10 Hari di India, Ke Mana Aja? (part 2)

Setelah melewati panasnya kota Jaipur-Agra-Delhi, akhirnya bisa masuk zona dingin di Kashmir. Kashmir ini sungguh beda sama India tengah. Kashmir yang dilewati bentangan pegunungan himalaya ini bak surga dunia. Indahnya... gak ketulungan. Tapi.. agak was-was juga di sini karena tentara yang jaga banyaak banget. Bahkan sampai puncak gunung ada basecamp tentara.

HARI KEENAM 6 JUNI 2019 : SONAMARG

Hari lebaran kedua kita putusin buat ke Sonamarg, salah satu tempat wisata di Kashmir dan dekat dengan kota Srinagar. Kalau selama di jaipur dan Agra kita mengandalkan tuk-tuk, selama di Kashmir kita sewa mobil ke Umar. Biaya sewa mobil Srinagar- Sonamarg 2.000 rupee atau sekitar 420 ribu rupiah sudah termasuk bensin dll. Srinagar-Gulmarg dan Srinagar-Pahalgam juga kena biaya yang sama.

Untuk transportasi umum di Srinagar ini ada, tapi saya gak tau tujuannya ke mana saja. Dan transportasi umum di kashmir ini unik, bahkan penumpang boleh naik ke atap mobil hehehehe

Perjalanan dari Srinagar ke Sonamarg sekitar dua jam lebih, tapi selama itu kita gak bosan. Banyak pemandangan menarik, misalnya aja para pengembala yang mirip orang gypsi bawa banyak hewan peliharaannya ke gunung dan pemandangan alamnya yang memang bagus.

Jadi bener juga sih kalau mereka pasang papan reklame "heaven is under our feet as well as above our heads"

Sayang banget, sampai Sonamarg hujan deres. Akhirnya kita makan siang dulu. Umar pesen semacam kari kambing dan nasi, tapi ternyata karinya enak loh, dagingnya juga gak bau kambing.

Karena masih hujan, kita mampir ke kedai kopi. Kalau di kashmir namanya kedai teh, tapi ada kopi. Tehnya adalah teh susu, dan kalau kopi lebih kaya susu yang dicampur bubuk kopi. Enak loh.. apalagi udaranya dingin.

Hujan berhenti, kita mulai naik ke gletser di Sonamarg ini. Kalau mau ke Gletset bisa naik kuda atau jalan kaki. Dan pemandangannya keren banget... gak nyesel ke sini.

Ternyata pas balik dari gletser mau ke parkiran hujan turun lagi dan deras. Karena baju basah semua, akhirnya kita nginep di Sonamarg malam ini.

HARI KETUJUH 7 JUNI 2019 : GULMARG

Niatnya mau berangkat pagi-pagi dari Sonamarg ke Gulmar, tapi realisasinya jam 8.30 kita baru berangkat. Setelah mampir sana sini, sekitar jam 2 siang kita baru sampai Gulmarg. Gulmar adalah darah pegunungan, jadi perjalanannya berkelok-kelok.

Dari Sonamarg ke Gulmarg ini lumayan lama, sekitar 3 jam-an. Tapi kalau dari Dari Srinagar-Gulmarg perjalananya sekitar satu jam. Saya saranin lebih baik dari Srinagar ke Gulmar, lebih singkat.

Sampai parkiran kita ditawarin naik kuda lagi, tapi kita nolak dan milik naik Gondola sampai ke puncak gunung. Dari parkiran, kita tinggal jalan ke pos polisi lalu jalan terus ke arah gondola. Gondolanya ini gak keliatan dari depan, tapi ada kok. Jangan khawatir.... jalan terus aja sampai ketemu loket pembelian tiket.

Kalau mau naik gondola sebenarnya enakan datang pagi, jam 8 sudah sampai di Gulmarg. Lalu beli tiket untuk naik gondola. Tarifnya sekitar 750 rupee perorang untuk sampai stage satu. Di stage satu ke stage dua harus beli tiket lagi dengan harga sekitar 950 rupee.

Musim panas, salju hanya aja di puncak gunung Gulmarg ini. Tapi kalau musim dingin, di stage satu aja kamu dah ketemu salju. Gulmarg ini bagus banget, kayaknya wajib ke sini kalau suka ski atau salju.

