Maratua, Maldivesnya Indonesia

Buat saya, judul yang saya berikan untuk tulisan ini tidaklah berlebihan. Ya... Pulau Maratua ini memang seperti Maldives, seperti yang saya lihat lewat foto di internet atau film di televisi.


Pulau ini memiliki pasir putih yang terbentang luas dan pasir sebesar merica. Lautnya pun sangat indah. Ditempat dangkal, bawah laut pulau ini dasarnya adalah pasir putih, sehingga air laut berwarna hijau muda. Semakin ke tengah, warna air lautnya menjadi biru dan semakin pekat.






Pulau Maratua masih berada di gugusan kepualauan derawan, Berau, Kalimantan Timur.
Menuju pulau ini bisa dari Derawan dan bisa pula melalui tarakan. Namun melalui Tarakan lebih jauh. Membutuhkan waktu lebih dar setengah hari. Sementara bila dari pulau Derawan, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam menggunakan speed boat.




Namun sayangnya, pulau ini belum dikelola dengan baik. Baru ada satu penginapan yang bagus dan menjorok ke laut. Penginapan lainnya berada di daratan. Bila fasilitas di pulau ini diperbaiki, saya yakin, pulau ini bisa melebihi Maldives :p




Banyak hal bisa dilakukan di pulau Maratua. Mulai dari bersantai, berenang di laut bersama penyu hingga menyelam. Alam bawah laut di Maratua sangat indah, dipenuhi penyu. Bahkan, di pinggir pantaipun banyak penyu yang berenang.







Tempat ini sangat cocok untuk menyepi, karena pulau ini memang jauh dari polusi dan kebisingan.

selamat berlibur :)

sarie

Posting Komentar