Menginap dimana di Togean??



Soal penginapan ini adalah pertanyaan pertama yang muncul ketika berniat menjelajah Togean. Togean adalah kepulauan yang tersebar di sekitar teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Tidak semua pulau di Togean ditempati oleh penduduk. Hanya beberapa pulau saja yang dihuni oleh penduduk setempat, dan beberapa pulau memiliki cottage atau tempat menginap .

Sebelum menuju pulau pulau lain, fery yang kita tumpangi akan singgah di Wakai. Di tempat ini kebanyakan penduduk tinggal. Di pulau ini juga paling lengkap fasilitasnya, mulai dari atm hingga sinyal hp. Namun dipulau ini tidak dijadikan tempat untuk menginap wisatawan. Hanya tempat singgah kapal fery yang besar, untuk kemudian menuju pulau -pulau lain.






Pulau yang paling terkenal untuk menginap adalah pulau Kadidiri. Jaraknya sangat dekat dengan pulau Wakai, sekitar 30 menit menggunakan perahu kecil. Di pulau ini ada tiga penginapan, yaitu Kadidiri paradise, Black Marlin dan Lestari.


Kadidiri paradise memang yang paling bagus diantara yang lain. Selain tempatnya indah, penginapan ini memiliki jembatan panjang yang jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.  Menikmati senja di jembatan sangat tepat atau sambil bersantai di malam hari. Kebanyakan yang menginap di sini adalah turis asing. Tarifnya beragam, mulai dari 200 ribu perorang hingga 450 ribu perorang, tergantung kamar mana yang akan diambil. Bila ambil kamar di depan menghadap laut, harganya sekitar 300 ribu perorang . Untuk kamar yang diatas laut, harganya bisa mencapai 450 ribu perorang. Sementara untuk kamar yang didalam masih bisa dapat harga 200 ribu perorang.






Oh ya, semua tarif penginapan di kepulauan Togean ini termasuk makan tiga kali, air panas kapan pun serta gula dan kopi. Namun air mineral beli sendiri.

Selain Kadidiri paradise ada Black Marlin. Penginapan ini harga nya sekitar 250 hingga 300 ribu perorang. Kebanyakan yang menginap disini turis asing yang sudah sepuh, alias diatas 40 tahun. mungkin karena di sini lebih tenang dibandingkan di kadidiri paradise yang kebanyakan anak muda.







Penginapan lain di pulau Kadidir adalah Lestari. Tarif nya lebih murah, mulai dari 150 ribu rupiah perorang. namun, kamarnya gak banyak dan seadanya, tidak sebagus Kadidiri paradise atau Black Marlin.




Di pulau Kadidiri ini ada dive center, yaitu di Kadidiri paradise dan Black Marlin. Biasanya kalau menginap di Kadidiri paradise, sekaligus diving disini harga penginapannya bisa dapat diskon, tergantung tawar menawar.... hehehe

Selain di pulau Kadidiri, ada lagi penginapan di pulau Katupat, yaitu Fadillah cotage. Tempatnya juga menyenangkan persis dipinggir pantai. Tarif kamar mulai dari 150 ribu permalam. Di penginapan ini juga ada dive center, namun untuk menuju ke pulau ini butuh waktu sekitar satu jam dari Wakai.



Beberapa lokasi cottage di kepualauan Togean diantaranya Island Retreat di Bomba dan pulau Poyalisa.


cottage di kepulauan Togean ini kebanyakan memiliki dive center - nya, jadi jangan khawatir bagi yang mau diving. Alat-alatnya juga lengkap, bahkan bisa ambil sertifikat padi di sini. Namun karena yang mengelola orang eropa, jangan kaget kalau tarifnya pakai EURO.




Catatan bagi yang mau ke Togean, sebaginya bawa air mineral yang banyak ya, karena harga air mineral dipenginapan cukup mahal. Satu botol ukuran 1,5 liter harganya 15 ribu rupiah. Jangan lupa bawa snack yang mengenyangkan, karena makanan yang dikasih ala bule, terutama sarapan. Menu sarapan biasnya hanya roti dengan buah, bagi yang biasa makan nasi pasti kurang... hehehe

Satu lagi, harap maklum, karena ini kepualauan jadi air bersih sangat kurang. Setiap penginapan biasanya membatasi air bersih untuk mandi. Kalau untuk menyiram toilet, saya gunakan air laut. :p

selamat berlibur temans....




no hp elis, pemilik kadidiri paradise 085241182440
Posting Komentar