Berpetualang rasa keliling dunia bersama chef Roger Mooking


Petualangan saya kali ini berbeda dengan petualangan biasa.  Saya menjelajah rasa dengan aneka makanan bersama chef selebriti asal Canada, Roger Mooking. Menyantap hidangan dari chef Roger ini serasa sedang menjelajah ke negara asal makanan ini.

Roger Mooking bukan hanya sekedar chef, ia juga seorang musisi rapper dan pembawa acara TV.
 Chef Roger juga memiliki acara di saluran tv berbayar, Asian Food Chanel alias AFC. Acaranya yang sedang tayang bernama Man Fire Food.





action in kitchen

Dalam kunjungannya ke Jakarta, chef Roger Mooking  memasak buat para pecinta makanan dan blogger food di Bluegrass Bar and Grill, Kuningan Jakarta Selatan. Dalam acara ini, ada lima hidangan yang akan membawa kita berkeliling dunia. Mulai dari China, India, Amerika, Timur tengah hingga ke negara tropis, seperti Indonesia.

Hidangan pertama atau hidangan pembuka adalah  telur bebek kukus dengan jamur goreng, minyak wijen dan hazor herbs atau Steamed duck egg. Telur bebek yang diasinkan kemudian di rebus alias telur asin adalah hidangan yang tak aneh di Indonesia. Tapi tahukan bahwa telur asin berasal dari China dan menjadi makanan tradisional yang sangat populer di sana.

steamed duck egg


Namun chef Roger tidak membuat hidangan ini dari telur asin meskipun masih menggunaka telur bebek. Dua butir telur bebek dipecahkan dan dimasukan dalam suatu tempat, kemudian di kukus. Diatasnya di taburi seperti biji wijen. Kemudian dihidangkan dengan jamur goreng dan razor herbs. razor hebs ini sejenis daun kecil-kecil yang rasanya enak dan baunya tajam. Menyantap hidangan ini bersama razor hebs tak membuat telur asin menjadi amis. Padahal telur asin yang di steam tak benar-benar matang.

Dari masakan  Cina yang sudah dimodifikasi, chef Roger membawa kita berpetualang ke India. Negara ini terkenal dengan rempah-rempahnya yang hampir mirip dengan Indonesia. Hidangan kedua yang khas India adalah kari ikan yang menggunakan santan kelapa. Ketika jalan-jalan ke Malaysia atau Singapura saya selalu menghindari kari India. Rasanya tajam, bau menyengat dan santannya terasa kental dan berat.

green coconut curry


Namun dalam hidangan kedua ini chef Roger mambuat kari yang berbeda. Rasa kari India tetap ada, namun lebih ringan dan santannya pun tidak sekental kari lain. Ikan putih yang dimasukan ke dalam kari membuat rasanya lebih seimbang. Rasa ikannya tuh bener-bener enak, asinnya pas sekali. Seandainya bisa tambah... hehehe

Masakan ketiga adalah salad. Kumpulan sayuran ini dimakan bersama daging kambing alias lamb bersama sayuran yang dimasukan ke dalam roti garing. Disusun seperti bentuk sandwich, sehingga tak seperti makan salad. Daging kambing yang dimakan seolah sedang menjelajah ke timur tengah. Ditambah saus yang mirip mayonise, berwarna putih dan manis. Saus ini sangat pas bila dimakan bersama sayuran dan daging kambing. Sayurannya diberi rempah-rempah, ada rasa bumbu dapur india, namun tipis dan diberi jahe.

salad


Daaan... makanan utamanya adalah  steak tenderloin ditaburi potongan udang, brokoli yang dipotong  kecil-kecil istilahnya broccoli dust, serta saus yang aduhaai... enak sekali. Nama kerennya Beef tenderloin with back bean shrimp and Broccoli dust. Rasa sausnya sekilas mirip dengan semur yang biasa dibuat di Indonesia. Bahannya diantaranya ada kecap manis, bawang putih dan bawang merah, air asam, venegar, air, gula dan garam. Nah hampir miripkan dengan masak semur? hehehe .


beef tenderloin with black bean shrimp and broccoli dust


demo masak beef tenderloin. Ini cara membuat broccoli dust


Namun ada bahan lain yang membuat rasanya meledak-ledak bercampur dagingnya yang meleleh di mulut. Yummi....

manggo lassi ice cream with honey rosewater, pistachio, indian puffed rice

Hidangan terakhir serasa menjelajah ke negri tropis seperti Indonesia, Thailand, Malaysia ... dan sebagainya. Hidangan penutupnya es krim mangga yang ditaburi kacang pistachio dan butiran beras mirip rengginang. hehehe.. memang mirip rengginang, bedanya regginang digabung jadi satu. nah, yang ditabur ini kerupuk beras satu satu butir. Dalam es krim ini juga di beri parutan kulit jeruk, sehingga rasa tropisnya tajam sekali. Enak dan segaar...

Namun, kalau saya yang buat, mangganya akan saya ganti dengan mangga gedong yang manis dan aromanya lebih tajam. Sehingga rasa es krimnya terasa manis, asam, renyam... kriuk-kriuk... tambah enak. hehehe....

menu malam ini


Secara keselurah, masakannya enak. Hanya saja menurut saya hidangan pembuka telur bebek kukus  terlalu berat. Sehingga ketika sampai ke hidangan utama perut sudah terasa full... sayang juga kalau steaknya tak dihabiskan.

Ternyata rasa dan masakan chef Roger ini sangat dipengaruhi oleh asal tempat tinggalnya di Trinidad. Masakan yang kaya rempah dan pedas. Tidak seperti chef dari negara barat yang pelit menggunakan cabai, chef Roger menggunakan cabai dan black paper pada masakannya. Meskipun untuk ukuran lidah Indonesia rasa pedasnya kurang terasa alias gak nendang. hehehe...

with Roger Mooking



Special thanks buat memez di rumahmemez.com yang dah ngajak ke acara ini :)

sarie :)















Posting Komentar