Belajar membuat susu Almond



Hujan yang mengguyur kota Jakarta dan sekitarnya sejak jumat malam tak kunjung berhenti hingga sabtu siang. Hujan artinya mager di rumah alias males buat ke mana-mana. hahahaha...  Akhirnya nyoba resep almond milk yang jumat kemarin dikasih sama temen sekantor, Memes. Apalagi almondnya juga dah beli. hehehe

Selama ini kalau pingin almond milk ya beli. Harganya cukup lumayan mahal, hehehe. Wajar sih, karena harga almondnya juga mahal.

Iseng-iseng cerita soal makanan sama temen kantor, berujung dikasih resep bikin almond milk. Kebetulan dia baru saja ikutan kursus bikin almond milk. Plus temen saya Memes ini berbaik hati mau dititipin beli almond organik. hehehe.. enaknya..

Nah, gimana cara bikin almond milk?

Pertama, cuci almond (saya pakai 250 gr) dengan air matang. Kalau dah bersih, direndam dengan air dan diamkan minimal 8 jam. (bisa juga masukin kulkas)

Sebenarnya almond ini dimakan mentah juga enak, hehehe.. apalagi dibuat susu atau dipanggang ya.. nyam nyam..



Setelah delapan jam di rendam dengan air, buang air rendaman. Kemudian dihaluskan, bisa pakai blender atau slow juicer.

Untuk almond sebanyak 250 gram, pakai air 750 ml. Resep aslinya sih campuran airnya 500 ml, tapi terlalu kental. Jadi bisa tambah lagi airnya.

Untuk menambahkan rasa manis, saya tambahkan madu sesuai selera. Namun bila mau ada rasa lain bisa tambah bubuk green tea atau coklat. yummy...



Setelah halus, kemudian diambil airnya. Kalau pakai blender, memang harus di saring ya. hehehe.. kerja ekstra. Tapi kalau pakai slow juicer, kita akan dapatkan ampasnya saja. :)


Karena saya pakai blender, yah harus disaring. hehehe....


Dapat deh susu almond alias almond milk. Menurut saya rasanya enak dan fresh banget. Apalagi kalau diminum dingin. mantab.

mau mencoba?

sarie:

NB: makasih banyak buat Memes yang dah bagi-bagi resep. Stay healthy ya....
Posting Komentar