Di Ternate snorkeling di bawah Mesjid



"Haaaaah... snorkeling di bawah mesjid?"

Kaget juga sih waktu pertama denger bisa snorkeling di deket mesjid raya kota Ternate. Baru kali ini, bisa snorkeling di tengah kota, deket mesjid pula. Risih gak ya kalau snorkeling dekat mesjid?

Banyak pertanyaan silih berganti, sambil siap-siap buat snorkeling.

Akhirnya memuskan snorkeling bareng rombongan suami yang mau diving. Berangkat dari markas nasijaha, kemudian menuju mesjd raya Ternate. Jaraknya cukup dekat sekitar 10 menit.



Salah satu spot diving dan juga snorkeling di Ternate ini memang dari belakang mesjid raya. Lainnya di sebelah mall (namanya lupa) yang punya wall lumayan. Lautnya tergolong bersih, walau ada beberapa sampah plastik dari belakang mesjid. Namun gak banyak, hampir gak ada malah. Airnya pun dingin dan saat kesana di bulan desember arusnya galak, cukup deras.

mesjid raya Ternate

Saya hanya snorkeling mengelilingi sekitar daerah itu, dengan kedalaman 2 hingga 5 meter. Untuk di pinggiran, kebanyakan terumbu karangnya mati. Namun saat ini mulai tumbuh tunas tunas kecil. Semakin ke tengah terumbu karangnya semakin bagus. Banyak juga soft coral dan ada  anemon laut, rumahnya ikan badut alias nemo. Namun karena arusnya kencang, lautnya gak terlalu jernih. Jarak pandang juga agak terbatas, meksipun masih terlihat jelas.

ikan nemo





Bagi pecinta fotografi bawah laut makro, diving di sini salah satu surganya. Tapi untuk landscape kurang bagus. Beberapa hewan yang terlihat diantaranya nuddybranch kuning, lion fish, moray eel dan banyak ikan karang. Sore biasanya bisa menemukan mandarin fish.

Kebanyakan para diver yang mau ambil foto hewan-hewan ini, menyelam di malam hari. Tapi jangan lupa siapkan peralatan yang lengkap, seperti senter dan lighting kamera yang memadai.

ratusan ikan kecil di sekitar ternate
siapkan pencahayaan cukup untuk foto makro

Snorkeling atau diving dari belakang mesjid agung inipun lebih hemat biaya, karena gak perlu bayar perahu. hehehe...

teluk di pantai sulamadaha


Lokasi lain diving atau snorkeling di Ternate adalah di pantai Sulamadaha dan Talaganita. Untuk menuju pantai Sulamadaha ini, dari kota Ternate harus memutar ke belakang,  lama perjalanan sekitar satu jam. Pantai ini sebenarnnya sangat indah. Airnya juga jernih sekali. Tapi di hari libur pantai ini banyak dikunjungi wisatawan dari kota Ternate dan sekitarnya yang banyak berenang di sekitar mulut teluk. Sehingga terkesan kotor, karena banyak wisatawan yang membuang sampah sembarangan. Jadi bila ingin diving harus agak ke tengah. Namun hati-hati arus disini cukup kuat karena pertemuan laut dan teluk.

pantai sulamadahe
ban disewakan untuk berenang


Lokasi Talaganita gak jauh dari Sulamadaha, naik perahu atau boat sekitar 5 menit.

snorkeling, diving atau free dive? bebas.. semuanya menyenangkan :)

sarie

Baca juga : kepincut indahnya matahari terbit di Jailolo


Posting Komentar