Membuat VISA Selandia Baru


Kia Ora...

Selamat datang di Selandia baru, negerinya para Hobbit :). Buat kamu yang memimpikan ke nagara paling selatan di bumi ini, siapkan VISA. Awalnya saya pikir sulit membuat visa Selandia Baru, layaknya ke Amerika Serikat atau Eropa. Tapi ternyata gak sesulit yang dibayangkan. Bila semua persyaratan lengkat, lima hari visa sudah bisa diambil. Mudahkan :)

Persyaratan membuat visa Selandia Baru tidak sulit dan hampir sama dengan persyaratan membuat visa ke Eropa. Dokumen yang kita butuhkan untuk dilengkapi adalah:

1. Paspor yang masih berlaku
2. Surat keterangan cuti dari kantor (menggunakan bahasa Inggris)
3. Foto copy KTP
4. Foto copy Kartu Keluarga 
5. Rekening Koran dari bank selama 3 bulan
6. Foto ukuran 3,5 x 4,5
7.Itinary perjalanan di Selandia Baru
8. Print-an tiket PP Indonesia-Selandia Baru
9. Print-an akomodasi selama di Selandia Baru
10. Mengisi form pembuatan visa yang bisa di print dari website imigrasi Selandia Baru

Untuk formulir visa, kamu bisa isi sesuai kebutuhan kamu. Bila kamu visa wisata atau visa turis, bisa klik formulir 1189




Enaknya, untuk visa  Selandia Baru, untuk satu keluarga hanya satu formulir saja yang diisi. Pembayarannya juga hanya kepala keluarga saja. Tapi keterkaitan satu keluarga harus dibuktikan dengan dokumen seperti Kartu Keluarga. Nah lebih murah kan? hehehe

Berapa bayarnya? Bayarnya 1,8 juta. Namun ada biaya pelayanan untuk vfsglobal sebagai perusahaan perantara yang mengurus administrasi pembuatan visa kita. Jadi satu formulir bayarnya sekitar 2 juta an lebih.



Setelah semua lengkap, kamu bawa formulir dan dokumen ke kantor vfsglobal di Kuningan City lantai 2. Tempatnya sama dengan tempat pembuatan visa ke Eropa. Hanya saja kalau pembuatan visa Eropa di lantai satu.

Setelah antri, petugas akan mengecek dokumen dan semua persyaratan. Setelah oke dan selesai semua, kamu tinggal membayar biaya pembuatan visa plus biaya pelayanan VAC untuk vfsglobal.

Waktu menunggu apakah kita mendapat visa atau tidak resminya sekitar 19 hari. Namun prakteknya lima hari biasanya visa sudah selesai. Pihak vfsglobal akan mengirim email pemberitahuan bahwa visa kita sudah bisa diambil. Mudah kan:)


 Bila kamu ingin membuat visa jenis lain, kamu bisa masuk ke website Imigrasi Selandia Baru atau langsung ke web site vfsglobal.

Biasanya setelah proses pemeriksaan visa kita selesai, staff dari vfsglobal akan menawarkan apakah ingin diberi tahu lewat sms atau telpon mengenai status visa kita. Tapi harus membayar 20 ribu rupiah. Menurut saya penawaran ini gak usah di ambil. Sebab vfsglobal pasti akan memberitahu via email. jadi rajin-rajin aja cek email ya :)


Happy Travelling

Sari :)







Liburansari dotcom

Instagram