Berkunjung ke patung Liberty, New York




“You could grow up in the city where history was made and still miss it all.” 
― Jonathan LethemThe Fortress of Solitude

Berkunjung ke New York tak lengkap rasanya bila tak berlayar ke pulau Liberty alias Liberty Island. Pulau tempat patung Liberty ini adalah bagian penting dari sejarah Amerika Serikat.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat ke New York adalah ke Liberty island. Pulau ini tak jauh dari kota New York. Di pulau ini kita bisa melihat patung Liberty yang jadi simbol kekebasan di Amerika Serikat.  Dulu pulau Liberty ini bernama Badloe's island. Namun diganti namanya dengan Liberty island setelah patung Liberty yang merupakan kado dari pemerintah Perancis di bangun.

patung liberty

Letak pulau Liberty ini tak jauh dari kota New York. Untuk berkunjung ke sini, anda bisa melalui pelabuhan Battery Park. Di lokasi ini ada loket yang menjual tur ke Liberty island dan Ellis island. Biayanya 18 dolar, kalau di kurs rupiah dengan patokan 14 ribu, ya harganya sekitar 250 ribu rupiah. Tur ini sudah meliputi naik kapal ferry ke pulau Liberty dan ke pulau Ellis, serta masuk ke musium patung Liberty.

Nah, pulau Ellis ini dekat dengan pulau Liberty. Dulu pulau Ellis dijadikan sebagai tempat pintu masuk jutaan imigran ke Amerika Serikat. Pulau ini menjadi pulau tersibuk pada periode 1892 hingga 1954. Tahun 1990, pemerintah Amerika Serikat menjadikan pulau Ellis ini bagian dari pulau Liberty. Disana juga ada musium yang terkait sejarah imigrasi di Amerika Serikat

Di bagian Selatan pulau Ellis ada rumah sakit khusus untuk para imigran yang sakit. Namun rumah sakit ini sudah ditutup.

dermaga kapal yang membawa ke Liberty island dan Ellis island
kapal tur ke Liberty island
Atau bila anda hanya tertarik untuk foto saja dengan latar belakang patung Liberty  dan tak berniat masuk ke pulau Liberty, anda bisa naik Water Taxi dari Brooklyn ke Manhattan. Water Taxi ini melewati patung Liberty dan anda bisa berpose dengan latar belakang patung ini.

water taxi dengan latar belakang kota New York

Untuk ikut tur ke patung Liberty ini anda harus reservasi sejak pagi, karena peminatnya sangat banyak. Bisa saja anda gak kebagian tempat lagi di ferry ini. Tur ini berlangsung dua kali dalam sehari, yaitu jam 9 pagi dan jam 3 sore.

Saya sendiri ikut yang jam 3 sore. Untung saja masih ada tiket. hehehe... Nah senangnya lagi ambil tur sore, kita bisa menikmati sunset dari kapal dan mengambil gambar patung Liberty dengan latar belakang senja. Meskipun ketika berangkat memang masih panas...

senja di kapal
kapal selalu penuh, bukan hanya turis asing tapi warga as juga banyak yang ke sini


sebelum keliling pulau, lihat peta dulu
latar belakang gedung pencakar langit
Dari pulau Liberty ini kita bisa melihat kota New York dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Di sekitar area patung ini juga ada teropong untuk melihat gedung-gedung ini dari dekat. Jangan lupa mengunjungi musium. Bila memungkinkan naiklah ke atas patung Liberty. Kita bisa melihat pemandangan kota New York dari atas. 

Oh ya, di pulau ini juga ada toko yang menjual oleh-oleh dan cenderamata patung Liberty. Meskipun memang harganya agak lebih mahal dibandingkan membeli di kota New York. 




Selamat berlibur :)

sarie:)













Posting Komentar