Wisata ke Perkebunan Teh di Bandung, Jawa barat


Ingin wisata santai dan  menyegarkan?  cobalah mengunjungi kebun teh yang banyak terdapat di wilayah Jawa barat, khususnya kabupaten Bandung. Selain bisa menikmati udara segar di pagi hari, kita juga bisa menikmati teh hangat dari daun teh segar yang baru keluar dari pabrik.

Karena perkebunan teh ini tak jauh dari Jakarta, wisata ke kebun teh bisa dilakukan saat akhir pekan. Anda bisa memanjakan mata dengan ribuan pohon teh yang terlihat bak hamparan karpet hijau. Waah..... senangnya....





Waktu paling tepat untuk mengunjungi kebun teh adalah pagi hari. Saat itu, matahari belum sepenuhnya keluar dari peraduan dan kabut masih menyelimuti perkebunan. Udara dingin dan segar masih bisa kita rasakan, menembus pori-pori dan masuk ke dalam tubuh.

Oksigen yang kita hirup juga masih bersih. Ya  itung-itung mengganti oksigen dalam tubuh yang sudah terkontaminasi oleh timbal dari asap kendaraan di Jakarta. hehehehe...

Bila anda hobi motret, suasana pagi di kebun teh juga sangat direkomendasikan untuk menjadi objek wisata yang menarik. Matahari yang baru keluar, memberikan efek luar biasa. :)



Perkebunan teh terdapat di daerah pegunungan. Lokasi yang paling dekat dari Jakarta adalah puncak. Wisata kebun teh yang terkenal di wilayah puncak adalah Agrowisata Gunung Mas. Tempat ini gak jauh dari puncak pass.

Gunung Mas ini banyak di kunjungi saat akhir pekan. Sebab, selain melihat kebun teh, para pengunjung khususnya anak-anak bisa berwisata naik kuda, berenang atau ikut memetik teh. Agrowisata gunung mas juga menyediakan penginapan. Sehingga para pengunjung yang ingin berkeliling kebun teh di pagi hari, bisa lebih mudah.

Selain Puncak, Agrowisata kebun teh juga banyak terdapat di kabupaten Bandung. Baik di Bandung Utara maupun Selatan, seperti daerah Ciwidey dan Lembang.


Di Bandung selatan, ada beberapa kebun teh. Kebun Teh yang paling terkenal adalah Rancabali. Menuju Rancabali tidak sulit, jalannya searah bila ingin ke Ciwidey. Lokasinya sekitar 50 kilometer selatan kota Bandung dengan ketinggian sekitar 1.628 dpl. Udara di kebun teh ini sangat segar.

Biasanya, bila wisata ke kawasan Ciwidey, seperti situ patenggang, kawah putih atau Rancaupas, anda bisa langsung ke atas dan menuju perkebunan teh Rancabali. Perkebunan ini sangat menarik karena bertingkat-tingkat. Bila ingin menikmati teh segar, bisa berkunjung ke pabrik teh Rancabali.


Masih di Bandung Selatan, ada perkebunan teh yang cukup menarik, yaitu Perkebunan teh Malabar. Lokasinya dekat dengan rumah peninggalan KAR Bosscha dan makam Meneer Bosscha. Saat ini perkebunan teh Malabar di kelola oleh PTPN VIII. BUMN perkebunan ini juga mennyewakan wisma nya bagi wisatawan dengan harga terjangkau.


Pagi hari anda bisa jalan-jalan di sekitar perkebunan sambil menghirup udara segar. Bila anda mencari suasana tenang, jauh dari keramaian dengan udara segar, tempat ini bisa jadi alternatif untuk menginap.



Di Kabupaten Bandung ada beberapa kabun teh, diantaranya adalah perkebunan teh Patuha dan Sukawana. Perkebunan teh Patuha ini berada punggung Gunung Patuha , yang meletus pada abad 10 dan 12. Teh yang berasal dari perkebunan ini memiliki aroma yang berbeda, karena langsung di olah di sekitar Gunung Patuha.


Sedangkan perkebunan teh Sukawana berada di Lembang, Bandung utara. Perkebunan ini berlatar belakang Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Perahu. Udara pagi di sekitar perkebunan ini sangat segar dan malam hari anda bisa mencari susu sapi segar di kota Lembang. Asyik kan...

Selamat wisata :)

sarie :)












Posting Komentar