Derawan nan menawan di Kalimantan Timur





Dulu, Derawan tak banyak dikenal dikalangan turis lokal. Justru turis mancanegara yang tau banyak soal tempat ini. Kebanyakan turis lokal yang mengenal tempat ini adalah para diver atau penyelam. Tentu saja, karena alam bawah laut Derawan dan sekitarnya ini sangat indah. Bahkan nomer 2 setelah Raja Ampat, Papua.

Derawan adalah sebuah pulau di Kalimantan timur, tepatnya di kabupaten Berau. Untuk menjangkau tempat ini memang cukup panjang. Ada beberapa jalur untuk menuju Derawan. Pertama dari Jakarta-Balikpapan-Berau. Dari Berau kita sewa mobil menuju pelabuhan Tanjung Batu sekitar 2 jam melalui hutan dan bukit. Kemudian dilanjutkan naik speed boat sekitar 30 menit menuju Derawan.






Derawan bak surga yang menawan. di Pulau ini ada beragam penginapan yang sudah di siapkan. Mulai dari yang berada di atas air, hingga penginapan di rumah penduduk. bahasa kerennya 'home stay". Biasanya yang paling bagus tarifnya mencapai Rp 500 ribu ke atas. Namun untuk kelas menengah dengan AC, harganya sekitar Rp 300 ribuan. Kelas home stay dengan kipas angin umumnya hanya Rp 150 ribu.




penginapan ini bertarif sekitar Rp 700 ribu/malam





Deretan rumah penduduk yang juga disulap jadi home stay




Jalan ke dermaga....





senja di pulau Derawan, di ambil dari pelabuhan






saat fajar tiba...



Banyak hal bisa dilakukan di Derawan, salah satunya adalah berenang dan snokling. Di sekitar dermaga Derawan karangnya sangat indah dan sehat. Bahkan hanya snorkling-pun karang-karangnya bisa terlihat jelas. Ini karena air lautnya yang masih jernih dan belum tercemar. Bahkan penyu hijau banyak hilir mudik di sekitar dermaga ini.


dermaga timur derawan


air laut yang hijau dan penuh dengan biota laut yang sehat


gaya bebas melompat ke laut...




dermaga Derawan, di bawah dermaga ini banyak ikan dan sponge laut yang sangat indah. Fotonya akan saya cantumkan di tulisan berikutnya.


 Berkeliling pulau derawan...












 Bila ke Derawan, jangan lupa mampir ke pulau lain, seperti Kakaban, Sanglaki dan Maratua.

sarie:)

Posting Komentar