Pantai Tanjung Aan, Lombok NTB, pantai kelas dunia


Setelah empat hari menghabiskan waktu di Gili Trawangan untuk ambil SIM diving , hari terakhir saya dan suami menghabiskan waktu keliling pulau Lombok, sambil menunggu penerbangan malam.

Dari Senggigi kami mulai perjalan pagi-pagi sekitar jam 7. Salah satu tujuannya adalah Tanjung Aan, Lombok Selatan. Namun, sebelum ke Tanjung Aan, kami sempat mampir dibeberapa tempat, salah satunya Air terjun hiu Kalep di Lombok.

Namun, kali ini saya mau cerita indahnya pantai Tanjung Aan, di Lombok Selatan. Menurut saya pantai ini salah satu pantai terbaik di dunia.



Untuk menuju pantai Tanjung Aan gak sulit. Namun karena tidak ada kendaraan umum menuju ke sana, jadi harus sewa mobil dari Senggigi atau Mataram. Dari Bandara Internasional Lombok sebenarnya pantai ini gak terlalu jauh, sekitar setengah sampai satu jam. Namun dari Senggigi ke Tanjung Aan ini agak jauh, sekitar dua setengah jam. hehehe. lama yaa.. Jadi kalau mau lebih cepat, dari bandara Internasional Lombok langsung saja menuju Tanjung Aan ini.

Oh ya, sewa mobil di Lombok ini sehari sekitar 450 sampai 500 ribu rupiah. Kalau sewa motor sekitar 50 ribu rupiah.




Pantai Tanjung Aan ini terletak di sebuah tanjung, kalau di peta letaknya didalam celuk setengah lingkaran. Sehingga terlindung dari hempasan ombak besar. Karena pantai ini dikelilingi bukit-bukit besar yang indah.

Karena itulah, ombak di pantai ini gak terlalu besar dan cenderung tenang. Sehingga tergolong aman untuk berenang di pantai ini.




pantai tanjung aan

pantai tanjung aan

Pantai ini juga memiliki pasir putih yang sangat lembut. Namun bila diperhatikan, pasir di pantai ini ada dua jenis, yaitu pasir halus dan pasir sebesar biji merica. Saat ini, untuk masuk ke pantai Tanjung Aan masih gratis. Namun seiring berjalannya program pengembangan kawasan ekonomi khusus pariwisata oleh pemerintah, kawasan Lombok selatan adalah salah satu yang akan dikembangkan besar-besaran.

Pembangunan berbagai infrastruktur, seperti jalan dan hotel-hotel besar akan dimulai. Nah, kalau daerah ini sudah dikelola investor, siap-siap untuk membayar masuk ke wilayah ini. Atau justru pantai indah ini menjadi area private milik resort atau hotel tertentu.

Sebelum itu semua terjadi, yuk ah ke Tanjung Aan di Lombok Selatan...



Oh ya, hati-hati dengan penjual aneka sovenir. Kadang mereka memaksa para pendatang untuk membeli barang-barang mereka. Bila tak ingin membeli, gak usah lihat-lihat. Mereka biasanya akan mendesak terus dan mengikuti kemana pun kita pergi.. jiaah... hahahaha

semoga sekarang dah gak begitu lagi ya. hehehe



Selamat berlibur ya :)
sarie






















Posting Komentar