Mengenal sejarah Amerika Serikat di Washington DC



Mau mengenal sejarah berdirinya Amerika Serikat? datanglah ke Washington DC. Semua situs sejarah mengenai berdirinya negara ini ada di sini. Salah satunya yang terkenal adalah Lincoln memorial. Monumen nasional ini didirikan untuk menghormati presiden Amerika Serikat ke-16, Abaraham Lincoln. Namun, monumen ini juga menjadi saksi sejumlah peristiwa bersejarah dalam pergerakan hak-hak sipil di Amerika Serikat.




Inilah bangunan Lincoln memorial. Bangunan ini sangat besar dan dibangun bergaya Greek Doric Temple atau bergaya Yunani. Lihat saja pilar-pilar tinggi dan arsitek bangunannya. Serasa berada di masa kejayaan Romawi. :)

Dalam bangunan besar ini ada patung Abraham Lincoln yang sedang duduk. Situs bersejarah ini jadi incaran para turis untuk berfoto di depannya. Istilahnya, gak sah deh kalau ke Washington DC tanpa foto di depan patung Abe Lincoln ini. hehehehe


Di teras Lincoln memorial ada satu lantai dipahat khusus dengan tulisan 'I have a dream'. Tulisan ini untuk mengenang pejuang hak-hak sipil di Amerika serikat , Martin Luther King Jr. Ia membacakan pidatonya yang terkenal itu dihadapan 250 ribu orang pada peringatan 100 tahun Proklamasi Emansipasi di depan patung Lincoln. .

Monumen ini juga banyak di kunjungi turis. Sekitar 6 juta orang pertahun datang ke Lincoln memorial. Wah banyak ya..... turis asing yang datang ke Indonesia saja hanya 10 juta orang tahun 2015 lalu. Lincoln monumen ini buka dari hari senin sampai minggu, dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Pengunjung tidak perlu membayar, asal jaga kebersihan. :p

Dari depan gedung Lincoln memorial ini kita bisa melihat kolam pantul yang luas dan ujung kolam pantul ini adalah Washington monumen.

Kolam pantul ini dirancang oleh Henry Bacon. Pembangunan kolam ini setelah peresmian Lincoln memorial, yaitu tahun 1922 dan 1923. Panjang kolam ini sekitar 618 meter dengan lebar 51 meter. Besar kan?



Di ujung kolam pantul itu ada bangunan menyerupai monas, namun atasnya tak ada emasnya. Namanya Washington monumen. bangunan ini didirikan untuk mengenang presiden Amerika Serikat pertama yang sekaligus pemimpin tentara kontinental yang merebut kemerdekaan Amerika Serikat dari Inggris. Desain monumen ini adalah Robert Mills, arsitek terkenal pada tahun 1840.

Katanya sih, ide pembuatan monumen nasional di Jakarta datang dari Washington monumen ini.

Sekeliling kolam pantul ini juga ada situs sejarah lain yang menggambarkan perjalanan Amerika Serikat. Diantaranya ada Vietnam memorial, Korean memorial. Dua situs bersejarah ini khusus untuk menghormati pejuang-pejuang Amerika Serikat yang gugur saat perang Vietnam dan perang Korea.

Di Vietnam memorial ini ada dinding dari marmer yang diatasnya dipahat nama-nama korban perang Vietnam. Saat peringatan kemerdekaan Amerika Serikat 4 Juli, biasanya monumen ini dipenuhi bunga dan karangan bunga.


monumen perang vietnam




Untuk menuju ke Lincoln memorial ini saya menggunakan metro. Saya turun di Arlington dan lanjut dengan jalan kaki. Di Washington DC ini transportasi umum yang banyak digunakan adalah metro atau kereta api bawah tanah. Atau bila ingin lebih mudah, bisa ikut tur wisata keliling Washington DC.

selamat mencoba :)

sarie



Posting Komentar