Wisata ke Bandung Selatan, kemana saja?




Bandung dan sekitarnya masih menjadi magnet bagi para wisatawan untuk berkunjung, khususnya wisatawan yang datang dari Jakarta. Lokasinya yang lumayan dekat dari Jakarta, yaitu hanya sekitar 2-3 jam naik kendaraan pribadi, sehingga bisa dilakukan saat weekend :)

Nah, bila bosan dengan kota Bandung yang macet, anda bisa mengunjungi Bandung selatan. Kota ini menawarkan berbagai alternatif wisata yang tak akan memubuat kita bosan. Udaranya yang dingin membuat tambah betah untuk berlama-lama di sini.
Mau ke Bandung selatan alias Ciwidey ini dari Jakarta keluar tol kopo, lalu belok kanan ke arah Soreang dan lurus terus ke arah Ciwidey. Saya sendiri pakai aplikasi buat penunjuk arah, sehingga gak terlalu sulit menemukan jalan-jalan alternatif. hehehe..

Oh ya, lalu lintas ke arah Ciwidey ini macet parah, terutama sekitaran kopo. Jadi bila berangkat lebih pagi, mungkin kemacetan gak separah bila matahari sudah tinggi. hehehe

Apa saja sih tempat wisata di Ciwidey dan sekitarnya?

1. Kawah Putih




Kawah putih adalah salah satu tempat wisata di Bandung selatan yang paling populer. Yah.. kawah putih ini sangat indah dan pemandangannya juga tak biasa. Kawah putih adalah tempat pertama yang akan di temui, setelah masuk ke Ciwidey. Saat weekend, pengunjung kawah putih ini sangat banyak. Untuk mencapai kawah putih, kita bisa naik ke atas sekitar 10 menit. Bila menggunakan kendaraan pribadi, mobil yang akan parkir ke atas harus membayar 150 ribu rupiah. Namun bagi yang tak bawa kendaraan, pengelola kawah putih ini menyediakan angkutan minibus terbuka untuk membawa penumpang. Penumpang harus bayar bila naik mobil ini.

Kawah putih ini adalah salah satu kawah hasil letusan gunung Patuha. kawah yang membentuk danau ini masih aktif dan tmengeluarkan bau belerang. Bau belerang tercium tajam saat sore hari atau hujan. Jadi lebih baik berhati-hati. Oh ya bila lupa bawa masker, di dekat parkiran atas ada juga yang jual masker.

Hati-hati bila membawa anak-anak. Sebab danah kawah ini dikelilingi oleh lumpur belerang yang lunak. Bila salah menginjak, bisa masuk ke dalam danau kawah.

2. Situ Patenggang





Tempat wisata yang tak kalah bagusnya adalah  Situ Patenggang. Danau ini terletak agak ke atas lagi dari kawah putih. Untuk ke Situ patenggang ini kita akan melewati kebun teh yang terbentang di kiri dan kanan jalan. Sangat indah dipandang mata. Situ Patenggang sangat sejuk, kita bisa menikmati danau ini dengan berkeliling naik perahu. Biaya sewa perahu sekitar 150 ribu. Perahu ini bisa untuk 5 hingga 7 orang. Oh ya, di tengah Situ Patenggang itu ada pulau kecil dan ada batu yang biasa di sebut batu cinta. Penasaran kan? hehehe

3. Perkebunan teh Rancabali




Nah, yang paling menyejukkan mata di Bandung selatan adalah kebun teh di kawasan Rancabali yang hijau, sejuk dan indah. Perkebunan teh ini adalah milik negara. Bekeliling perkebunan ini sangat menyenangkan. Bila ingin lebih tau mengenai proses pembuatan teh, anda bisa mengunungi pabrik teh di sini. Oh ya, di sini juga ada paket berkunjung ke pabrik teh. Tiket masuk sekitar 5 ribu rupiah. Bila ingin ditemani pemandu bayar lagi sekitar 30 ribu rupiah.

Di pabrik teh Walini ini, kita akan melihat proses pembuatan teh. Muliai dari pemisahan daun pengeringan hingga menjadi daun teh yang bisa kita konsumsi.




4. Wisata memetik stawberry

Bandung selatan terkenal dengan hawa sejuknya dan sangat bagus untuk bercocok tanam. Maka tak heran, bisa di sini banyak perkebunan strawberry. Mulai dari yang dibangun oleh warga sekitar, hingga yang dibangun sekaligus dengan tempat permainan.

Perkebunan ini juga meyediakan wisata memetik strawberry dan mengolah strawberry yang sudah di petik. Nah, strawberry yang sudah dipetik ini bisa kita beli.


5. Perkemahan Rancaupas

Ingin menikmati alam Bandung Selatan yang dingin dengan berkemah? anda harus ke Rancaupas. Perkemahan ini berada di kaki gunung Patuha dan dikelilingi oleh pohon-pohon pinus dan lainnya. Pagi hari, Rancaupas ini bisanya masih berkabut dan dingin sekali. Jadi bawa perlengkapan dan jaket tebal untuk melindungi diri dari hawa dingin.

6. Pemandian Air hangat

Di Bandung selatan ini ada 2 pemandian air panas, yaitu pemandian air panas Cimanggu dan pemandian air panas Walini. Pemandian air panas Cimanggu ini dekat kawah putih dan sudah dikelola dengan baik. Pengelolanya juga menyediakan tempat menginap.




Sementara pemandian air panas walini dekat dengan Situ Patenggang. Pemandian ini berasal dari panas bumi gunung Patuha. Di sini, kita bisa menikmati hangatnya air dari kolam renang.

7. Wisata oudoor untuk anak-anak

Nah, sepanjang jalan Ciwidey banyak penginapan atau tempat bermain outdoor yang ditawarkan untuk anak-anak. Mulai dari flying fox, kolam renang dengan berbagai wahananya hingga naik balon udara.

Nah, serukan wisata ke Bandung Selatan?
Selamat berlibur.

sarie :)


Posting Komentar