Mesjid Tertua di Xian China





Bila anda berkesempatan berkunjung ke Xian, China maka jangan lewatkan untuk mengunjungi mesjid besar Xian. Mesjid ini terletak diantara gang di muslim Street. Biasanya, bila kita tak tahu jalan, maka agak sulit menemukan mesjid ini.

Mesjid Besar Xian ini memiliki beberapa nama. Nama lain mesjid ini adalah Mesjid Huajue. Sebab letaknya yang berada di Gang Huajue Xian. Atau orang di Xian juga menyebut mesjid ini sebagai Mesjid Timur, karena terletak di sebelah timur Mesjid Gang Daxuexi.


Mesjid ini merupakan mesjid tertua di Xian dan berusia sekitar 1300 tahun. Pembangunan mesjid ini dilakukan pada masa pemerintaha dinasti Tang atau sekitar tahun 724 Masehi.






Karena dibuat oleh dinasti Tang, maka arsitektur Mesjid Besar Xian menggunakan arsitektur China kuno yang bercampur dengan Arab. Mesjid ini juga dipilih sebagai pusaka kebudayaan Islam oleh Organisasi Pendidikan dan Kebudayaan PBB.




Ini adalah gerbang pertama untuk memasuki Mesjid Xian. Khusus untuk muslim tidak membayar tiket. Sedangkan untuk non muslim harus membayar tiket masuk sekitar Rp 13.000 untuk sekali masuk.

Mesjid ini memiliki luas 13.000 meter persegi. namun luas pembangunan lebih kurang 6.000 meter persegi.Panjangnya 250 meter, lebar 47 meter.

Masjid ini sendiri memiliki lima halaman dimana semuanya mengarah ke ruang doa di ujung barat dari situs. Setiap halaman memiliki monumen paviliun atau gerbang.

Ini adalah gerbang gerbang yang harus di lalui untuk menuju ke ruangan doa yang merupakan ruangan tempat sholat atau berdoa. 



Gerbang yang dilewati ini semuanya memiliki arsitektur China.




Selain tulisan China, gerbang ini juga dihiasi dengan kaligrafi Al Quran.




Kunjungan utama adalah ke ruang doa yang merupakan fokus dari semua kompleks masjid. Bangunan ini Menempati area seluas 1.270 meter persegi.




ruang ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu teras, aula besar, dan iwan yang memproyeksikan arah kiblat. Masing-masing bagian ini mempunyai atap yang terpisah.



Di dalam ruang doa, Anda juga akan kagum menakala melihat hiasan relief kayu dan tulisan Alquran. Hampir semua dinding di ruangan ini ditutupi dengan kayu yang berukir kaligrafi Alqur'an.
 Seperti kebanyakan mesjid lainnya. Mesjid kuno ini juga memiliki mimbar. Mimbar ini terbuat dari kayu dengan hiasan kaligrafi Al Quran dan ukiran naga.





Para pengunjung non muslim diperbolehkan melihat masjid namun tidak bisa masuk ke ruang doa. Ruangan doa ini biasanya digunakan untuk sholat 5 waktu dan kegiatan keagamaan lainnya.


 Masjid yang beralamat lengkap di Huajue Xiang 30, Xi’an, Shaanxi ini buka setiap hari dengan waktu yang berbeda namun pada umumnya mulai pukul 8.00 waktu setempat.



 By : Purbasari daruningsih


Posting Komentar