Uniknya Danau ubur-ubur di Togean



Danau ubur-ubur tak menyengat yang pertama saya kunjungi adalah di pulau Kakaban, Kalimantan timur, dekat dengan pulau Derawan. Nah, di Togean ini danau ubur-uburnya hampir mirip dengan dengan di pulau Kakaban. Hanya saja akses jalan menuju danau lebih dekat, bahkan di bibir pulau dan hanya dibatasi oleh karang.









Melihat danaunya pun sekilas mirip dengan danau ubur-ubur di Kakaban. sekitar danau dikelilingi pohon bakau. Pohon ini, selain unuk melindungi danau juga tempat tumbuhnya makanan ubur-ubur.



Air danaunya pun sama dengan di kakaban, tampak lebih keruh, gelap dan hijau serta pencampuran antara air laur dan air tawar. Karena lokasi dan airnya yag berbeda inilah, maka ubur-ubur di danau ini tak menyengat. Bila melihat dari atas danau banyak ubur-ubur yang seringkali naik ke permukaan. Kalau berenang di danau ini lebih baik jangan gunakan fin atau kaki katak. Karena kasian ubur-uburnya bisa terluka bila kena fin yang keras. Serunya ketika berenang kita menyentuh ubur-ubur yang lunak.



 waah.. sensasinya luar biasa deh...kalau kata Trinity dalam bukunya naked traveller, seperti berenang dalam es cendol. Bener juga sih... hehehehehe..


selamat mencoba :)

sarie




Posting Komentar