HARI KEDELAPAN 8 JUNI 2019 : PAHALGAM

Hari ini kami ke Pahalgam, jarak tempuhnya  lumayan jauh dari Srinagar yaitu sekitar 2 setengah jam. Sepanjang jalan ke arah pahalgam ini banyak perkebunan apple dan pohon walnut. Baru kali ini liat pohon dan buah walnut yang masih hijau.

Pahalgam mirip kaya puncak, sejuk dan banyak penginapan. Tapi bedanya di sini alamnya bagus banget, gunungnya bersalju. Biasanya orang India berlibur dan menginap di Pahalgam. Kotanya sejuk dan bersih.

Nah kalau mau ke daerah yang namanya mini switzerland alias mini nya swiss ya di Pahalgam ini. Untuk ke mini swiss dianjurkan naik kuda, biasanya mereka nawarin bisa sampai 2 ribu rupee, tapi tawar aja jadi 1.500 rupee, mereka mau kok. Track nya ini memang lumayan juga, kalau naik kuda sekitar 1,5 jam pp. kalau trekking bisa 2 jam lebih. Tapi terserah kamu, mau naik kuda atau trekking..

Waktu saya ke sini, cuacanya juga mendung dan mulai hujan. Karena khawatir kena hujan deras, kita mutusin naik kuda. Tapi ternyata dalam perjalanan nanjak, hujan turun deras banget. Cuacanya tambah dingin. Hujannya pun bukan hanya hujan air biasa, tapi campur sama salju dan es. Mana esnya besar-besar. Ternyata sakit juga ya kalau kena hujan es.. untung aja pakai jaket tebel.

Mini swiss seperti yang dijanjikan memang beneran keren. Untuk masuk ada biaya retribusi, kalau dirupiahin sekitar 5 ribu.

Karena celana panjang basa banget dan dingin, kita makan mie instan dulu. Kalau di India namanya maggi... hehehe, kalau di Indonesia namanya Indomie. Nama merek yang paling populer.

Mini swiss kaya apa? Kaya swiss... beneran deh. Lapangan rumput hijau luaaaas.. dikelilingi gunung salju dan hutan pinus. Keren deh.

Setelah puas kita turun lagi dan ternyata sudah di tunggu sama Umar dan keluarganya yang ikutan piknik hari ini. karena celana panjang basah, akhirnya beli celana training dulu di pasar dekat pahalgam dan beli sendal jepit.

HARI KESEMBILAN 9 JUNI 2019 : SRINAGAR-AMRITSAR - KL

Penerbangan kami hari ini sore jam 15.00, akhirnya sisa waktu kita pakai buat naik kapal keliling danau Dal. Bayarnya 1.200 rupee pllus tips yang diminta si bapak. Keliling danau ternyata luas juga. Di tengah danau ada taman dan ada juga pasarnya. Lumayan juga sih..

Siang jam 12 kita langsung cek out dan diantar ke bandara sama Umar. Biaya sewa mobilnya ke bandara 800 rupee.

Di Bandara penjagaan super ketat... baru kali ini pemeriksaan berlapis-lapis dan oleh tentara. Bukan petugas bandara. hehehe

Dalam perjalanan dari Srinagar ke Amritsar ini kita lewatin pegunungan himalaya, yang terlihat dari dalam pesawat. Oh ya jangan lupa minta tempat duduk di dekat jendela, biar puas liatnya dan bisa motret.

Amritsar ternyata panas.. mirip kaya New Delhi. Di kota ini ada Golden Temple, yang merupakan Ka'bah-nya penganut Singh. Makanya banyak juga penumpang yang lewat bandara ini. Pesawat gak delay dan kita ke Kuala Lumpur sekitar jam 22.30. Tiduuur ....

HARI KESEPULUH 10 JUNI 2019 : KUALA LUMPUR - JAKARTA

Sampai bandara KLIA2 pagi sekitar jam 8, lalu keliling cari makan dan langsung ke bandara KLIA naik skytrain bayar 2 RM. Di Bandara KLIA sempat belanja beberapa barang karena lagi diskon banyak banget... bebas pajak pula. hehehe

Alhamdulillah sampai Jakarta sekitar jam 5 sore. ... sekian perjalanan di Golden Triangle-nya India (Jaipur-Agra-Delhi) plus Kashmir.