Bagaimana sih ke Nusa Penida?



Nah.... sudah cerita panjang lebar soal indahnya Nusa Penida di Bali, tapi belum ngasih tau bagaimana cara ke Pulau ini. Sebenarnya gampang banget ke Pulau ini. Bali gak punya banyak pulau. Di selatan Bali ada pulau Nusa penida, pulau Lembongan dan  Pulau Ceningan. Disebelah barat Bali ada pulau Menjangan. Semua pulau-pulau ini bagus-bagus dan Indah.

Untuk ke Nusa Penida bisa lewat beberapa tempat, yaitu melalui Sanur, Penyebrangan Fery Padang Bai, atau lewat Tanjung Benoa juga bisa.

Bila posisi kita di Denpasar, Kuta atau Nusa Dua, sebenarnya yang enak untuk ke Nusa Pendina melalui Sanur. Lebih dekat dan tarif kapal cepat juga lebih murah.  Kalau dari penyebrangan fery di Padang Bai, selain jadwal kapal fery nya terbatas, juga jarak ke Padang bai lebih Jauh. Namun kapal fery ini bisa angkut kendaraan juga. Kalau kapal cepat hanya orang dan barang. Sementara dari Tanjung Benoa biasanya harus sewa kapal atau boat. Biayanya jadi lebih mahal.

Nusa Penida, foto diambil dari kapal cepat


Karena posisi saya dari Nusa Dua, saya dan suami putuskan naik kapal cepat dari Pantai Sanur. Sejak malam suami sudah wanti-wanti agar berangkat pagi, minimal jam 6 sudah naik taksi ke Sanur. Maklum, sejak datang ke Bali di hari Jumat, suami gak melakukan aktivitas apapun, hanya keliling hotel di Nusa Dua.

Tapi prakteknya, jam 7 kami baru naik taksi ke Sanur dan sampai Sanur sekitar jam 8 lewat. Oleh Supir taksi kami diantar ke salah satu toko yang menjual tiket penyebrangan ke Nusa Dua. Tapi kaget banget ketika ditawarkan tiket pp Sanur-Nusa Penida seharga 550 ribu rupiah satu orang. Walah... dikiranya kami konglomerat apa....  Padahal penampilan kami gak kaya orang kaya.. hahaha.


dermaga kapal cepat di Sanur menuju Nusa Penida dan Lembongan 



pinggir pantai Sanur yang menjual tiket kapal cepat, lebih murah di sepanjang jalan ini


Setau saya, hasil browsing di internet harga tiket hanya 75 ribu rupiah saja ke Nusa Penida. Kok ya mendadak mahal banget. Cepet-cepet saya tinggalkan toko itu dan menuju ke dermaga yang hanya mirip pantai saja dengan beberapa kapal cepat yang diparkir di tepian. Ternyata di sepanjang tepi pantai ini ada beberapa loket yang menjual tiket penyebrangan ke Nusa Penida atau Lembongan.


toko-toko yang menjual tiket kapal cepat. 

Tapi ternyata, hari sabtu adalah perayaan Saraswati, semua orang Bali mudik ke kampungnya untuk sembahyang. Termasuk ke Nusa Penida. Sehingga kapal cepat juga penuh semua. Saya berjalan dari ujung jalan sampai ujung lagi, semua loket menyatakan tiket habis ke Nusa Penida. Hanya tinggal tiket ke Lembongan.

loket tiket di pinggi pantai Sanur, mas-mas baju biru adalah petugas penjualnya

Akhirnya, memutuskan ubah haluan ke Nusa Lembongan, namun dasar rejeki anak sholeh, bapak penjual tiket ke Lembongan bilang untuk jam 9.30 masih ada tiket ke Nusa Penida. Saya di minta menunggu saja di depan loket. Langsung saya kembali ke loket penjualan tiket seadanya di tepi pantai Sanur. Benar saja, karena sabar, mereka masih jual tiket ke Nusa Penida, karena ada penumpang yang batal. Alhamdulillah.....

antri naik ke kapal cepat. kebanyakan penumpang warga asli Nusa Penida yang akan sembahyang di kampung halaman


Oh ya, hati-hati membeli tiket ke Nusa Penida atau Lembongan, jangan sampai dimahalin ya. Karena banyak oknum yang nakal di sini. Harga tiket menyebrang ke Nusa Penida atau Lembongan hanya 75 ribu rupiah saja.

Saat menunggu kapal cepat berangkat, pasangan bule asal spanyol (dari bahasanya-red) juga sempat kena tipu penjual tiket kapal cepat. Mereka kena harga 550 ribu untuk dua orang. Walaah... kasian...

Semoga aksi tipu-tipu kayak gini gak akan terjadi lagi ya.. tindakan kayak gini cuma bikin turis asing malas datang ke Indonesia.

pelabuhan kapal cepat di Nusa Penida

Warga asli Nusa Penida yang pulang kampung untuk sembahyang di perayaan saraswati


Nah untuk pulang, belinya langsung di Nusa Penida ya...

Tips beli tiket kapal penyebrangan :
1. Kapal cepat dari sanur ke Nusa Penida ataupun Nusa Lembongan beroperasi setiap hari. Jadwalnya dari jam 7 pagi hingga jam 10. Di jam itu ada beberapa keberangkatan. Penyebrangan terakhir jam 3 sore.  Untuk sebaliknya, Nusa penida atau Nusa lembongan ke Pulau Bali berlaku jadwal yang sama dan ada setiap hari.

2. Bila mampir ke Nusa lembongan, bisa sewa perahu dari Nusa Penida. Kedua pulau ini sangat dekat, jadi waktu yang ditempuh tak lama. 

3. Sebaiknya pesan dulu ke agen sehari sebelumnya, besok paginya tinggal datang dan dibayar. Begitu pula kalau mau pulang. Namun bila tak sempat pesan, langsung datang ke loket kapal cepat di sepanjang pantai sanur. (menghadap pantai)

4. Jangan tertipu dengan tiket mahal

5. sebaiknya beli di counter tiket resmi. Gak usah pakai calo

semoga bermanfaat
sarie :)




Posting Komentar