Sisi lain Borobudur


Candi Borobudur bukanlah tampat wisata yang asing bagi sebagian besar orang Indonesia. Yah.. situs bersejarah peninggalan kerajaan budha  ini adalah yang terbesar di dunia. Tak heran bila nama Borobudur pun sudah menyebar ke negara negara yang jauh dari Indonesia.

Saya yakin, kebanyakan orang Indonesia-pun sudah pernah mengunjungi candi ini. Bukan hanya sekali, mungkin sudah lebih dari dua kali. :)

Candi Borobudur berada di kota Magelang, Jawa Tengah. Tak sulit mencapai kesini. Dari Yogjakarta, kota terdekat mungkin hanya makan waktu sekitar 2 jam.

Tapi pernahkan mencoba melihat sisi lain candi Borobudur?






Melihat candi Borobudur dari kejauhan, dari atas bukit Setumbu atau bahasa jawanya Punthuk Setumbu seolah melihat sisi lain candi ini. Melihat keanggunan-nya di pagi hari yang masih diselimuti kabut tebal.

pemandangan dari bukit setumbu sebelum matahari terbit


Bukit Setumbu tidak terlalu jauh dari Borobudur. Bila ingin ke bukit ini, datanglah sebelum subuh sekitar setengah lima. Dari depan candi Borobudur biasanya banyak tukang ojek yang menawarkan jasa untuk mengantar ke bukit Setumbu. Ongkosnya sekitar 20 ribu rupiah.

Untuk naik ke bukit, kita harus bayar tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah. Menurut salah seorang guide disana, tiket masuk ini akan dikumpulkan dan dimasukkan sebagai kas desa penduduk sekitar. karena pengelola bukit ini adalah penduduk sekitar. Uangnya selain digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan desa, juga untuk membuat jalan ke atas bukit.

Untuk mencapai spot tertinggi di bukit ini tak terlalu lama menanjak, hanya sekitar 15 menit. Jalan-jalan ke arah puncak sudah ada penerangan. Sehingga tak terlalu gelap. Meski begitu, dibawah kita juga di tawari menggunakan senter. Setiap kelokan biasanya dijaga oleh penduduk desa agar pengunjung tidak tersesat.

Sampai di atas, segera cari spot terbaik. Menjelang fajar biasanya semakin banyak orang yang datang dan tempat ini akan dipenuhi pengunjung. Jadi siapa cepat dia dapat view bagus. hehehe...


matahari sudah muncul 
 dari atas bukit Setumbu, penampakan candi Borobudur sangat kecil. Jadi bila anda niat untuk mengambil foto, jangan lupa bawa tripod dan lensa panjang diatas 200 mm. dengan lensa ini, siluet candi Borobudur bisa lebih besar.



awan tipis diatas borobudur

Keindahan siluet candi Borobudur yang diselimuti kabut tipis ini tak bertahan lama. Setelah matahari tinggi, silut tak terlihat dan tertutup kabut tebal putih seperti awan. Jadi datanglah pagi-pagi dan jangan sampai terlambat.. :)


lokasi tempat melihat siluet borobudur di bukit sikunir. foto diambil dari gereja ayam.
Selamat hunting foto
sarie :)
Posting Komentar