Menginap di mana di Istanbul?


Istanbul adalah kota terbesar di Turki. Meskipun bukan ibukota Turki, namun Istanbul lebih dikenal dikalangan turis dibandingkan ibukotanya Ankara. Jadi kebanyakan para turis akan mampir ke Istabul dulu sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat lain. Sebab Istanbul memiliki banyak tempat bersejarah dan tempat menarik lainnya. Maka tak heran, kota ini memiliki banyak penginapan. Mulai dari kelas melati hingga bintang lima.
Saya yakin, setiap orang punya gaya sendiri ya kalau travelling. Ada yang suka menginap di hotel berbintang yang nyaman dengan berbagai pelayanannya atau ada juga yang suka mencari penginapan kelas menengah. Bahkan ada yang mencoba cari penginapan murah.

Nah, apapun gaya kamu.. gak ada yang salah. Istanbul menyediakan semua jenis penginapan. Namun bila kamu ingin lebih mudah wisata di kota ini, saya punya beberapa rekomendasi untuk dipertimbangkan. Sebab lokasi penginapan sangat penting untuk memudahkan kamu mobilitas selama liburan.

1. Pilih penginapan yang dekat tempat wisata

Di Istanbul, kebanyakan tempat wisatanya berada di kawasan Sultanahmed atau terkenal juga dengan kota tua. Kota ini memang sudah ada sejak lama, sejak kekaisaran bizantium. Di area Sultanahmed ini kamu bisa mengunjungi Museum Hagia Sophia, Museum Topkapi, mesjid Sultanahmed alis Blue Mosque, hingga tempat belanja yang ada sejak jaman dulu atau dikenal dengan nama Bazaar.

Nah, bila kamu ingin dekat ke mana-mana tanpa mengeluarkan biaya, kamu bisa menginap di area Sultanahmed. Di Sultanahmed ini juga terkenal dengan area turis, sehingga hampir setiap sudut adalah penginapan. Karena daerah turis, jadi semua makanan dan minuman juga mengikuti harga turis. 


Penginapan di area sultanahmed ini berbeda-beda, mulai dari bintang lima dengan harga di atas satu juta, hingga kelas hostel dan dormitori dengan harga 100 hingga 200 ribu rupiah permalam. Oh ya, jangan lupa, cek penginapan kamu apakah ada AC atau pemanas? Karena di musim panas (Juni-Agustus) Istanbul dan sejumlah kota di Turki suhunya bisa mencapai 40 derajat Celcius dan butuh AC. Sedangkan saat musim kamu butuh pemanas.

Saran saya di Istanbul, carilah penginapan yang dekat areal Blue Mosque atau Hagia Sophia, supaya mudah ke mana-mana. Untuk cari penginapan, lebih baik online. Saat ini banyak situs online yang khusus menawarkan penginapan, seperti agoda atau booking.com.

Bila kamu memilih untuk mencari penginapan dekat pusat perbelanjaan, kamu bisa ke daerah taksim. Sekitar Taksim Square itu banyak penginapan dengan harga beragam. Dekat Taksim ini juga ada pusat perbelanjaan terkenal Istiqlal serta beberapa lokasi wisata, seperti Galata Tower.


2. Cari penginapan yang dekat transportasi umum

Menurut saya ini penting banget, sebab selain memudahkan mobilitas juga bisa hemat anggaran liburan. Kalau say biasanya cari penginapan dekat stasiun metro atau halte bus. Dari penginapan usahakan bisa jalan kaki ke stasiun metro atau halte bus, sehingga kalau pulang larut malam masih bisa pakai kendaraan umum. Sebab ongkos taksi di luar negeri biasanya mahaal :p, hehehehe

Di Istanbul, area yang dilewati stasiun metro diantaranya adalah Taksim Square, Sultanahmed dan Galata Tower, Eminonu, Kadikoy dll. 

Metro di Istanbul tarifnya 2,15 TL (1 TL sekitar Rp 4.000). Jadi perhitungkan juga ongkos kamu dari tempat menginap ke tempat wisata. 


3. Carilah penginapan yang memiliki Roof Top

Kenapa saya sarankan roof top? Karena Istanbul ini kota yang cantik dan berbukit-bukit. Sehingga kita bisa menikmati Istanbul dari lantai paling atas. Umumnya, sejumlah penginapan menggunakan roof top ini sebagai tempat sarapan atau restoran. Sehingga bisa menikmati matahari terbit atau terbenam.




 Di kawasan Sultanahmed ini ada beberapa hotel yang memiliki posisi strategis untuk menikmati sunset, salah satunya adalah Hotel Arkadia Blue. Dari atas hotel ini, yang merupakan restoran, kita bisa menikmati Blue Mosque, Hagia Sophia serta kota Istanbul saat senja dan malam hari. Memang untuk menginap di hotel ini agak mahal sih :)





4. Cari penginapan yang pembayarannya bisa dibatalkan

Biasanya bila memesan penginapan secara online kita harus membayar dengan kartu kredit. Nah, untuk mengurangi kerugian, carilah kamar yang pembayarannya bisa dibatalkan bila kita tak jadi menginap. Biasanya memang harganya lebih mahal sedikit, namun kita gak was-was bila batal berangkat. Apalagi waktu pemesan dan keberangkatan kita masih lama. 


5. Carilah hotel dengan fasilitas sarapan

Mungkin bagi sebagian orang sarapan bukan faktor penting untuk menentukan penginapan. Namun buat saya, sarapan penting. Sebab saya gak perlu repot mencari makanan di luar dan biayanya juga bisa lebih hemat.

Selama di Turki, khususnya di Istanbul saya mencari pennginapan yang mendapat makan pagi. Tapi kamu harus terbiasa dengan sarapan ala Turki, yaitu roti gandum, beraneka macam keju, buah, sayur seperti tomat dan ketimun, madu, susu, selai, mentega dan lain lain.

Pagi hari mencari nasi di Istanbul agak.. malah sangat susah. Karena nasi biasanya untuk makan siang atau makan malam.






Kalau saya, hari pertama dan kedua memilih menginap di kawasan Sultanahmed, sedangkan satu hari terakhir menginap di kawasan Taksim Square. :)

Happy Travelling

Sarie :)





Posting Komentar