Perjalanan ke Togean melalui Luwuk




Kami melakukan perjalanan ke kepulauan Togean tanggal 23-29 Mei 2014. Karena jadwal cuti yang yang minim dan terbatas, kami memutuskan melalui rute Jakarta-Makassar-Luwuk-Ampana-Wakai. Awalnya pakai jalur Jakarta-Makassar-Poso-Ampana-Wakai. namun karena wings air memundurkan jadwal perjalanan sepihak, maka langsung mengalihkan penerbangan ke Luwuk.



Jumat malam, berangkat dari Jakarta-Makassar dengan penerbangan malam. Karena sampai di makassar sudah jam 12 malam, maka diputuskan tidur di musholla bandara Hassanudin, Makassar. Lumayan juga meski karpet musholla bau kaki. :p

Sabtu pagi, berangkat dari Makasar-Luwuk. Harga tiket hampir sama dengan Makassar -Poso, sekitar 700 ribuan. Penerbangan sekitar satu setengah jam menggunakan pesawat ATR 72. Pesawat baling-baling bermuatan sekitar 50-an orang ini enak juga, tak banyak goncangan saat di udara.



Dari Luwuk perjalanan dilanjutkan ke Ampana dengan menyewa mobil tarifnya 800 ribu rupiah. Mencari travel di Ampana, bisa sewa taksi atau mobil dan minta diantar ke travel terdekat. Biaya sewa mobil ke travel sekitar 50 ribu rupiah. Tarif travel Luwuk-Ampana normalnya antara 100-150 ribu rupiah. Perjalanan Luwuk-Ampana biasanya 5 jam. Tapi karena kemarin ada sistem buka tutup jalur akibat perluasan jalan, perjalanan lebih panjang, yaitu sampai 6 jam.




Di Ampana kami menginap di hotel Oasis jalan kartini dekat dermaga. Tarif pemalam perkamar beragam. Untuk kamar AC 200 ribu rupiah permalam, Kamar biasa menggunakan kipas angin 120 ribu rupiah permalam. Dari hotel ini kita juga bisa booking kamar di Kadidiri paradise.



Minggu pagi jam 7.30 berangkat ke dermaga fery, naik ojek butuh waktu sekitar 15-20 menit dengan tarif 20 ribu rupiah atau naik angkot sekitar 10 ribu rupiah . Fery KM Tuna Tomini ini tarifnya 45 ribu rupiah kelas ekonomi dan bisnis 55 ribu rupiah. Saran saya ambil kelas ekonomi, karena bisa melihat pemandangan yang indah dalam perjalan ke Wakai. Kalau beruntung bisa ketemu rombongan lumba-lumba. Trus Kalau mau pindah ke kelas AC juga bisa, tapi pindahnya setelah karcis semua diperiksa.



Fery dari Ampana berangkat pukul 9 pagi dan sampai ke Wakai jam 2 siang. Karena menginap di Kadidiri paradise, pihak penginapan sudah menjemput dengan kapal kecil. Biasanya beberapa penginapan memang menyediakan transportasi gratis dari Wakai ke lokasi penginapan. Perjalanan Wakai -Kadidiri sekitar setengah jam.



Kalau mau menginap di Fadilah cottage, lebih jauh lagi. bisa satu jam perjalanan dari Wakai - pulau Katupat. kalau mau sewa perahu, sekitar 200 ribu rupiah perperahu.

Pulangnya, tanggal 28 mei melalui jalur yang sama, karena ditanggal itu tidak ada fery ke Gorontalo.



Rabu pagi dari Kadidiri paradise sekitar jam 7. Fery dari Wakai-Ampana berangkat pukul 8 pagi. Sampai Ampana jam satu siang. Lalu lanjut dengan charter mobil ke Luwuk. Biaya charter mobil dari Ampana-Luwuk sekitar 800 ribu. namun bisa naik bisa ke Luwuk. Dari dermaga ada angkot yang akan mengantar ke terminal bis.



Di Luwuk sempat menginap semalam, kemudian kamis pagi ke bandara, sewa mobil 150 ribu rupiah. Bila  naik taksi perorang 30 ribu rupiah. Dari Luwuk terbang ke Makassar dan lanjut ke Jakarta.

Selain jalur yang saya gunakan, ada jalur lain untuk menuju ke Togean.

1. Jakarta-Palu-Ampana-Wakai
Dari Jakarta menggunakan pesawat sampai Palu. Palu-ampana dengan jalur darat menggunakan bis, travel atau sewa mobil sekitar 10-12 jam, tergantung kecepatan kendaraan. Bahkan teman saya bisa 9 jam karena travelnya ngebut. Travel nya biasanya menggunakan L-300 dan berangkat terakhir dari palu ke ampana sekitar jam 7 malam dengan biaya 110 ribu rupiah. Sampai di Ampana pagi hari dan sambung dengan kapal kayu atau Fery sekitar 5 jam.

2. Jakarta-Gorontalo-Wakai
Dari Jakarta ke Gorontalo menggunakan pesawat. Kemudian dari gorontalo Lanjut dengan kapal fery. Kapal fery berangkat ke Wakai sekitar pukul 7 malam dan hanya hari tertentu saja. sampai Wakai jam 7 pagi. Kalau bisa menyesuaikan dengan jadwal fery dari Gorontalo, sebenarnya lebih murah dan cepat lewat Gorontalo. Tarif fery dari Gorontalo-Wakai tahun 2013 , kelas AC 89 ribu dan ekonomi 60 ribu. Kalau mau nyaman, karena perjalanan 12 jam, lebih baik naik yang kelas AC.



Jadwal fery dan kapal kayu

1. Fery Gorontalo-wakai selasa dan jumat, berangkat jam 8 malam tiba jam 7 pagi (12 jam)
2. Fery Wakai-Gorontalo senin dan kamis, jam 3 sore (12 jam)
3. Fery Ampana-Wakai rabu dan minggu, jam 8 pagi (5 jam)
4. Ferry Wakai-Ampana rabu dan sabtu, jam 7 pagi,  Biasanya berangkat jam 8 pagi (5 jam)
5. Kapal kayu Ampana-Bomba ada setiap hari.
6. Kapal kayu Wakai-Ampana selasa, kamis, minggu jam 10 pagi



Berita gembiranya, Ampana akan punya bandara sendiri. Seharusnya tahun 2013 sudah bisa beroperasi untuk menyambut sail Tomini. Tapi waktu kesana, bandaranya masih dalam pembangunan. Baru ada landasannya dan sudah di uji coba pesawat. Bila ampana sudah ada bandara, maka ke Togean akan lebih cepat..

 Catatan :

Periksa jadwal Fery bila mau berangkat, sebab jadwal berubah setiap bulan.

happy holiday :)

sarie

Togean, Surga tersembunyi di Teluk Tomini
Menginap di mana di Togean?
Posting Komentar