Batu Bolong, Spot diving kelas dunia


Menyelam bebas kali ini di spot batu bolong, Flores, dekat dengan Taman Nasional Komodo. Kenapa dinamakan batu bolong? Yap.. karena yang menandakan spot ini adalah batu yang bentuknya bolong. Hehehehe.. bener juga sih.

Batu bolong ini tak begitu jauh dari Labuan Bajo, sehingga bisa disinggahi kapan saja. Namun menyelam yang enak di sini ketika sinar matahari masuk ke dalam laut. Sehingga ada efek sinar di dalamnya. :)


Spot menyelam batu bolong ini mirip banget sama mike's point di Raja Ampat. Dari atas kelihatan daratan kecil yang menonjol diantara lautan yang luas. Di bawah daratan kecil atau batu yang menonjol ini ada wall atau dinding dan slope atau lereng yang miring. Di dinding-dinding dan slope  inilah banyak terumbu karang dan binatang laut lainnya. Ikannya pun banyak sekali. Saya bertemu dengan scholing fish di sini. Banyak sekali dan bergerak melewati spot ini. Jadi gak aneh bila batu atau daratan kecil yang menjorok ke atas ini banyak di huni oleh burung camar. Karena di spot banyak ikan sehingga mengundang burung untuk datang.


batu bolong, komodo


schooling fish


Bila melihat dari atas, gelombang di sekitar batu bolong ini kelihatannya sangat kencang. Padahal di dalamnya arusnya gak sekencang di atas laut. Lokasi batu bolong ini sebenarnya untuk diving. Karena untuk snorkeling terkadang arusnya kencang. Namun saya dan suami mencoba menyelam bebas di sini. Dan hasilnya ... wah keren deh.

Banyak hewan laut dan terumbu karang yang bisa ditemukan di sini. Mulai dari ikan karang, parrot fish, nemo dan anemonnya, bahkan penyu juga terkadang mampir ke spot ini.

Terumbu karang dan spons juga banyak dan sehat-sehat.

peta batu bolong


Nah.. Ini adalah peta diving di batu bolong, Komodo. Kedalamannya mulai dari 5 meteran hingga 40 meter yang terdalam. Namun yang biasanya di pakai untuk scuba diving atau menyelam bebas kedalaman antara 5 hingga 25 meter. Di areal wall dan slope banyak terumbu karang beraneka warna dan sangat sehat. Menurut saya, spot menyelam di sini sudah kayak dibilang spot menyelam kelas dunia. Indahnya itu loh....


terumbu karang di batu bolong


scuba diving di batu bolong

ikannya banyaak...
Nah.. gimana, tertarik gak buat menyelam di batu bolong? hehehe

salam, 
sarie :)


saya mencoba menyelam bebas di batu bolong


Posting Komentar