Jelajah Pulau Komodo, Pilih Life on Boat atau sewa perahu?


Untuk menjelajah pulau Komodo dan pulau-pulau lain di perairan Flores ini, ada beberapa cara. Kamu bisa menyewa kapal atau ikutan life on boat alias keliling pulau dan sekaligus menginap di kapal untuk beberapa hari. Biasanya sih, untuk life on boat lamanya 3 hari 2 malam. 

Dua pilihan perjalanan ini sama-sama seru. Karena memang pulau-pulau di sekitar taman nasional Komodo ini keren banget. Nah biayanya berapa? 


Pulau-pulau di perairan Flores ini sangat banyak dan indah-indah. Namun ada beberapa pulau yang memang biasa di jelajahi para pelancong. Oh ya, menjelajah pulau di sekitar Taman Nasional Komodo ini gak boleh sembarang. Kamu butuh guide yang akan mengantar, apakah boleh turun di pulau tersebut atau tidak. Karena Komodo yang berada di pulau Rinca dan pulau Komodo sering berpindah-pindah dengan cara berenang. Komodo ini bisa saja tiba-tiba menyerang manusia. Untuk itu, wajib banget membawa guide atau minimal pak tukang perahu yang sudah tau kondisi medan. 

Pulau yang paling banyak dikunjungi di sekitar Taman Nasional Komodo diantaranya adalah pulau Komodo tentu saja, Pulau Rinca, Pulau Gili Laba, Pantai Pink, Pulau Padar, Pulau Kelor, Pulau Kanawa, Pulau Suku bajo dan masih banyak lagi. 

kapal kayu life on boat berlatar belakang pulau padar


Nah saking banyaknya pulau yang mau dikunjungi, biasanya wisatawan memilih life on boat. Selain lebih hemat biaya, hemat waktu pula untuk menjelajah pulau. Apalagi pulau-pulau ini tak semuanya dekat dengan Labuan Bajo, kota pelabuhan terdekat untuk menjelajah pulau-pulau ini.

Apa sih life on boat? life on boat adalah kita menjelajah pulau-pulau selama beberapa hari dan tidur di kapal. Semua dilakukan di kapal termasuk mandi, masak dan makan dll. Termasuk bisa menimati indahnya matahari terbenam dan senja di atas kapal. Namun tidurnya agak sedikit terganggu bila ada ombak :)

Untuk menjelajah pulau-pulau di perairan Flores ini umumnya membutuhkan waktu 3 hari. Biayanya berbeda-beda, tergantung berapa banyak rombongan dan fasilitas apa yang di dapat. Kapal untuk life on boat ini biasanya sudah dilengkapi dengan kamar tidur dan kamar mandi. Namun kamarnya terbatas, sehingga satu kamar bisa untuk beberapa orang. Ini untuk kelas ekonomi.

Bila ingin nyaman selama life on boat, kamu bisa pilih kapal yang besar dan bagus, namun tentu saja biayanya bisa lebih mahal. heheheheh :P

Biaya life on boat selama 3 hari 2 malam di pulau Komodo ini  mulai 1,8 jutaan rupiah hingga 3 setengah jutaan rupiah, bahkan bisa lebih dari itu apabila pakai kapal pesiar. fasilitasnya diantaranya kamar ber-AC, kamar sendiri, serta fasilitas kelas satu lainnya. Bila kapal kayu biasa, satu kapal muatannya bisa mencapai 9-10 orang tentu saja biaya sharing nya lebih murah, sekitar satu koma 8 jutaan rupiah. Namun bila satu kapal isinya lebih sedikit biayanya bisa lebih besar. 

Di mana kita bisa ikutan life on boat? pemesanan bisa melalui online. Saat ini banyak sekali biro perjalanan menawarkan wisata-wisata life on boat menjelajah pulau Komodo. Nah, kalau gak sempat pesan di online, bisa juga datang langsung ke Pelabuhan Labuan Bajo. Di sana banyak kapal-kapal yang menawarkan life on boat. Namun karena kita sharing juga dengan yang lain, maka teman seperjalanan ini baru kita kenal di atas kapal. Beda kalau kamu pergi rombongan dan sewa kapal untuk life on boat. :)

pelabuan Labuan Bajo




pelabuhan Labuan bajo


 Selain life on boat, kamu bisa sewa kapal kayu di pelabuhan Labuan bajo untuk harian. Satu hari dengan rute terjauh yaitu ke pulau Rinca, pulau Komodo , pulau Padar, pantai pink dan melihat sunset di pulau Kanawa biayanya satu kapal sekitar 2 juta rupiah. Namun makan dan minum air mineral kita bawa dari Labuan Bajo.

Kapalnya ini cukup besar, bisa untuk 10 orang termasuk kru kapal. Bahkan bisa tidur-tiduran. Pemilik kapal menyediakan air panas, gula dan kopi. Kapal ini juga ada toiletnya loh. hehehe... lumayan lengkapkan...

Bila satu kapal disewa untuk 5 orang dan sharing cost, tentu saja biayanya jadi lebih murah. Apalagi kalau kru kapalnya asyik dan bisa diajak mancing. hehehe.. :)

Tapi memang ada biaya penginapan di Labuan Bajo yang harus ditanggung. Namun hotel atau penginapan kelas back packer di Labuan Bajo gak terlalu mahal. Malamnya bisa istirahat lebih nyaman di kamar.

Besoknya kita bisa sewa kapal lagi untuk rute berbeda. Bahkan kita bisa minta waktu lebih fleksibel. Misalnya lebih lama di pulau Rinca atau lebih lama di pantai Pink. Asyiik kan :)

kapal kayu yang kami sewa

Namun semua tergantung kamu, lebih suka memilih yang mana. Kalau saya , memilih sewa kapal perhari. Apalagi saya dan suami suka punya tujuan beda dengan orang kebanyakan. Kami lebih suka snorkeling berlama-lama dan mencari yang aneh-aneh. Jadi lebih leluasa untuk menentukan waktunya. Karena selama 3 hari kami pesan kapal yang sama, kami dapat diskon. Untuk rute pendek, kami hanya bayar setengahnya. Belum lagi bonus menikmati sunset di pulau-pulau yang cantik. :)

Nah, kamu pilih yang mana? life on boat atau sewa kapal  harian?

selamat berlibur :)

sarie






Posting Komentar