Menyelam di pulau lembongan bersama ubur-ubur


Pulau Nusa Lembongan gak jauh dari Pulau Nusa Penida. Sehingga untuk snorkeling atau menyelam di Pulau Lembongan cukup naik kapal beberapa menit saja dari Nusa Penida. Biasanya snorkeling atau menyelam yang bagus di Nusa Lembongan adalah dekat hutan bakau. Uniknya, di perairan dekat hutan bakau ini banyak sekali ubur-ubur. Ubur-ubur ini juga tak menyengat....




lokasi snorkeling dan menyelam di nusa lembongan

Nah, ini adalah spot menyelam di Nusa Lembongan, Bali selatan. Pulau yang terlihat, sebagian adalah pulau Lembongan. Sementara yang paling jauh adalah pulau Nusa Penida. Nah.. dekat kan pulaunya?

Snorkeling atau menyelam di dekat hutan bakau Nusa Lembongan ini arusnya tak sekencang di Nusa Penida. Airnya pun lebih hangat dibanding di Gamat bay, Crystal bay, atau tempat lain di Nusa Penida. Jadi bisa menyelam bisa lebih lama dan menikmati keindahan bawah lautnya.

Laut di Nusa Lembongan ini airnya cukup jernih. Visibility atau jarak pandang di bawah air juga bagus. Ikan-ikan dan terumbu karang di sini bisa terlihat jelas.

Kebanayakan, Nusa lembongan memiliki terumbu karang yang masih sehat, baik hard coral maupun soft coral. Namun, kebanyakan di sini adalah hard coral.

hard coral yang terlihat sehat. senangnya... 

masih hard coral

Ketika asyik snorkeling dan menyelam, saya dikejutkan dengan kehadiran ubur-ubur yang cukup banyak. Mereka berenang mengikuti arus dan melewati badan saya. Dan anehnya ubur - ubur ini ternyata tak menyengat. Atau daya sengatnya sangat lemah....

Jadi berenang, snorkeling atau menyelam di Nusa Lembongan ini aman, dan jangan takut tersengat ubur-ubur. :)

ubur-ubur di nusa lembongan

Ubur-ubur ini ternyata juga jadi santapan ikan-ikan yang ada di sini. Setelah saya amati, ternyata ubur-ubur yang rusak atau sudah mati dimakan ikan-ikan ini. Mungkin rasanya enak ya...

ikan yang makan ubu-ubur

ubur-ubur siap di santap 

Bila mendekat ke arah hutan bakau, kita akan menemukan banyak nudibranch. Hewan laut kecil dengan warna-warna yang indah. Untuk menemukan hewan ini butuh kejelian mata , karena bentuknya yang kecil terkadang luput dari pandangan. :)

table coral dan soft coral

soft coral, sejenis rumput? 

Bagaimana, tertarik untuk menyelam di Nusa Lembongan?
salam,
sarie :)


Posting Komentar