Danau Air Biru, Bekas Tambang Timah di Bangka yang Eksotis


Pulau Bangka terkenal sebagai penghasil timah di dunia. Maka tak heran, sejumlah sudut pulau ini banyak yang rusak dan daratannya membentuk lubang, akibat penambangan timah. Timah bukan hanya ditambang oleh perusahaan besar seperti PT Timah, tapi juga penambang rakyat.

Namun siapa sangka, ternyata bekas tambang timah yang ditinggalkan bertransformasi menjadi danau berair biru yang sangat Indah. Sekilas bila melihat fotonya, danau ini seperti di negara empat musim dengan salju di kiri-kanan danau. hehehehe...:p

Saat terbaik untuk melihat danau ini adalah menjelang senja. Air danau akan memantulkan warna jingga matahari yang mulai tergelincir.

Pulau Bangka masih bertetangga dengan Pulau Belitung, kepulauan Riau. Biasanya orang hanya mengenal pulau Belitung dengan sejumlah lokasi wisata pantainya yang indah. Nah, pulau Bangka sebenarnya juga gak kalah indah dari Belitung. Namun, keberadaan tambang timah yang merusak alam sekitar membuat wisatawan enggan datang.

Sebelum kita mendarat di pulau Bangka, bila kamu menengok ke bawah dari jendela pesawat, kerusakan pulau ini akibat tambang timah terlihat jelas. Dari atas, daratan pulau Bangka banyak yang berwarna putih. Ini adalah tanda adanya pertambangan timah. Di Bangka, bekas tambang timah disebut juga kolong.


Saat ini banyak kolong yang ditinggalkan begitu saja oleh penambang, tanpa diperbaiki. Sehingga dibiarkan rusak. Salah satunya di desa Nibung, kecamatan Koba, Bangka Tengah . Kolong atau bekas tambang timah di sini terisi air hujan dan berubah menjadi danau yang indah dengan airnya berwarna biru. Sekeling danau daratannya berwarna putih, karena bekas tambang timah. Bila di foto bekas tambang ini seperti danau berair biru yang dikelilingi oleh salju. hehehehe

Padahal sebenarnya, ini adalah bekas tambang timah. Kalau di Belitung mirip dengan danau kaolin.

Mengapa air danaunya berubah menjadi warna biru? karena airnya masih mangandung sisa mineral tambang yang berbahaya. Jadi sebaiknya anda tidak menggunakan air ini untuk kebutuhan sehari-hari. Usahakan juga gak usah mandi-mandi di danau ini. Cukup dinikmati saja keindahannya. 

Karena danau ini gambaran betapa rusaknya alam Bangka, akibat penambangan :(




Danau air biru atau disebut juga kolong biru menjadi salah satu alternatif wisata di pulau Bangka. Jarak tempat ini sekitar 65 kilometer dari ibukota Bangka, Pangka Pinang. Untuk ke Danau ini tidak ada angkutan umum, jadi biasanya harus menyewa mobil atau sewa motor atau ojek. Untuk ke lokasi ini tidak disarankan membawa mobil jenis sedan, karena lokasinya berundak-undak bekas galian.

Sepanjang perjalanan menuju tempat ini juga berdebu dan pemandangannya adalah bekas-bekas galian tambang timah alias kolong.

Tertarik untuk ke Bangka?

Happy Travelling

sarie :)

Foto by : Afriandri




Posting Komentar