Uniknya Pulau Pasir Taka Makassar, Flores

Salah satu tempat yang unik di Flores dan masih masuk dalam Taman Nasional Komodo adalah pulau pasir. Pasir yang timbul dan membentuk pulau ini namanya Taka Makassar. Nah loh.. kirain di Makassar, ternyata di Flores.

Pulau-pulau pasir di Indonesia ini sebenarnya banyak. Hampir setiap daerah yang terdiri dari kepulauan memiliki pulau pasir. Misalnya di Kepulauan Karimun Jawa, di utara kota Semarang. Lalu pulau pasir di Raja Ampat, Papua Barat. Pulau pasir juga ada di Ternate dekat Jailolo, tapi saya lupa namanya.

Nah, yang ini di Flores namanya Taka Makassar. Pulau pasir yang letaknya persis di sebelah pulau komodo ini terbilang unik. Sebab bukan hanya satau, tapi ada dua pulau pasir yang menonjol ke daratan.

Pulau pasir ini sebagian kecil sudah ada tanamannya, seperti rumput dan ilalang.



Laut di sekitar pulau pasir ini sangat jernih dan bening, seperti kolam renang. Karena pulau ini memang dibentuk dari pasir yang berkumpul dan membentuk daratan. Sehingga di sekitar pulau dikeliling pasir. Warna air lautnya juga sangat menggoda, hijau tosca cerah. Artinya air lautnya tak begitu dalam. 

Para pengunjung yang datang ke pulau ini biasanya menikmati kejernihan air laut nya dengan berenang. Wah... segar deh, apalagi siang-siang yang panas. Tapi jangan lupa pakai cream pelindung matahari, kalau gak, keluar air laut kulit langsung gosong. hehehe :P

Snorkeling di sekitar pasir timbul ini memang kebanyakan hanya melihat pasir, sedikit karang dan yang paling banyak adalah bintang laut. Bintang laut yang saya temui di sini lebih dari 10. Bila kamu beruntung, kamu bisa melihat penyu yang berenang di sekitar pasir timbul ini. 


Berenang atau snorkeling di sekitar pulau ini juga aman kok, sebab arusnya gak kencang dan gak dalam. Bahkan Penyelenggara kursus diving, banyak menggunakan lokasi ini untuk belajar menyelam dan memasang alat serta belajar keseimbangan. 



Karena kejernihan air laut di sekitar pulau pasir ini, kapal-kapal yang membawa para pelancong terlihat seperti melayang di atas air. 



Pulau pasir Taka Makassar sudah terkenal dan banyak menjadi destinasi para wisatawan mancanegara. Mereka biasanya datang dengan kapal-kapal pesiar besar yang diparkir di tengah lautan. Lalu para wisatawan ini datang ke pulau pasir menggunakan perahu karet bermesin atau menggunakan kapal yang lebih kecil



Kapal besar, dilarang untuk mendekat ke pulau pasir, karena di sekitar pulau pasir ini banyak terumbu karang. Bila kapal telalu dekat, bukan hanya akan merusak terumbu karang, tapi juga bisa merusak mesin kapal karena mengenai terumbu karang yang keras.

Sehingga di sekitar pulau pasir Taka Makassar ini juga banyak kapal-kapal kecil yang disewakan untuk membawa penumpang dari kapal di tengah laut ke pulau pasir. Waktu saya  ke sana, mereka meminta 20 ribu rupiah perorang. Wah lumayan juga ya. hehehe...

Saya sendiri memilih snorkeling dan berenang saja ke pulau pasir, sebab terumbu karangnya sangat cantik. Bahkan bisa ketemu hiu di sini. Wahh.... Nah cerita ketemu hiu saya sambung ditulisan berikutnya ya.. :)

happy travelling

sari :)


Posting Komentar