Sebelum ke Korea, yuk cobain makanannya


Travelling ke Korea Selatan saat ini jadi trend baru sebagian orang Indonesia. Booming mengunjungi Seoul dan tempat wisata Korea ini jadi incaran semenjak drama dan film Korea di Indonesia meledak meletup. hehehehe. Nah, sebelum berkunjung ke Korea Selatan, ada baiknya kamu tau ada makanan apa di sana? Suka gak ya sama makananya? Kalau kamu gak suka, maka harus siap -siap bawa lauk pauk sendiri atau bawa mie instan. hehehe


Kalau kamu suka nonton drama atau film Korea, atau reality show nya, kamu pasti tau deh makanan-makanan Korea yang bikin ngiler. Namun salah satu ciri khasnya, setiap makan pasti ada kimchi. Kimchi adalah sayuran yang difermentasi atau diawetkan. Bebarapa sayuran yang bisa dibuat kimchi seperti sawi putih, kucai, touge dll. Namun yang paling umum sayuran yang dibuat kimchi adalah sawi putih.

Sawi putih ini dicampur garam supaya awet, kemudian di cuci dan diberi bumbu seperti pasta. Campuran bumbu nya antara lain bawang putih, pasta cabai dan kecap asin. Kemudian kimchi ini didiamkan beberapa hari. Setelah jadi, tinggal dihidangkan. Biasanya orang Korea bikin kimchi banyak. Kalau gak habis ditaruh kulkas. Jadi tinggal diambil kalau mau dimakan.


kalau kimchi saya dah pernah nyobain. Di restoran Korea yang otentik dengan hidangan asli Korea, kimchinya biasanya enak. Asam dan pedasnya pas. Asamnya juga hasil fermentasi, bukan tambahan cuka atau air asam. Sebab ada beberapa kimchi yang dijual rasa asamnya sangat mendominasi, sampai gak bisa dimakan. Biasanya asamnya ini hasil penambahan zat tertentu, dan bukan hasil fermentasi.

Selain kimchi sawi putih, ada juga kimchi kucai dan tauge. Kimchi ini biasanya rasanya lebih tajam dan terasa fermentasinya. Trus juga rasa asam nya lebih terasa. Seger sih.. tapi gak terlalu suka bau fermentasinya. Hehehehe




Selain kimchi, yang juga populer adalah makanan kaki lima, diantaranya kue beras alias teokbokki. Kue ini memang terbuat dari beras. Bentuknya ada 2, lonjong dan gepeng. Kue beras ini aslinya dibuat panjaang, nah kalau mau dimakan dipotong-potong. Kemudian disiram dengan sausnya yang pedas. Kalau resto atau rumah makan di Indonesia, saus teokbokki ini gak sepedas di Korea. Selain itu sudah umumnya sudah di modifikasi, kayak ditambahin keju mozarella. Nyam.. nyam.. nyam.. tambah enaaak... 




Kalau liat drama atau film korea, lalu ada yang makan ini.. duuh kayaknya enak banget ya. Nah, makanan pinggir jalan ini layak buat kamu coba kalau berkunjung ke sana. :)

Bukan cuma itu, kamu juga bisa jumpai salad dan gorengan ala korea. Kalau salad yang saya makan di resto korea ini bener-bener enak. Sayuran mentah, seperti selada, kol merah, tomat ceri, ditambah kacang almod, disiram dengan sausnya. Nah sausnya ini enak banget, kayaknya sih dari biji wijin yang dihancurkan. 




Orang Korea ternyata juga suka gorengan kaya orang Indonesia. Salah satu yang populer adalah pancake atau pajeon daun bawang.  Pancake sayuran ini merupakan pelengkap makan besar di Korea. Seperti nasi, salah satunya pakai pancake ini.

Dan.. pancake ini enak.. apalagi kalau masih hangat. Luarnya tuh garing dan kenyal, dalamnya agak moisy karena ada sayurannya.


Ke Korea gak lengkap tanpa makan barbeque daging sapi. Kalau di Korea aslinya sih, kebanyakan daging babi, namun mereka sediakan daging sapi juga. Untuk barbeque daging sapi ini tentu saja harganya lebih mahal. Tapi bener-bener enak loh.



Daging sapi yang diiris tipis (yang enak yang ada lemaknya) dipanggang ditempat panggangan khusus. Kalau resto di Indonesia, panggangan nya umumnya langsung dibawa dari Korea. Makan daging ini dengan sayuran mentah seperti daun selada. Daun selada dilebarin, ditaruh daging, kimchi, cabai hijau dan bawang putih. Bungkus.. lalu makan... hap. Nyam... nyam.. enaknya.... duh sampai ngiler nih. hehehehe





Biasanya di resto ini panggangan sudah disiapkan di setiap meja. Staf di resto akan membantu anda memanggang daging. Atau bisa juga manggang sendiri. :)



Yang terakhir adalah sup atau mie. Makanan ini juga populer di Korea. Selain mie panas yang cocok untuk musim dingin, mereka juga sediakan mie dingin. Mie dingin yang benar-benar dingin dan ditaruh es ini cocok untuk dimakan musim panas yang terik.



Nah... gimana? sudah taukan sebagian makanan Korea. Jadi kalau mau jalan-jalan ke Korea tinggal catet, apa aja yang mau dimakan... hehehe

happy travelling

sari
Posting Komentar