Pantai kucing di Parigi Moutong


Pantai yang satu ini memang unik, namanya pantai Kucing. Menurut penjaga resort di pantai ini, yaitu ibu Ati, konon sebelum resort berdiri,  pantai ini menjadi tempat pembuangan kucing. Nah, ketika resort sudah berdiri, pantai ini sering dikunjungi kucing karena makanan sisa tamu diberikan kepada kucing-kucing ini.

Tapi ketika saya berkunjung ke pantai ini, saya hanya menemui satu kucing kecil yang sedang asyik meringkuk di kursi makan. Tidak diketahui kemana kucing-kucing ini pergi..



Pantai kucing, tepatnya berada di desa Marantale, kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata di wilayah terdekat, seperti dari Parigi dan Palu.



 Sebelumnya pantai ini hanya sekedar pantai biasa dengan pasir putih. Namun sejak dibangun resort dan dive center, pantai kucing ini menjadi lebih banyak pengunjung. Baik masyarakat sekitar maupun pendatang dan turis yang ingin diving atau snorkeling di sekitar Parigi Moutong.

Pemilik resort ini membangun dermaga dengan jembatan panjang menjorok ke pantai. Jembatan ini sangat membantu bagi para pengunjung yang akan snorkeling di sekitar pantai ini. Dan.. dermaga panjang ini sangat cocok untuk foto-foto atau sekedar duduk-duduk menikmati udara pantai.


Dermaga kayu yang panjang dan menjorok ke pantai mengingatkan saya pada penginapan di pulau kadidiri, Togean. :)

Resort ini juga memiliki enam rumah panggung untuk disewakan. Rumah panggung ini terbuat dari kayu. Kamar tidurnya cukup luas dengan dua tempat tidur ukuran single. Kamar ini juga dilengkapi dengan kamar mandi di dalam. Masing-masing resort punya beranda yang cukup nyaman untuk duduk-duduk. Belum lagi fasilitas lain, seperti kursi-kursi kayu, toilet dan taman yang tertata rapi.

penampakan rumah panggung 



tempat makan


Selain untuk para tamu resort, pantai ini juga dibuka untuk umum. Para pengunjung harus membayar tiket 5 ribu rupiah satu orang. Namun bila resort ini sedang di booking atau disewa oleh rombongan besar, pantai ini akan ditutup sementara.

pengunjung ke pantai kucing

Biasanya pada akhir pekan  atau hari libur nasional pantai ini penuh oleh pengunjung yang berasal dari wilayah sekitar. Mereka datang bersama keluarga dan membawa makanan dari rumah. Dermaga kayu panjang akan dipenuhi oleh anak-anak dan orang dewasa yang sekedar duduk-duduk atau berenang di pantai menikmati air laut.


jembatan menuju pantai kucing



pantai kucing di pagi hari

Menuju pantai kucing tak sulit, dari Palu bisa sewa mobil ke pantai kucing ini. Biasanya biayanya sekitar 500 ribu rupiah. Untuk rombongan mungkin sewa mobil bisa lebih nyaman. Namun bila datang hanya berdua atau dalam rombongan kecil, bisa naik taksi (istilah untuk travel) dari terminal. Biayanya juga lebih murah, satu orang 50 ribu rupiah dan diantar sampai pantai ini. Perjalanan dari Palu ke pantai kucing sekitar 2 jam. Melalui pinggir pantai dan membelah bukit. Namun jangan khawatir, jalan trans sulawesi yang di lalui sekarang sudah mulus... Sejak presiden Jokowi datang ke sail tomini 2015, jalan trans sulawesi langsung diperbagus. Hampir tak ada rintangan lagi menuju ke Parigi.

Oh ya, Resort ini juga memiliki dive center. Ketika saya dan suami datang, dive center ini adalah satu-satunya di Parigi Moutong. Biasanya bila anda ingin snorkeling atau diving di parigi moutong memang harus melalui resort ini. Bila ingin menginap di resort ini biayanya 750 ribu rupiah permalam. Sudah termasuk sarapan pagi. Makan siang dan makan malam tak ditanggung. Biasanya pemilik penginapan bisa menyediakan makan siang dan makan malam dengan harga 30 ribu rupiah sekali makan.

selamat berlibur :)
sarie






Posting Komentar