Pho Hoa Beef Noodle ala Sarie


Libur akhir pekan di rumah adalah saatnya masak. Sabtu atau minggu pagi saya biasanya gowes ke pasar tradisional pasarminggu. Pasar ini lengkap, hampir semuanya ada. Minggu lalu, saya menemunkan tauge jepang, yang biasanya hanya di jual di pasar swalayan. Coba-coba beli tauge ini seperempat 3000 perak.


Sampai rumah, kepikiran sama makanan kesukaan, pho hoa noodle. Mie beras vietnam yang super segeer...Cari-cari resep di internet, akhirnya jadi deh pho hoa beef noodle ala sarie. Iya ala sarie, sebab bahannya gak sesuai di resep. Beberapa bahan saya ganti dengan yang ada di kulkas. hehehe

Bahan :
Tulang sapi untuk buat kaldu (saya ganti sama iga sapi)
daging diiris tipis
mie beras vietnam (gak punya, saya ganti kwetiau)
bawang bombay
bawang merah 4 siung
bawang putih 4 siung
bunga lawang
kayu manis
tauge jepang
jahe seruas jari
daun kemangi (aslinya pakai daun basil dan daun mint)
kecap ikan
kecap asin (lagi habis, diganti garam)
daun bawang
jeruk nipis
cabe rawit merah

Cara membuat :
Rebus iga dengan bawang bombang yang dibelah dua, bawang merah (bulat-bulat), bawang putih digeprek, bunga lawang (sekitar 3-4) kayu manis (sebatang) dan jahe. Daging bisa direbus sekalian, sampai empuk dan keluar kaldunya (saya merebus bisa dua jam sampai iga empuk juga)

Biasanya saat merebus daging atau tulang, ada kotoran hasil perebusan, jangan lupa dibuang...

Setelah empuk, masukan minyak ikan dan kecap asin. Dikira-kira sampai rasanya seimbang dan enak segernya. Kuah kaldu ini sudah gurih, jadi gak ditambah royco.

kuahnya sudah siap, tinggal penyajian.

susun dalam mangkok, kwetiau, tauge jepang, kasih potongan cabe rawit merah (sesuai selera suka pedas atau tidak) daun kemangi, irisan daun bawang. biar seger kasih peresan jeruk nipis. setelah itu siram dengan kuah yang tadi sudah dibuat (kuah harus panas ya).

seger....

selamat mencoba..




Posting Komentar