Snorkeling di hutan terumbu karang


It's stunning. lika a forest!! 





Itu adalah kalimat pertama yang diucapkan teman saya, turis asal Jerman. Kami berbagi biaya perahu untuk snorkeling di sekitaran Sawai hingga Ora beach, di Seram utara, Maluku tengah. Sewa perahu atau yang biasa disebut  katinting ini, sekitar empat ratus ribu rupiah satu hari (tergantung tawar menawarnya). Sehingga bisa lebih murah kalau bisa share dengan yang lain







Untuk menikmati keindahan bawah laut di sekitaran Seram utara, terutama di Sawai ini cukup dengan snorkling atau free diving. Terumbu karang di sini sangat-sangat sehat dan indah. Kedalamanya bisa mencapai lima hingga satu meter. Namun hati-hati bila air laut sedang surut, badan kita bisa terluka oleh goresan karang.




Air laut yang jernih di sekitar kawasan ini, membuat keindahan terumbu karang bisa dinikmati dari atas perahu. Pokoknya baguus banget deh.



Petualangan snorkeling saya mulai dari depan Ora beach. Di sekitara sini, terumbuh karangnya sangat sehat. Saya menemui beberapa hewan laut, seperti lion fish, kuda laut, ular laut, lobster, gurita, ikan-hias yang lucu-lucu , bintang laut sampai bulu babi dengan bentuk yang tak pernah saya jumpai. Penyu hijau kadang-kadang juga terlihat di sekitar Ora beach dan perairan di Sawai.



     




agak ke timur, kami menyusuri tebing-tebing tinggi. Di sekitaran tebing ini, juga spot terbaik untuk snorkling. terumbu karang berbentuk meja sangat banyak. Jelas terlihat kalau terumbu karang disini sangat dijaga. Saya gak melihat adanya bekas ledakan akibat nelayan yang mencari ikan dengan bom.





gua di antara tebing-tebing tinggi



Masih di sekitaran tebing, saya juga menemukan hewan favorit. Ya, ikan badut atau yang biasa di sebut nemo. Anemon, rumah nemo di sekitar sawai ini agak berbeda dengan di tempat lain. bentuknya labih bagus dan transparan, warnanya agak kemerahan. Wah.. gak terbayangkan deh.




Seharian menjelajahi laut di sepanjang ora beach hingga desa sawai kayaknya gak bakalan cukup. setiap sudut di laut ini memiliki keindahan yang tiada tara. Dan kayaknya harus balik lagi ke sini tahun depan. Tertarik ? :P


Oh ya, Jangan lupa bawa kamera bawah laut ya buat motret. Untung suamiku cukup handal buat motret underwater. Semua foto ditulisan ini hasil jepretannya :)



salam,
sarie :)



Posting Komentar