Pemandian air panas seputih salju di Pamukkale, Turki


Musim panas, pemandian air panas Pamukkale justru ramai didatangi wisatawan. Kebanyakan datang menggunakan bus-bus pariwisata, namun banyak pula yang datang dengan kendaraan pribadi dan taksi. Pemandian air panas ini sangat unik karena warnanya yang putih mirip kapas atau salju, letaknya berada di perbukitan dekat kota Denizli, Turki dan persis di bawah kota kuno peninggalan Romawi, Hierapolis. Banyak sejarawan mengatakan, Pamukkale ini dulunya adalah tempat pemandian umum di era Byzantium.


Menuju ke pemandian air panas Pamukkale ini gampang-gampang susah. Setelah membaca beberapa artikel menuju ke sana, akhirnya kami memutuskan naik kereta api ke Denizli dari Izmir, tempat kami menginap . Ternyata laju kereta lambaat sekali, hehehe.. setiap stasiun berhenti. Akhirnya baru sampai Denizli sekitar pukul 2 siang. Karena ngejar waktu, kami akhirnya naik taksi ke Pamukkale. Pamukkale ini letaknya dipinggir kota Denizli, dari stasiun kereta sekitar satu jam. 

Setelah membeli tiket, kami mulai mendaki ke bukit yang berisi travertin atau batu kapur yang didepositkan oleh mata air mineral terutama air panas. Travertin di Pamukkale ini berwarna putih seputih kapas atau salju. Makanya tempat ini dinamakan Pamukkale yang dalam bahasa Turki-nya berarti istana kapas. 





Saat musim panas dengan suhu sekitar 35 derajat celcius, air di Pamukkale ini terasa hangat. Suhu nya pas untuk berendem atau sekedar mandi-mandi di dalam kolam-kolam yang berada sepanjang jalan menuju ke atas bukit kapur ini.



Pamukkale adalah salah satu tujuan wisata yang populer di Turki. Tak heran bila tempat ini selalu ramai, terutama saat musim liburan tiba. 





Sejumlah pengunjung hanya menikmati pemandangan di Pamukkale ini. 



Keunikan lain dari pemandian air panas di Pamukkale ini adalah bentuknya yang seperti terasering atau berundak-undak. Di setiap ketinggian tertentu kita akan menemukan kolam-kolam alami yang sudah terbentuk ribuan tahun lalu.








Sampai di atas bukit, kita bisa melihat pamandangan yang lebih indah lagi. Pamukkale ini selain memiliki pemandian air panas alami memiliki kolam renang.



 Bila ingin berkunjung ke Pamukkale bawalah pakaian untuk mandi atua berenang. Kamu bisa mencoba merasakan hangatnya air di Pamukkale ini atau berendem di dalamnya. Jalang lupa bawa tas ke atas untuk membawa sandal atau sepatu. Mendaki ke bukit kapur ini tidak boleh menggunakan alas kaki.

Kalau kamu ke Turki, jangan lupa mampir Pamukkale ya :)

Happy travelling

sarie :)














Posting Komentar