8 suhu udara sempat minus 6 derajat. Brrr... dingin banget kan...

Di tengah cuaca yang sangat dingin ini, aktivitas di luar ruangan juga jadi berkurang. Akibatnya, baru keluar jam 9 pagi. Yaah.. soalnya matahari baru terbit jam 7.30. hehehehe... Jam 5 sore matahari sudah terbenam. Siang jadi lebih sempit. hehehehe.... makanya, wisata saat udara mulai dingin jadi gak maksimal. Gak apalah , yang penting hati puas. hehehehe




Kalau musim panas gimana? Biasanya saat musim panas udaranya sangat panas dan sering turun hujan. Sementara saat musim dingin, suhu udara di Korea bisa drop hingga minus 15 (ini pengalaman teman). Wah... di tengah cuaca dingin, tentu lebih enak leyeh-leyeh dalam ruangan kan? hehehehe... Mungkin sekali-kali keluar melihat salju dan main ski. Ini kelebihannya.. hehehe

Tapi, kapanpun kamu jalan-jalan ke suatu tempat, pasti hal terbaik akan kamu dapatkan. :)

Happy travelling :)

sarie :)



Posting Komentar